SERVICEPRO.ID ADALAH SOFTWARE UNTUK PARA TEKNISI DAN BISNIS JASA SERVIS

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

SonyEricsson Xperia X10 by Aequitas
rss You are here: All : Review : SonyEricsson Xperia X10 by Aequitas
vote up
1
vote down

Print     answer Comment  

 

Review juga tampil di , atas nama Erdyon (nick gue di sana). Mohon untuk tidak menggunakan review ini di media lain tanpa seijin gue.

Fisik
Ponsel berbentuk candybar, dengan balutan plastik putih di bagian depan dan belakang yang tidak terkesan murahan. Konstruksinya cukup kokoh. Ukurannya yang lumayan besar agak sedikit berpengaruh pada kenyamanan genggaman, namun tidak signifikan. Bagian belakang ponsel sedikit melengkung, sesuai dengan konsep “human curvature” SE akhir-akhir ini.

Pada bagian atas ponsel terdapat tombol power, jack 3,5mm dan port charger/kabel data. Pada bagian kanan, terdapat tombol volume dan tombol kamera. Sementara itu, di bagian kirinya kosong.

Menu, navigasi dan kecepatan akses
Menu dan navigasi di Xperia X10 menggunakan touchscreen capacitive. Adanya layar capacitive dibanding resistive memungkinkan pengguna untuk secara halus saja menggeserkan jarinya di layar secara vertikal ataupun horizontal untuk membuka menu, melakukan scrolling layar, ataupun menekan jari secara perlahan untuk masuk ke menu. Kekurangan layar capacitive yakni tidak bisa menggunakan kuku ataupun benda berujung lancip untuk akurasi yang lebih tinggi.

Xperia X10 memiliki tiga home screen, yakni home screen utama (tengah) dan home screen kiri dan kanan yang bisa diakses dengan melakukan gerakan menggeser jari. Ketiganya bisa ditambahkan Shortcut, Widget, Folder dan Wallpaper.

Pada bagian atas layar, yang berisikan icon-icon indikator batere, sinyal dan jam sebenarnya merupakan area notifikasi dari sistem Android. Area ini bisa digeser turun ke bawah menggunakan jari, dan akan menampilkan semua notifikasi yang ada, misalnya : sms masuk, download yang sedang berjalan, proses update FB, dll.

Respon terhadap gerakan jari user termasuk baik dan responsif. Hampir tidak ada delay untuk semua hal yang dilakukan.

Layar
Warna layar Xperia X10 sebenarnya sudah mendukung sampai 16 juta warna, namun karena keterbatasan versi OS-nya (Android v1.6), baru mampu menampilkan sampai 65 ribu warna. Kerapatan pixel-nya adalah 480 x 854 dengan diagonal layar 4,0 inch. Dengan kerapatan seperti itu, maka gambar menjadi sangat nyaman dilihat dengan mata. Terangnya layar bisa diset untuk menyesuaikan secara otomatis.

Ponsel dilengkapi accelerometer yang akan secara otomatis memutar layar supaya tetap tegak lurus dengan pandangan apabila ponsel dimiringkan. Fungsi ini berjalan di banyak hal seperti pada saat melihat foto, video, ataupun mengetik SMS.

Telpon, SMS, dan Phonebook
Kualitas dan volume penerimaan suara pada telpon tergolong kurang baik. Hal ini cukup mengganggu bila sedang menerima telpon pada tempat yang ramai, yang berakibat hampir tidak terdengarnya suara lawan bicara.

SMS yang masuk tidak akan memunculkan pop up seperti ponsel SE pada umumnya, melainkan akan langsung masuk ke area notifikasi. Namun hal ini tidak akan berpotensi menyebabkan SMS itu terlewatkan untuk dibaca, karena akan ada lampu indikator berwarna hijau di atas layar yang akan berkedap kedip.

Bagian SMS tidak dibagi berdasarkan inbox, outbox, ataupun sent messages seperti ponsel SE pada umumnya, melainkan dicampur menjadi satu dengan sistem threaded view, dengan tampilan ala forum diskusi. Threaded view tersebut dibedakan berdasarkan siapa lawan SMS kita (1 threaded view untuk 1 contact).

Ring Tone bisa diganti dengan lagu selain yang sudah disediakan. Ada dua cara untuk melakukannya, yakni dengan mengesetnya pada daftar lagu, dan membuat folder tertentu di memory card lalu menaruh ring tone yang diinginkan di dalamnya. Cara yang sedikit kurang lazim, memang.

Message Tone bisa diganti dengan lagu selain yang sudah disediakan, lagi-lagi dengan cara membuat dan menaruhnya di folder tertentu di memory card.

Isi Phonebook akan mencakup contact kita pada Gmail, apabila kita sudah mengeset email di Xperia X10. Namun kita memiliki pilihan untuk tidak menampilkan contact dari account Gmail tersebut.

Pencarian pada Phonebook bisa menggunakan lebih dari satu huruf, dan cukup pintar karena pencarian mencari kata dari nama pertama atau nama akhir.

Isi contact mencakup cukup banyak detil yang ada, dan ada layar yang menampilkan isi percakapan SMS kita dengan contact tersebut secara threaded view. Selain itu, ada opsi untuk menyambungkan contact dengan layanan social networking yang kita ikuti, misalnya Facebook. Jadi, status terakhir contact tersebut di Facebook akan ditampilkan pada Phonebook.

Tidak ada pilihan untuk menambahkan tanggal lahir pada contact, dan mengeset remindernya pada Calendar. Tidak ada pilihan untuk membuat grup, untuk mengirim SMS masal ataupun mengeset ringtone bersama.


Timescape
Timescape adalah semacam fungsi tampilan “history” dari sekian banyak media yang ada, seperti Telpon, SMS, Email, Foto, Musik, Twitter dan Facebook. Pada layanan social networking seperti Facebook, Timescape bisa secara periodik menampilkan update status dari teman-teman Facebook kita.

Sayangnya, fungsi Timescape tampaknya tidak benar-benar dimaksudkan untuk mengganti aplikasi Facebook yang ada, karena untuk melihat lebih lanjut status beserta komentar yang masuk, maka aplikasi tersebut akan membuka website touch.facebook.com. Walaupun begitu, kita masih bisa mengupdate status kita sendiri langsung melalui Timescape.


Mediascape
Musik terdapat dalam menu Mediascape, dimana di dalamnya terdapat tab-tab seperti berikut : Recently played, Recently added, Favorites, Artists, Albums, Tracks, Genres, Playlists, Podcasts, dan Audiobooks.

Pada tab Playlists, hanya terdapat menu Most played saja (lagu yang paling sering diputar), dan sepertinya tidak bisa membuat playlist sendiri.

Tidak ada equalizer pada Xperia X10.

Kualitas musik melalui headset yang diberikan di atas rata-rata. Alunan lagu terdengar cukup jernih dan enak didengar, walaupun ada semacam ‘desis’ yang memekakkan telinga apabila lagu diset di volume tinggi.

Keluaran suara dari speaker termasuk rata-rata, baik dari kualitas maupun volume.

Pemutar video juga terdapat di dalam menu Mediascape. Kemampuannya lumayan, dapat memutar video dengan mulus walaupun beberapa kali bisa juga sedikit tersendat. Pemutar video Xperia X10 tampaknya tidak mampu memutar video dengan resolusi yang lebih tinggi daripada layarnya.


Camera dan Video Recorder
Mode capture ada 4 yakni Normal, Scene Recognition, Smile Detection dan Touch Capture. Apabila kita memilih Scene Recognition, maka secara otomatis kombinasi dengan setting Scenes dan Focus Mode dihilangkan.

Ada 4 resolusi yang bisa dipilih yakni 8MP, 6MP, 2MP (4:3), dan 2MP (16:9).

Pada Scenes, ada banyak mode yang bisa dipilih yakni Normal, Portrait, Landscape, Night Scene, Night Portrait, Beach and Snow, Sports, Party dan Document.

Pada Focus Mode, kita bisa memilih Single Autofocus, Multi Autofocus, Macro, Face Detection dan Infinity.

Kamera Xperia X10 cukup mampu menghasilkan hasil foto yang bagus, walaupun mungkin bukan yang terbaik di level 8MP. Tombol shutter kamera yang agak kecil, sedikit mengganggu karena cenderung membuat kita untuk menekan tombol lebih keras dan membuat posisi capture agak bergoyang. Untuk sedikit mengakali hal ini, gunakan saja timer.

Pada pengaturan lebih lanjut, ada opsi untuk menyalakan LED seperti senter. Tampaknya hanya akan berguna apabila memotret benda-benda mati dalam jarak dekat. Selain itu ada Timer, Geo Tag dan opsi untuk mematikan Shutter Sound.

(video recorder belum dicoba)


Organiser Tools
Jumlah alarm dapat ditambahkan sampai lebih dari 5, yang kemungkinan besar akan mencukupi untuk setiap orang. Alarm tone dapat diganti dengan yang telah disediakan oleh Xperia X10, dan dapat diset berulang pada hari yang diinginkan.

Event dapat dibuat sesuai dengan waktu yang kita tentukan, ataupun seharian. Pengulangan dapat diset secara : Daily, Weekly, Monthly, dan Yearly. Reminder dari event dapat diset mulai dari 5 menit sampai 1 minggu sebelumnya.

Android Market
Ini adalah tempat dimana segala macam aplikasi disediakan secara online untuk melengkapi ponsel Android kita. Aplikasi tersebut mulai dari aplikasi chatting, notes, sampai keyboard tambahan untuk menggantikan yang sudah ada.

Baterai
Ketahanan baterai termasuk kurang baik. Dengan pemakaian yang tidak terlalu banyak, baterai hanya mampu standby selama 2 hari. Itupun dengan mengeset brightness agak kecil, serta mengatifkan opsi GSM only pada jaringan. Lama waktu ini akan cepat berkurang apabila kita sering memakai ponsel.


Kesimpulan
Xperia X10 adalah sebuah ponsel yang memadukan keindahan desain dan kemampuan multimedia. OS Android yang ditanamkan di ponsel ini akan membawa beberapa dampak yakni pengguna akan semakin dibawa ke dunia online. Hal ini bisa terlihat dari adanya Android Market, integrasi Phonebook dan layanan social networking, dll. Belum lagi, hal tersebut didukung Sony Ericsson dengan menambahkan fitur Timescape. Sayangnya, sampai review ini dibuat, versi OS Android di Xperia X10 masih 1.6. Walaupun begitu, Sony Ericsson telah menjanjikan untuk menyediakan update.

Berdasarkan banyak hal di atas, maka ponsel ini cocok bagi orang yang : memiliki dana cukup, mengharapkan ponsel yang memiliki kemampuan baik di multimedia (seperti musik dan kamera), tidak canggung memakai ponsel touchscreen, tidak terlalu memperdulikan versi OS, serta memiliki koneksi internet memadai. Hal yang terakhir mungkin yang terpenting untuk saat ini, sebab tanpa adanya Android Market, dan integrasi dengan social networking, tidak sulit untuk mencari ponsel high end non android yang memiliki fitur-fitur yang sama.

 

Erdyon
Erdyon RSS
   Reg: 1 decade ago
   Addicted 2418 reps My Blog
Sonyericsson Smartphone Android Camera Xperia-X10

Modified 1 decade ago.  

 

Posted 1 decade ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.


antomaniez

Newbie 3 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Aug 24, 2010 11:29 am)     comment Comment Permalink   Print

Hmm,, Jadi minder ditawarin secon ma temen kantor, terutama ketahanan, batre music playernya..

Nais info Gan.

 


chen71281

Full Member 185 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Sep 18, 2010 03:15 pm)     comment Comment Permalink   Print

Nice preview bro. Lebih komplit

 


kiriyama

Journeyman 70 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Oct 31, 2010 02:24 pm)     comment Comment Permalink   Print

tiadanya equalizer itu memang agak mengecewakan.. padahal IMHO gue milih nih hp dibanding Galaxy S karena gw percaya musikalitas SE lebih baik daripada Samsung (dan harganya udah lebih murah kan dari galaxy s :p)
sebentar lagi update 2.1 Eclair nih.. reviewnya ditambahin bro.. hehehe

 

user signature
Aquos in My Hand

XPEROID

Veteran 654 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Oct 31, 2010 04:09 pm)     comment Comment Permalink   Print

yup,sy jg nungguin ripiu kalo dah eclair.

 

user signature

Andrea  G

Addicted 1435 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Oct 31, 2010 06:21 pm)     comment Comment Permalink   Print

@directoRE : moga2 kalo nggak males saya juga ikutan bikin review X10 versi Eclair smile

 

user signature
笑ろとけ



Termotivasi untuk mereview suatu produk? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.

 

Topic-topic yang mirip dengan diatas, browse tags berikut
Sonyericsson Smartphone Android Camera Xperia-X10
Atau Search Forumponsel database:
Related topics
Get daily update for this topic: