SERVICEPRO.ID ADALAH SOFTWARE UNTUK PARA TEKNISI DAN BISNIS JASA SERVIS

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Review : SAMSUNG SGH-X400
rss You are here: All : Review : Review : SAMSUNG SGH-X400
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Setelah menggerojoti pasar dengan segmentasi yang bervariasi, kini Samsung ikut melirik pasar khusus anak muda. Pasar potensial ini digarap serius oleh vendor asal negeri Ginseng ini dengan meluncurkan produk baru SGH-X400. fitur dan desain yang ditawarkan disesuaikan dengan selera kawula muda usia 18 hingga 25 tahun dengan demografis pelajar atau mahasiswa yang memiliki aktifitas outdoor dan olahraga yang tinggi serta memiliki cita rasa desain yang penuh gaya.

TAMPILAN
Samsung SGH-X400 tetap muncul dengan desain lipat yang menjadi ciri khas perusahaan asal Korea Selatan ini. Langkah tersebut terasa berbeda dengan vendor lain yang lebih mengandalkan desain candybar seperti Nokia 5100 atau Siemens M55 untuk segemen pasar yang sama. Namun dengan berbagai eksplorasi yang dibuat Samsung membuat ponsel ini terlihat jelas ditujukan untuk kelompok usia muda. Lihat saja dari 4 pilihan warna casing mulai deep blue, yellow green, dark violet dan caramel orange mencerminkan sifat anak muda yang dinamis dan penuh gaya. Selain itu tampilan luar SGH-X400 menjadi lebih unik karena desain persegi tampak kokoh sekaligus dihiasi antena tipis yang juga persegi.

Hadir dengan ukuran fisuk 86 x 46 x 20.2 mm dan berat 90 gram membuat ponsel ini terasa mudah digenggam. Disamping itu, fitur yang ditonjolkan dibagian luar ponsel dengan tulisan GAME yang mencolok dan dan dikelilingi oleh lampu sinyal. Lambang serupa juga ditemui dibawah layar internal saat ponsel dibuka. Ada pemandangan berbeda saat melihat jajaran keypad SGH-X400 karena beberapa numeric keypadnya didesain pula sebagai game keypad. Dengan warna khusus, game keypad ini akan mempermudah pengguna memainkannya karena fungsi-fungsi seperti next, play, back dan stop bisa langsung terkakses.

FITUR
Sebagaimana ponsel keluaran terbaru Samsung lainnya, SGH-X400 disenjatai dengan layar warna 65 ribu TFT (Thin Film Transistor). Dengan dukungan layar beninng ini maka tampilan games maupun gambar menjadi lebih hidup. Apalagi ditunjang dengan ukuran layar sebesar 3.3 x 4.15 cm. Disamping itu tersedia pula layar eksternal hitam putih yang disetel untuk tampilan waktu maupun penanda incoming call. Untuk nada dering SGH-X400 diperkaya dengan 40 polifonik yang terdengar mengasyikkan. Nada dering yang dibundel dalam ponsel ini sebanyak 25 buah mulai dari lagu Mandarin hingga klasik Barat dan bisa ditambahi lewat proses download hingga 100 kb.

Susunan menu di SGH-X400 memiliki enam menu utama yakni :
- message
- funbox
- network services
- organiser
- phone setting
- sound setting
- call records.
Masing-masing menu ini mengontrol berbagai fitur yang ada di ponsel ini, misalnya untuk mengontrol tampilan display maupun wallpaper, pengguna bisa masuk ke menu phone setting. Ada 2 tampilan display yang disediakan yakni bentuk cyber dan natural. Tampilan gambar menu ini bisa disetel dengan gambar animasi tiga dimensi yang jernih meskipun gerakannya masih terlihat patah-patah seperti gambar kelinci bergerak-gerak dan sebagainya. Di samping itu ada 12 wallpaper yang bisa dipilih mulai dari gambar bunga matahari hingga gambar pemandangan alam.

Menu yang paling menonjol di SGH-X400 adalah menu funbox. Disini ada 4 pilihan submenu yang tersedia yakni :
- Games
- WAP Browser
- Radio
- Download Games
Pada menu games misalnya, tersedia 3 pilihan games yakni Honey Ball, Go!Hamster dan Couple Bowling. Masing-masing game ini memiliki tipe-tipe tersendiri yakni Honey Ball bertipe arcade, Go!Hamster termasuk games territory serta Couple Bowling bertipe sport. Pengguna juga tak perlu khawatir kekurangan games atau bosan dengan tampilan yang ada sebab di menu Download Java Games, ada bisa mendownload hingga 500kb games baru. Di Ponsel ini telah tersedia empat games lain yakni Bubble Smile dan Fun2Link yang bertipe puzzle, Phone Golf yang bertipe Sport dan Epic Chess bertipe board. Kalau dengan berbagai games ini masih terasa kurang, tersedia berbagai jenis games lain yang bisa didownload langsung dari Samsung Fun Club.

Untuk berhubungan ke dunia virtual, ponsel ini telah mendukung GPRS kelas delapan. Saat dicoba untuk masuk ke salah satu portal opreator dibutuhkan waktu cukup cepat hanya 15 detik. Namun pergerakan menu terasa lambat bila kursor digerakkan ke bawah dengan cepat. Dukungan ke layaranan internet yang cukup cepat juga berkat digunakannya standar WAP 1.2.

Selain itu, untuk segmen anak muda hiburan menjadi hal yang tak bisa ditawar. Karenanya, di menu funbox ini hadir pula fitur radio FM. tinggal menghubungkan ponsel ini ke aksesoris ear microphone yang telah tersedia ke colokan yang berada di sisi kiri ponsel. Channel radio FM mulai gelombang 87.5 Mhz hingga 108.0 Mhz bisa diset ke dalam fitur ini.

PERFORMA
Berbagai tampilan desain dan fitur yang dimiliki ponsel ini memang pas ditujukan untuk kalangan muda. Hanya disayangkan ponsel ini tidak dilengkapi dengan selubung (casing) karet tahan banting yang lebih aman untuk aktivitas outdoor. Hal ini tentu saja menjadi mengurangi performanya meningat aktivitas anak muda memang lebih sering berada dilapangan dan itu ponsel yang digunakan tentunya perlu perlindungan maksimal.

Disamping itu, sudah adanya fitur GPRS diponsel ini tidak diikuti dengan kehadiran MMS. Padahal fasilitas ini mudah diadopsi oleh banyak operator selular di Indonesia dan layanan MMS pun kini semakin digemari. Di sisi lain, fasilitas infrared yang dimunculkan di SGH-X400 menjadi bukti bahwa hubungan peranti digital lain sudah diantisipasi oleh Samsung. Bahkan untuk konsumsi baterai yang biasanya terkuras gara-gara games maupun layar warna juga sudah diantisipasi karena dua pilihan baterai yakni Li-ion 620 MAH dan Li-ion 900 MAH mampu memberikan daya tahan cukup maksimal.

Other Info
Waktu Bicara : 3 jam/ 260 jam (Baterai Li-ion 620 MAH), 5 jam/ 380 jam (Baterai Li-ion 900 MAH)

Sumber : Majalah SELULAR, No. 42 - September 2003

Untuk Review yang lainnya bisa Cek di [link URL]

 

1001
1001 RSS
   Reg: 1 decade ago
   Senior Member 485 reps My Blog
Operator Accessories Samsung Samsung

Posted 1 decade ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.


Putra  Abbas

Journeyman 94 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Nov 18, 2003 02:08 am)     comment Comment Permalink   Print

harga pasarnya berapaan?

 


JustFocus

Senior Member 344 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Nov 18, 2003 10:09 am)     comment Comment Permalink   Print

keren juga
small, enak dipegang nya
layar resolusi gede n terang bgt
tp kayaknya mahal ya?
sekitar 2,5-3 jt

 

user signature
spitting fire on lovers and liars

Saeba_Ryo

Newbie 0 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Nov 18, 2003 10:49 am)     comment Comment Permalink   Print

Payah, ga bisa send MMS
Buat apa beli hape mahal2 kalo ga bisa MMS..
Pdhal desainnya keren loh, sayang..

 


Xeno9ears

Newbie 0 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Nov 18, 2003 03:39 pm)     comment Comment Permalink   Print

gak mungkin 2.5-3, pasti diatas 3, liat aja harga S200 ama s300 masih 2,75

 


Watanabe

Journeyman 97 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Nov 18, 2003 04:28 pm)     comment Comment Permalink   Print

Sayang sekali kalo ga ada MMS.
Heran ya kok keluarnya setengah2.

 


TANK

Senior Member 485 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Nov 18, 2003 06:32 pm)     comment Comment Permalink   Print

Quote:

Watanabe said:
Sayang sekali kalo ga ada MMS.
Heran ya kok keluarnya setengah2.




mirip dengan V200, kalau nggak salah model ini juga kagak bisa MMS walaupun sudah memiliki fasilitas foto yang bisa muter 180 derajat

 

user signature
==================
ACCESORIS BB & Nokia Berkualitas
Hub:
Edy Tang
0812 9966 427
021 6874 8746

RAINBOW GADGET SHOP, Plaza Semanggi Lt. 2-B No.62

Abay_Syega

Newbie 20 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Nov 18, 2003 07:19 pm)     comment Comment Permalink   Print

kalau enggak salah nih, V200 sudah support MMS.
Yang belum support MMS tuh V200c.

Sori kalau ada yang salah

 




Termotivasi untuk mereview suatu produk? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.