SERVICEPRO.ID ADALAH SOFTWARE UNTUK PARA TEKNISI DAN BISNIS JASA SERVIS

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Review Sony Ericsson Hazel
rss You are here: All : Review : Review Sony Ericsson Hazel
vote up
1
vote down

Print     answer Comment  

 

Review Sony Ericsson Hazel

Catatan : Dilarang mengkutip sebagian atau keseluruhan review ini untuk ditampilkan di media selain dan Forumponsel, untuk tujuan apapun, tanpa meminta ijin penulis (saya).

Harga : Rp 1.649.000, - (per 25 September 2010, di Oke Shop)

Spesifikasi :
Cek [link URL]

Paket penjualan : handset, headset, charger, buku manual (tanpa kabel data dan memory card)

Fisik
Ponsel berbentuk slider dengan balutan material yang tidak rentan terkotori cap jari. Bagian belakang ponsel dibuat sedikit melengkung sesuai konsep human curvature dari SE. Cukup nyaman untuk digenggam.

Konstruksi terasa cukup kokoh, baik ketika dalam posisi tertutup ataupun terbuka. Genggaman tangan yang cukup kuat pada ponsel tidak menimbulkan suara derik seperti di beberapa seri SE (seperti G705).

Di samping kiri terdapat fastport, untuk charger dan kabel data. Sementara di sebelah kanan terdapat tombol volume dan kamera. Slot memory hanya bisa diakses dengan membuka penutup baterai.

Keypad dan softkey sama-sama terasa empuk ketika ditekan. Posisi tombol OK pada Dpad cukup menonjol dan agak berjauhan dengan tombol navigasi, sehingga semuanya nyaman ketika ditekan.

Menu, navigasi, dan kecepatan akses
Layar utama-nya khas SE dengan platform A200, yang menampilkan wallpaper dan jam. Pada versi A200 ini, sudah ada tambahan widget.

Menu utama menggunakan sistem grid 3x4. Tampilan menu terlihat dinamis dengan adanya sedikit animasi. Walaupun begitu, entah kenapa icon yang dipakai sekarang cenderung kurang menarik dibanding icon pada platform A200 terdahulu. Akses antar menu tergolong tidak terlalu cepat.

Tema bisa diganti dengan tema Flash yang juga disertai dengan animasi pada menu.

Layar
Layar Hazel mendukung sampai 16M warna. Kerapatan pixelnya adalah 240x320 dengan diagonal 2,6 inch.

Layar SE Hazel termasuk yang tidak terlalu terang, apalagi jika dibandingkan dengan salah satu ponsel SE dengan layar terterang yakni SE K660.

Layar dilengkapi accelerometer yang akan secara otomatis memutar layar supaya tetap tegak lurus dengan pandangan apabila ponsel dimiringkan. Fungsi ini berjalan di browser dan media (photo, music, video).

Telpon, SMS, dan Phonebook
Kualitas dan volume penerimaan suara pada telpon tergolong cukup jernih namun tidak terlalu kencang. Indikator sinyal terus menerus mengalami perubahan (turun naik). Namun saya belum bisa memastikan apakah ini terkait tampilan saja, atau bisa mengganggu panggilan.

Inbox bisa dikelompokkan berdasarkan Contact, Date, Size dan Category. Cukup membantu dalam menjaga kerapian inbox.

Grup bisa dibuat, namun hanya untuk pengiriman sms secara massal. Ringtone dan message tone bisa diset per orang, tapi tidak per grup.

Camera
Kamera 5MP di SE Hazel telah dilengkapi dengan autofocus dan led flash. Kualitasnya benar-benar mengagumkan terutama pada siang hari di luar ruangan maupun di dalam ruangan tapi dengan pencahayaan yang cukup. Selain itu, warna yang dihasilkannya juga cukup berani.

Beberapa pengaturan yang ada adalah :
- Shoot Mode (Normal, Smile Detection, Panorama, Frames),
- Scenes (Auto, Twilight Landscape, Twilight Portrait, Landscape, Portrait, Beach/Snow, Sports, Document)
- Picture Size (5MP, 3MP, 1MP, VGA)
- Focus (Auto, Face Detection, Macro, Infinite)
- Flash (Auto/Off)
- Self Timer (Off, 2s, 10s)
- Metering Mode (Normal, Spot)
- White Balance (Auto, Daylight, Cloudy, Fluorescent, Incandescent)
- Effects (Off, Black & White, Negative, Sepia, Solarise)

Music Player dan Radio
Seperti yang sekarang umum terjadi diluar seri Walkman, ponsel ini diberikan equalizer Mega Bass.

Player musik disatukan dalam Media, yang dihiasi dengan sedikit animasi di bagian latar.

Kualitas musik termasuk bagus, mendekati atau bahkan menyamai ponsel-ponsel Walkman Sony Ericsson. Treble dan bass yang dihasilkan sebanding. Hanya saja, perlu dicatat bahwa kualitas tersebut hanya bisa didapat apabila kita memakai headset yang lebih baik (Seperti HPM 62 milik K660 atau HPM 70) karena headset yang dipaketkan, yakni HPM 60 Greenheart termasuk kurang bagus.

Keluaran suara dari speaker termasuk jernih dan cukup ‘bulat’.

Tidak ada perubahan di bagian Radio SE Hazel dibanding ponsel SE lain. Mendukung fitur RDS, TrackID, dan mampu menyimpan 20 channel.

Organiser
Alarm tone dapat diganti dengan file musik lainnya, dan bahkan dapat ditambahkan gambar dan teks. Waktu nyala alarm dapat diset dengan memberi tanda centang pada hari yang diinginkan.

Calendar berfungsi melakukan pencatatan dan pengingat akan event-event tertentu. Pengingat bisa diset secara fleksibel sesuai kemauan kita. Event bisa dibuat berulang setiap hari, setiap minggu, setiap bulan maupun setiap tahun.

Task pada prinsipnya berupa pengingat hal-hal yang perlu kita lakukan.

Notes dapat digunakan untuk mencatat sesuatu, dan dapat dipajang di layar standby.

Light berguna untuk memfungsikan lampu led kamera sebagai senter.

Lain-lain
Ponsel dilengkapi dengan aplikasi Walk Mate yang mampu menghitung jumlah langkah kaki kita dan aplikasi social networking seperti Facebook for Sony Ericsson.

Selain itu, ponsel SE Hazel ini juga dilengkapi dengan WiFi dan GPS yang fungsinya belum sempat saya coba.

Kesimpulan
Saya seperti teringat kembali pada SE G705 yang pernah saya miliki. Ponsel tersebut berdesain slider dan memiliki fitur2 yang tergolong cukup lengkap pada jamannya. Hazel, mungkin bisa saya klaim sebagai ponsel penyempurna G705. Karena, dibanding G705, Hazel memiliki layar yang lebih besar, kamera 5MP yang sangat bagus kualitasnya dan juga speaker yang tidak cempreng.

Di tengah-tengah banyaknya ponsel yang mendukung sarana social networking (FB, Twitter) dan messaging (ponsel dengan QWERTY keypad), Hazel mungkin bisa dibilang tidak memiliki daya tarik yang terlalu besar. Namun walau begitu, ketersediaan WiFi dan GPS maupun keunggulan kamera dan musiknya, bisa menjadi salah satu andalan di level menengah ke bawah.

 

Erdyon
Erdyon RSS
   Reg: 1 decade ago
   Addicted 2418 reps My Blog
Sonyericsson Camera GPS Wi-Fi

Modified 1 decade ago.  

 

Posted 1 decade ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.




Termotivasi untuk mereview suatu produk? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.

 

Topic-topic yang mirip dengan diatas, browse tags berikut
Sonyericsson Camera GPS Wi-Fi
Atau Search Forumponsel database:
Related topics
Get daily update for this topic: