SERVICEPRO.ID ADALAH SOFTWARE UNTUK PARA TEKNISI DAN BISNIS JASA SERVIS

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

REVIEW SL 55 by Selular, re-write by 1001
rss You are here: All : Review : REVIEW SL 55 by Selular, re-write by 1001
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Seiring kian ketatnya persaingan di bisnis ponsel, inovasi desainpun menjadi andalan utama vendor ponsel dalam memasarkan produknya. Salah satunya seperti yang dilakukan Siemens. Produsen asal Jerman ini belakangan semakin getol meluncurkan produk ponsel dengan desain baru. Setelah meluncurkan ponsel berdesain clamshell CL 50, kini Siemens memperkenalkan seri SL 55 dengan desain keypad sorong (sliding keypad)).

Produk baru ini memang tidak khas Siemens. Malah lebih mirip model Nokia seri 7110 atau 7650 yang juga ber-sliding. Hanya saja, apa yang dikenalkan Siemens ini sedikit berbeda dimana SL 55 memiliki penampilan luar yang lebih manis dengan sentuhan stylish yang dipadu dengan bentuk fisik mungil.

TAMPILAN
Seri SL 55 ini dihadirkan dengan dimensi 81,6 x 44,5 x 21,9 mm diukur pada keadaan keypad tertutup. Ini membuat tampilan fisik ponsel ini terlihat cukup kecil dibandingkan ponsel jenis clamshell sekalipun. Umumnya ponsel sorong, bila keypad ditarik kebawah, maka ukuran panjang ponsel akan berubah. Di Siemens SL 55 ada pertambahan panjang sebesar tiga sentimeter bila keypad ditarik, namun tidak mengurangi kesan bahwa ponsel ini terlihat mungil. Di samping itu ponsel ini terbilang ringan hanya 79 gram atau hampir sama dengan berat Motorola V60 atau V70. Dengan ukuran fisik seperti ini, kesan ringan dan mungil terasa sangat kental.

Meski bentuknya mungil, layarnya tidak lantas ikut-ikutan mungil. Dengan ukuran layar 3 x 2,5 cm dan dukungan 4096 warna yang cukup menampung 7 baris membuat SL 55 tetap mudah digunakan. Buktinya, 9 menu utama ikonik dapat berjejer rapi dalam 1 halaman layar. Selain itu dukungan tombol navigasi di bawah layar membuat pengoperasian menu menjadi lebih mudah, terutama pada keypad tidak diaktifkan. Bila keypad diaktifkan pun, pengeoperasian tetap akan mudah karena tombol-tombol numeriknya didesain ergonomis untuk jari-jari tangan.

FITUR
Ponsel SL 55 bekerja pada jaringan triband GSM 900/ 1800/ 1900 dan memiliki menu utama ikonik seperti ponsel warna lain. Menu-menu utamanya hampir sama seperti Ponsel Siemens terdahulu seperti Message, Setup, Profile, Surf and Fun dan sebagianya. Pergerakan antara menunyat tercatat cukup cepat, pengguna tak perlu menunggu lama untuk berganti dari satu menu ke menu lain. Khusus untuk menu pengiriman pesan, ponsel ini telah mendukung format SMS, MMS, maupun email.
Untuk hubungan nirkabel melalui infra red peranti ini terbilan lumayan. Saat dicoba mentransfer sebuah MIDI berukuran 9 kb dari ponsel lain hanya dibutuhkan waktu tak lebih dari 30 detik. Namun sayang, saat dicoba untuk memainkan file MIDI berkukuran 75 Kb di ponsel ini tidak dapat padahal proses transfernya cukup lancar. Kemungkinan ini disebabkan oleh tidak tersedianya memory ekster sehingga ponsel tidak cukup mampu memainkan file-file ukuran besar. Begitu pula saat digunakan untuk berkirim data ke laptop, waktu yang dibutuhkanpun seseingkat saat berhubungan kesama ponsel.

Fitur MMS yang mulai menjadi salah satu aplikasi menarik juga telah diaplikasikan Siemens untuk produk-produk terbarunya. Setleah muncul di seri S57 atau S55, Siemens menghadirkan fitur MMS pada seri SL 55. Saat dicoba menggunakan fasilitas ini dengan kartu prabayar salah satu operator, hasilnya cukup lumayan. Dari kecepatan download maupun pengiriman MMS, ponsel ini tidak mengalamai hambatan yang berarti. Namun demikian saat digunakan untuk menerima MMS dari gambar hasil jepretan ponsel lain, hasilnya kurang maksimal. Semestinya fitur MMS ini dapat dinikmati dengan sempurna bila Siemens SL 55 telah dilengkapi dengan kameral digital built-in dan dukungan memori eksternal karena aplikasi ini membutuhkan kapasitas memori yang mesti memadai.

Dukungan GPRS kelas 8 yang dimiliki simungil ini memungkinan browsing internet via ponsel dapat berjalan dengan baik. Meski masih dibawah seri S57 yang menggunakan GPRS kelas 10, SL 55 membuktikan dirinya layak disebut sebagai peranti mobile internet. Hal ini didukung dari ujicoba yang dilakukan. Setelay melakukan langkah setting internet di Siemens SL 55, dan dicoba untuk digunakan membuka WAP portal operator IM3 waktu yang digunakan tal lebih dari 10 detik. Begitu pula saat membuka sebuah berita tentang kriminal di program acara Patroli dari situs indosiar.com hanya perlu waktu download sekitar 5 detik.

Seperti produk-produk Siemens kelas menengah ke atas lain seperti ME 45, SL 45 atau SL 57, ponsel sorong ini dilengkapi dengan software XTNDConnect PC, dimana peengguna dapat menghubungkan ponsel ini ke komputer. SEmua data-data nomor kontak, kalender, mail, notes dan sebagainya dengan mudah dapat ditransfer ke komputer. Demikian pula sebaliknya, data dari komputer dapat disinkronisasi ke ponsel. Dengan dukungan software ini, pengguna tak perlu khawatir bila suatu waktu ponsel hilang tercuri, karena semua data bisa diback-up sebelumnya di komputer. Selain itu dukungan teknologi Java tidak ketinggalan dibenamkan pada ponsel ini. Berbagai aplikasi maupun games dapat dimainkan. Apalagi saat ini sudah banyak pengembang aplikasi di berbagai operator. Dengan ponsel ini, berbagai games maupun aplikasi tersebut dapat dinikmati dengan mudah dan cepat.

PERFORMA
Ponsel terbaru Siemens ini tidak hanya didukung dari sisi penampilan yang estetis namun juga dilengkpai dengan fitur multimedia yang cukup komplet. Hanya sayang, untuk menggunakan menu MMS misalnya, tidak tersedia kamera digital built-in, padahal kehadiran alat itu menjadi daya tarik tersendiri saat menggunakan layanan tersebut. Kemudin, t idak tersedianya slot memory eksternal membuat ponsel ini tidak dapat maksimal digunakan untuk menyimpan berbagai file. Padahal seperti diketahui, seri Siemens sebelumnya yakni SL 45 telah dilengkapi dengan kartu multimedia card dan bahkan bisa maminkan file MP3. Mutu suaraya yang dihasilkan oleh peranti ini dapat dikatakan bagus saat menerima atau melaukan panggilan. SElain itu dukungan berbagai aplikasi dan layar warna yang menyedot daya tahan baterai sudah diantisipasi Siemens dengan melengkapi ponsel ini dengan baterai Li-Polymer 5410 mAh yang dapat bekerja hingga 210 menit pembicaraan atau 200 jam waktu siaga.


Sumber : Majalah SELULAR, Trend Gaya Hidup Digital, No. 40 - Juli 2003 & Berbagai Sumber


Untuk Review yang lainnya bisa Cek di [link URL].

 

1001
1001 RSS
   Reg: 1 decade ago
   Senior Member 485 reps My Blog
GSM BenQ Photo Operator Business Others

Posted 1 decade ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.


budiz

Newbie 10 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Aug 1, 2003 12:08 am)     comment Comment Permalink   Print

Wah...kalo infonya dari majalah selular sih..payah...kan majalah selular baru genap 1,5 tahun...dan yg punya Hermes Thamrin pemilik gerai NOKIA BIMASAKTI, jadi belum tahu apa2 apalagi ttg siemens.
Masak SL55 mirip nokia 7650? padalah siemens sudah meluncurkan dahulu ponsel sliding yaitu siemens SL10 tahun 1999.
JADI NOKIA 7650 YANG MENGIKUTI MODELNYA SIEMENS SL10...BUKAN SIEMENS SL55 YG MENGIKUTI MODELNYA NOKIA!

Dan hanya orang pintar yang menggunakan ponsel SIEMENS karena banyak orang yg beranggapan pakai ponsel siemens susah/rumit jadi yang bisa pakai ponsel siemens hanya orang pintar.

 


diansyam

Newbie 10 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Aug 1, 2003 01:08 am)     comment Comment Permalink   Print

Quote:

Dan hanya orang pintar yang menggunakan ponsel SIEMENS karena banyak orang yg beranggapan pakai ponsel siemens susah/rumit jadi yang bisa pakai ponsel siemens hanya orang pintar.







Nokia, teknologi yang mengerti Anda...
Siemens, Anda yang mengerti teknologi !!

 


vinvan

Newbie 10 reps
Reg: 2 decades ago
1 decade ago (Aug 1, 2003 07:39 am)     comment Comment Permalink   Print

Quote:

Nokia, teknologi yang mengerti Anda...

Siemens, Anda yang mengerti teknologi !!








Artinya memang orang2 penggemar itu jago2 teknologi ya.

Setuju !

 

user signature
SL45 - The BEST phone ever made
SX1 - The New Era of Siemens mobile

Adham  Somantrie

Explorer 40 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Aug 1, 2003 10:34 pm)     comment Comment Permalink   Print

saya sebenernya setuju dengan itu....

tapi kan pak webmaster bikin forum ini bukan untuk menjelek2kan suatu merek.... kalo membagus2kan suatu merek ga masalah... raspberry

lagian siemens itu menunys bukan sulit tapi "advanced" dimana semua fungsi di tampilkan dan dapat di gunakan....

sedangkan nokia itu "simple" sederhana.... jadi mungkin orang tidak perlu mempelajarinya lagi untuk memakai....

tapi tidak untuk 7650 ato 3650... (soalnya saya pernah make 7650 sekitar 6 bulan dan tuker guling dengan s57....) kalo itu menunya udah beda... dan ga bisa disamakan dengan nokia2 yg lain (kecuali 6600).... walau pun saya sendiri melepas 7650 hanya karena mereknya nokia.... raspberry hehehehehe

oh iya sx-1 nanti kayanya menunya sama dengan 7650... hehehe... gimana???

 

user signature
@adhams

budiz

Newbie 10 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Aug 1, 2003 11:35 pm)     comment Comment Permalink   Print

SX1 pakai symbian 6.1 yg akan di launch waktu di CEBIT di perkenalkan masih symbian 6.0 entah kenapa ada perubahan?
ttp sudah bilt-in MP3, video, FM radia, camera , bluetooth en 60K

 


YudiYaN

Explorer 40 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Aug 2, 2003 05:45 am)     comment Comment Permalink   Print

SL55 secara sederhana ...

- ukuran: 82 x 45 x 22 mm
- berat: 79 gr
- display: CSTN 4096 warna, resolusi 101x80
- batere Li-Polymer 500mAh
- iRDA
- support QuickPic Camera IQP-510
- gprs class 8, wap 1.2.1, java, pop3, syncML
- 16 poly-ringtones
- melody composer

itu aja yg baru saya tau

 

user signature
Kèéper.of.the.Sèvén.Keys

Adham  Somantrie

Explorer 40 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Aug 3, 2003 03:07 am)     comment Comment Permalink   Print

sl55 tuh udah top abis... cukup lah....
tapi sama seperti s57... harganya belom wajar...

bedanya dengan m55 kan cuma infrared doang... tapi beda harganya????

 

user signature
@adhams

EricCartman

Journeyman 50 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Aug 3, 2003 06:00 am)     comment Comment Permalink   Print

Quote:

sl55 tuh udah top abis... cukup lah....
tapi sama seperti s57... harganya belom wajar...

bedanya dengan m55 kan cuma infrared doang... tapi beda harganya????




desainnya yang bikin mahal..

 


Ridi

Explorer 25 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Aug 12, 2003 11:16 am)     comment Comment Permalink   Print

Ehm memory M55 juga lebih besar dasri SL55kan..yah emang harganya udah ndak wajar tapi tenang aja harga bakal dikoreksi bulan September..pihak DGE sendiri katanya bilang bakal ngerelease SX1 pada akhir september..(katanya lho) tapi ada gosip juga di eropa SX1 akan diundur ampe Oktober bahkan untuk ASIA desember sedihkan

 

user signature
http://ridilabs.net

Adham  Somantrie

Explorer 40 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Aug 16, 2003 01:14 am)     comment Comment Permalink   Print

yahhh memaang kalo dibandingin ama t610, sl55 dengan harga yg kurang lebih sama.... jals kalah... tapii kalo soal desain bisa bersaing lahh....

maunya sih sl55 itu cuma 2.2 jt aja... plus cam raspberry heheheheh maunyaaaaa...

 

user signature
@adhams

s2peed2001

Full Member 185 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Aug 17, 2003 02:18 am)     comment Comment Permalink   Print

Quote:

yahhh memaang kalo dibandingin ama t610, sl55 dengan harga yg kurang lebih sama.... jals kalah... tapii kalo soal desain bisa bersaing lahh....

maunya sih sl55 itu cuma 2.2 jt aja... plus cam raspberry heheheheh maunyaaaaa...




bener tuh... sl55 cuma menang di design saja.......

 


Moayjin

Newbie 7 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Aug 17, 2003 05:46 pm)     comment Comment Permalink   Print

Kalo bisa Siemens mendingan keluarin SL55i daripada ST55

SL55i = SL55 + 65000TFD Screen + 40 Poly + Bluetooth+ Digital CCD cam + Memory 10 MB
harga = Rp. 2.900.000 (Biar sama ama T610)

 

user signature
Die Die must try

meitantei

Journeyman 50 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Aug 21, 2003 07:11 pm)     comment Comment Permalink   Print

eh Siemens SL55 ada IRDAnya juga ya? Transfer dari PC brp gambar, polyphonics, dll bisa donk?

Apa langsung send ke infrared recipient gitu aja kaya SET610/Nokia 7650/3650 ato masih butuh software segala macem?

 


Adham  Somantrie

Explorer 40 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Aug 21, 2003 09:32 pm)     comment Comment Permalink   Print

iya... ga perlu install software tambahan...

palingan pake data exchange software ato siemens data suite biar bisa buka isi hp di windows explorer.....

ooohhh sl55 kapan murahnya???

 

user signature
@adhams

Superdeuthma

Newbie 0 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Aug 27, 2003 11:49 pm)     comment Comment Permalink   Print

Siemens emang buat yang ngerti tehnologi
tapi khan seri-2 lama kena %English LANGSUNG KO

gimana tuh?
meski aku fans abis tapi KAGOK juga..

eh kabarnya nokian bisa digituin juga?
kasih SMS trus HANG..!!!

ada yang tau nggak?



aku pengen balas dendam

 

user signature
mbahe siemens

diansyam

Newbie 10 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Aug 28, 2003 08:06 am)     comment Comment Permalink   Print

Quote:

Siemens emang buat yang ngerti tehnologi
tapi khan seri-2 lama kena %English LANGSUNG KO

gimana tuh?
meski aku fans abis tapi KAGOK juga..

eh kabarnya nokian bisa digituin juga?
kasih SMS trus HANG..!!!

ada yang tau nggak?



aku pengen balas dendam




sudah ada, mas tinggal liat aja di forum nokia dan inovative...
tapi jangan lho... itu dosa... hehe...

 


hengki_jr

Newbie 0 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Oct 9, 2003 10:22 pm)     comment Comment Permalink   Print

Mendingan kita tunggu ajadech sx1, kayaknya cool habis tuch....
kira kira berapa yach harga sx1?
Kalau menurutku sl55 itu lebih cocok kalau dipakai ama cewek (maaf nih kalau ada yg sdh pake)

 


wong_mo_gei

Newbie 0 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Nov 14, 2003 01:55 pm)     comment Comment Permalink   Print

Quote:

hengki_jr said:
Mendingan kita tunggu ajadech sx1, kayaknya cool habis tuch....
kira kira berapa yach harga sx1?
Kalau menurutku sl55 itu lebih cocok kalau dipakai ama cewek (maaf nih kalau ada yg sdh pake)




hehehe iya tuh menurut gw kayaknya SL55 diproyeksikan buat pemilik ce dech .. abisnya kan sebelumnya jarang banget siemens nyentuh pasar wanita ..

btw katanya harga SX1 lumayan mahal tuh kata temen gw ... dia di inggris dan katanya harganya ampe sekitar 460 pound tuh ....

 

user signature
"There are no desperate situation, There are only desperate people"

mubiar

Journeyman 59 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Dec 11, 2003 11:50 pm)     comment Comment Permalink   Print

Memang betul kalo SL10 hp pertama model sliding.
Disainernya juga ngga tanggung2 "Jean Paul Gultier". Dulu sempet ditulis di website siemens tapi skrng dah ngga ada, kali SL10 dah cukup tua yaa.

 




Termotivasi untuk mereview suatu produk? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.