SERVICEPRO.ID ADALAH SOFTWARE UNTUK PARA TEKNISI DAN BISNIS JASA SERVIS

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Siapa yang melatih Service Excellent di maskapai penerbangan??
rss You are here: All : Questions : Siapa yang melatih Service Excellent di maskapai penerbangan??
vote up
0
vote down

 

Maskapai Penerbangan Dianggap Menelantarkan Penumpangnya

Dimana SERVICE EXCELLENCE? Hanya Jargon?

Kejadian banjir & cuaca buruk adalah situasi EMERGENCY, gawat darurat, crisis, hari jumat 1 feb,kemarin. Kita semua tahu, bukan? Hampir semua penumpang terlambat gara-gara penutupan airport Soekarno-Hatta. Ribuan orang kayak "ikan asin", panik, bingung, kecewa! Anda sebagian dari mereka?
Yang menyedihkan adalah pelayanan maskapai penerbangan tidak tanggap, tidak excellent, tidak peduli, tidak professional. Menteri Perhubungan & Meneg BUMN datang ke Cengkareng, tapi lebih sebagai "pengamat", katanya? Kurang sigap mengambil keputusan operasional.
Penumpang pesawat tujuannya hanya SATU, datang/pergi lebih cepat, sesuai schedule. Itu NEED utamanya!

Situasinya: Ada yang 6-12 jam, ada yang 24 jam, menunggu kurang terurus, tidak diberi tahu reschedule, tidak punya kepastian kapan bisa berangkat, tidak diberi makan/minum dengan layak, tidak jelas "refund"nya, petugas tidak diberi wewenang mengambil keputusan [baca:Manager] , direktur operasional yang hadir hanya kebanyakan jadi "pengamat" ketimbang jadi problem solver? Pesawat ada, pilot & crew terjebak banjir, alasannya! Layak jika dirating : kategori "jelek" service level kita ini. Belum berubah juga ya!
Teman saya yang dari Singapore dan akan balik ke Singapore, tanpa banyak omong si "Singapore Airlines" kirim 2 pesawat BESAR dari Singapore untuk angkut penumpangnya. Beres, kelar! Kapan ya sikap mental melayani ini dari bangsa kita meningkat kayak Singapore? Gak usah kayak Jepang di bidang mutu! Jepang punya prinsip: mutu atau mati!

Ukuran EXCELLENCE:
Ukuran EXCELLENCE, biasanya diukur ketika menghadapai situasi EMERGENCY, genting, BUKAN ketika situasi serba aman, manis, mulus, bukan? Jelas, total system masih "break-down"! Sertifikat ISO-nya harusnya disarankan dicabut! Trainer & Consultant "Service Excellence", harusnya dengan tanggung jawab "moralnya", terketuk hati nuraninya, untuk mengembalikan "sebagian" uang jasa training & Konsultasinya ke maskapai yang telah ditrainingnya, diasuhnya! Ke-Gagal-an memang sepenuhnya [baca: sebagian] bukan ada pada trainer dan consultant! Makanya, sebagian! Ke-gagal-an ada pada sikap mental: tanggung jawab & kepedulian.

--
"Kaya bukan tujuan akhir,
melainkan hidup mulia"

 

evotech
evotech RSS
   Reg: 1 decade ago
   Full Member 145 reps My Blog
General How-to Complaint

Asked 1 decade ago

 

 

Komentar untuk pertanyaan Post a comment

 

 answer Click disini jika punya solusinya
Solusi terbaru/terbaik berada paling atas.


1 decade ago
vote up
0
vote answer down

so.....
tinggalkan saja maskapai yang aneh-aneh.....
sejak kapan ada keterlambatan pengaruh cuaca ticket hangus ? bisa-biasa saja maskapai cari uang tambahan...........

Alita
Alita
   Reg: 1 decade ago
   Newbie 5 reps

 

 

 

1 decade ago
vote up
0
vote answer down

Sudah kuduga... ternyata Garuda....

EvoTech
evotech
   Reg: 1 decade ago
   Full Member 145 reps

 

 

 

1 decade ago
vote up
0
vote answer down

Aku waktu itu naik GARUDA, dan di TV jg di umumkan ticket Garuda bisa di refund 100% serta bisa di pakai kapan saja tdk ada batasan selama musibah kemaren lebih kurang 2 hari ya.....

randif
randif
   Reg: 1 decade ago
   Newbie 21 reps

 

 

 

1 decade ago
vote up
0
vote answer down

disebutin aja nama maskapainya,biar kita2 tau,kalo aq yg paling g bgs pelayanannya y lion air delay mulu

290i
tottiboyz
   Reg: 1 decade ago
   Newbie 5 reps

 

 

 

1 decade ago
vote up
0
vote answer down

Quote:

Akhirnya memang aku pilih terbang keesokan harinya aja yg lbh pasti dan bukan di CGK lg tp di Halim...





yang masuk HAlim itu pertama Merpati aja. ga tau ada yg ikut2an ga.

ILCapitano
   Reg: 1 decade ago
   Specialist 7049 reps

 

 

 

1 decade ago
vote up
0
vote answer down

stress, karena yg dulunya pantai, ditimbun dan jadi lapangan GoLF di Pantai Indah Kapuk

sungai buatannya, di buntu lagi..

eh ide terbaru Bang Fokker.. bikin kanal baru, dan tuh air mau dilewatin dijadikan satu sama kanal jakarta. Jadi berabe tuh kalo jebol, si Laut akan nembus jakarta yg emang lebih rendah dari laut

nyeTRUM
kesetrum
   Reg: 1 decade ago
   Senior Member 378 reps

 

 

 

1 decade ago
vote up
0
vote answer down

Bung... Anda pakai maskapai Apa?

kalau pelayanan bagus kayak gitu, kan patut dikasi reward...
Pasti bukan Adam Air tuh...

EvoTech
evotech
   Reg: 1 decade ago
   Full Member 145 reps

 

 

 

1 decade ago
vote up
0
vote answer down

Aku kebetulan juga sedang dalam perjalan pada saat itu, tapi secara kebetulan juga menggunakan Airline nasiaonal pertama di Indonesia.
Memang pertama kecewa berat karena di tunda dgn batas waktu yg gak jelas, tp setelah di jelaskan bahwa ini karena cuaca dan alam serta karena adanya penutupan airport yg di luar tanggungjawab/sepengetahuan operator jd akhirnya kita ..ngerti dech....
Dan juga saat itu di tawarkan bagi yg mau refund akan di ganti 100% tanpa potongan, atau kalau cancel ticketnya msh bisa di pakai kapan saja....
Akhirnya memang aku pilih terbang keesokan harinya aja yg lbh pasti dan bukan di CGK lg tp di Halim...

Yah lumayanlah gak terlalu di kecewakan.....

randif
randif
   Reg: 1 decade ago
   Newbie 21 reps

 

 

 

1 decade ago
vote up
0
vote answer down

Udah terlanjur beli tiket... mau direfund, aku cuma berhadapan dengan petugas CS yang culun-culun, dan ga punya kewenangan apa-apa.

Aku mau ketemu manager in charge, juga katanya lagi ga ada di tempat... Sebel kan?


itu makanya aku nunggu lamaaaa.....
Kalo ga karena ada nenek meninggal dunia... males gue naik itu maskapai..

EvoTech
evotech
   Reg: 1 decade ago
   Full Member 145 reps

 

 

 

1 decade ago
vote up
0
vote answer down

setuju aja deh, mesti setuju biar ada perkembangannya, benar klo dalam situasi emergency itulah diukur kemampuan maskapai dalam menangani para konsumennya,termasuk saat diudara terjadi situasi emergency....

bukan pada saat aman aman saja, everything goes normal,.......

firmanj
jfirman
   Reg: 1 decade ago
   Explorer 25 reps

 

 

 

1 decade ago
vote up
0
vote answer down

sabar banget kamu om, tunggu sampai jam 14.00... yang aku tahu jika keterlambatan sampai lebih dari 6 jam, penerbangan wajib memberikan ganti rugi.

hehehehehhe..... itu pesawat atau angkot sih, tunggu penuh

Alita
Alita
   Reg: 1 decade ago
   Newbie 5 reps

 

 

 

1 decade ago
vote up
0
vote answer down

Ga ada artinya mereka mendapat sertifikasi macem-macem, bahkan dipamerkan dalam media iklan mereka. Namun kenyataannya, parah.

Kemaren, di loket maskapai "XXXX Air" di Cengkareng, Terminal 1. bahkan ada 1 penumpang yang hampir mecahin kaca loket...

kejadiannya...

Dia datang jam 09.05 untuk cek in flight jam 10.00.
Eh.. ga bisa, alasannya juga ga jelas dan muter-muter. hingga akhirnya duit hangus.
Padahal, dia telah memenuhi syarat, yaitu cek in paling lambat 45 menit sebelum flight.



Dulu juga gue pernah...
Pakai xxxxxxxxxxxxxxxxxx air.

Ikut penerbangan jam 7.00, ternyata di pending sampe jam 14.00..
Alasannya, pesawat sedang diperbaiki.
Padahal, faktanya pesawat gak rusak, hanya "ngetem" nunggu penumpang penuh, baru berangkat, karena saat itu hanya saya saja penumpangnya.
Padahal, aku harus segera berangkat, ke prosesi pemakaman alm. Nenek saya.

EvoTech
evotech
   Reg: 1 decade ago
   Full Member 145 reps

 

 

 

1 decade ago
vote up
0
vote answer down

Cabut saja sertifikasi ISO dan sertifikasi ini-itu nya....

EvoTech
evotech
   Reg: 1 decade ago
   Full Member 145 reps

 

 

 

1 decade ago
vote up
0
vote answer down

Jika masalah cuaca memang tidak bisa di hindari....

Aku sangat awam dengan system penerbangan tetapi sepanjang aku tahu jika berhubungan dengan cuaca or alam penebangan tidak memberikan ganti rugi tetapi mengembalikan uang sesuai dengan harga pembelian ticket....maaf jika salah...

Ukuran EXCELLENCE:
Ukuran EXCELLENCE, biasanya diukur ketika menghadapai situasi EMERGENCY, genting, BUKAN ketika situasi serba aman, manis, mulus, bukan? Jelas, total system masih "break-down"!


Service excellent yang aku pernah baca adalah memberikan sebuah service diluar dugaan cust, jadi CS sudah bisa membaca apa yang diinginkan cust sebelum ybs meminta. Jadi jika hanya kemampuan mengatasi masalah ketika sedang ada masalah, itu hanya General Services saja. dengan kata lain Standart Service saja belum terpenuhi bagaimana mencapai Service Excellent ? Karena mengatasi masalah adalah Standart Services.

Trainer & Consultant "Service Excellence", harusnya dengan tanggung jawab "moralnya", terketuk hati nuraninya, untuk mengembalikan "sebagian" uang jasa training & Konsultasinya ke maskapai yang telah ditrainingnya, diasuhnya! Ke-Gagal-an memang sepenuhnya [baca: sebagian] bukan ada pada trainer dan consultant! Makanya, sebagian! Ke-gagal-an ada pada sikap mental: tanggung jawab & kepedulian.

Tidak se extreme itu om. fungsi trainer n consultant memberi gambaran, tips n tricks dan pelatihan. Semua tergantung kondisi dan kebijaksanaan perusahaan penerbangan. Jika training diajarkan bagaimana menghadapi situasi darurat tetapi apakah mengatasi situasi itu terbentur dengan kebijakan perusahan atau tidak ? semua kembali ke pemerintah....

Pemerintah sebagai regulator n executor. Jelas-jelas penerbangan Indonesia mendapat rapot merah, seharusnya itu cambukan kepada pemerintah RI untuk lebih teliti......

IMHO

Alita
Alita
   Reg: 1 decade ago
   Newbie 5 reps

 

 

 

1 decade ago
vote up
0
vote answer down

gw sependapat ama lo boz,.
malahan ada yg jadwal berangkat nya di tunda ampe senin hari ini, gila rugi berapa banyak ni org,..

memang transportasi di indo terlalu meremehkan kepuasan pelanggan,
dan juga nyawa manusia,.
kadang pesawat rusak pun di paksa berangkat,.

banyak berdoa ajah,.
zzzzzzzzzz,.

d3naldi  dManiac-Store
   Reg: 1 decade ago
   Journeyman 82 reps

 

 

 




Tidak puas? Browse tags berikut
General How-to Complaint
Ad new topic Atau postkan pertanyaan sendiri
Get daily update for this topic:

 

Hanya JAWABAN yang di postkan di form ini. KOMENTAR gunakan menu "Post a comment"
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.

Selamat datang di Forumponsel. Indonesia's gadget talk. Dapatkan fitur lengkap dengan login.


Pertanyaan terkait
Alarmy -- Aplikasi Alarm dari Neraka
[ask] tablet Android 10 inch,quadcore,upgradeable,
error hp blackbeery
Beda garansi distributor dan operator?
handphone tidak berkamera
[Ask] Download software PC dari HP
[Ask n Polling] Adakah org yg nyaman ngetik dokumen di HP touchscreen?
Skype di Handphone
[ASK] AS Jagoan Serbu rp 20/menit, beneran berlaku di jawa?
BAGAIMANA SIH CARA INSTAL ULANG SISTEM HTC HD2..
Beli gadget online dimana ya?
Apakah ada ponsel cina yang mendukung backup/restore phonebook menggunakan syncML?
XL Blacberry One ko ga bisa unregister ya?
BB CURVE 3G
[ASK] Cara Bongkar Casing 5730?
email setting BB Gemini
mohon pencerahan ipaq 6515
(ask) asiafone af709
Kelebihan dan Kekurangan Hp Oppo a9 2020?
Ada huruf r di hp cdma samsung sch-e189
Harga sangat murah, mencurigakan...
Tombol Menu dan Tombol Kembali Xperia Mini
Qwerty SMS di Samsung Corby 2
Three. . . . operator BUSER (budeg & serakah )
XL Blacberry One ko ga bisa unregister ya?
Reparasi Samsung C5212 di SSC ITC Roxy Mas
Penipuan Gaya Baru, Agen pulsa Palsu......


Search database:
Min. 4 characters


Daftar/Login dengan
Facebook Twitter Yahoo
Google Wordpress Blogger


Username
Password