SERVICEPRO.ID ADALAH SOFTWARE UNTUK PARA TEKNISI DAN BISNIS JASA SERVIS

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Review : SAMSUNG SGH - S500
rss You are here: All : Review : Review : SAMSUNG SGH - S500
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Yang namanya desain clam shell (model lipat), memang punya data tarik tersendiri. Apalagi dikombinasikan dengan sentuhan warna metalik. Kesan yang muncul adalah produk ponsel yang elegan bagi pribadi matang dan mapan. Jadi, ketika mencermati Samsung SGH-S500 yang mengadopsi model clam shell, kesan seperti itulah yang muncul. Sebuah produk berkelas bagi kalangan atas.

Nyatanya, produk baru keluaran vendor asal Korea Selatan ini ditujukan untuk kelas mid-end. Padahal, ponsel Samsung keluaran seri S, biasanya ditujukan untuk kelas high-end, seperti S100, S200 dan S300. Saudara-saudara tuanya dilengkapi aplikasi Java, dan kemampuan beroperasi di tiga jaringan GSM.

Tapi si adik baru keluarga S ini cuma bisa beroperasi di dua jaringan GSM (dua band 900/ 1800). Tak punya pula aplikasi Java. Cuma, fitur-fitur yang lainnya relatif sama.

TAMPILAN
Dengan ukuran 83 x 43 x 22 mm, dan berat sekitar 80 gram, ponsel ini memang nyaman digenggam ataupun masuk saku. Seri S500 juga mengadopsi sistem dual LCD. Satu dibagian luar, dengan tampilan monochrome dengan backlighting biru terang, berukuran 96 x 64 pixel. LCD eksternal seperti ini memudahkan pengguna untuk melihat nomor telepon yang masuk, tanpa harus membuka ponsel.

LCD bagian dalam menggunakan teknologi layar warna TFT (Thin Film Transistor) dengan kedalam 65 ribu warna. Sekadar catatan. teknologi TFT memiliki keunggulan dalam menampilkan gambar yang lebih halus dan tajam. Keunggulan itu ketahuan saat ponsel dihidupkan, dan diikuti dengan animasi yang muncul dilayar LCD (dalam) berukuran 128 x 160 pixel tersebut. Sembari diiringi melodi pembuka yang melantunkan nada polifoniknya.

Komposisi keypad, yang walaupun tampak berdesakan, tetapi mudah dijangkau jari saat memencet tombol-tombolnya. Termasuk tombol navigasinya yang sangat mudah dioperasikan.
SGH-S500 menggunakan antena eksternal, yang mencual pada baigan kiri atas. Desain antena yang tidak built-in seperti itu, pada satu sisi memang bisa mempercantik tampilan ponsel. Tapi disisi lain, antena yang mencual seperti itu terkadang mengurangi kenyamanan saat menggenggam ponsel, atau menyimpannya disaku.

FITUR
Sebagai ponsel yang ditujukan ke kelas menengah, fitur-fitur yang ada di SGH-S500 bolehlah untuk diandalkan. Ada GPRS kelas 10, dering polifoniknya dibagi dalam default melody dan my melody.
Pada deretan menu utama, yang tampil dalam ikon-ikon, terdapat messages, call records, sound settings, phone settings, organizer, network services, dan fun box. Perpindahan antar menu berlangsung lancar, nyaris tak ada jeda waktu.

GPRS kelas 10 yang dimiliki seri ini, membuat akselerasi ke internet lancar-lancar saja. Penjelajahan ke berbagai situs internet berlangsung mulus tanpa hambatan. Tes akses ke internet ini dilakukan dengan menggunakan dua operator berbeda, yang sudah populer dengan fitur GPRS. Dua-duanya oke. Sekadar catatan, uji coba dilakukan di area tengah kota (Jakarta), yang memiliki coverage GPRS memadai.

Setting GRPS pada ponsel inipun terbilang mudah. Yang diperlukan hanyalah mengganti proxy setting yang terdapat pada menu [link URL] yang terdapat pada fun box. Pada menu proxy, Samsung telah menyuntikkan setting otomatis untuk aplikasi WAP dan GPRS ke operator Satelindo, ProXL, InTouch, IM3 dan Telkomsel.

Untuk aspek hiburan, SGH-S500 memiliki game yang sudah banyak digunakan pada produk Samsung lainnya, seperti Honey Ball, Hamster, dan Bowling. Tapi untuk sekadar pembunuh bosan, game-game tersebut cukup atraktif. Terutama Bowling, yang menyediakan menu untuk dua pemain.

Hal lain yang membuat SGH-S500 bisa menjadi pilihan menarik adalah kemampuannya menyimpan 500 multiple phone book. Artinya, satu masukan nama, mencakup informasi nomor ponsel, rumah, kantor dan faksimili. Ponsel yang menurut pihak vendor ditujukan bagi kaum pria dengan rentang usia 27 tahun hingga 33 tahun itu, memiliki layanan bahasa Indonesia, Inggris, Thailand, Malaysia dan Vietnam.

Cuma sayangnya, ponsel ini tak punya fitur MMS. Andai saja fitur yang kini mulai jadi tren itu menjadi salah satu pelengkapnya, SGH-S500 bisa menjadi ponsel menengah yang benar-benar sempurna.

PERFORMA
Tampilan oke, fitur lumayan lengkap untuk ukuran ponsel kelas menengah, dan ketika dioperasikan pun, dapat bekerja optimal. Berbagai olah panggilan dan penerimaan voice pada sejumlah lokasi telah dicoba. Hasilnya, tak mengecewakan. Kualitas suara yang diterima cukup jernih. Untuk mengatur volume suara, ada tombol pengatur disisi kanan badan ponsel. Di bagian kanan ini juga ada connector untuk perangkat handsfree.

Seri terbaru keluarga S ini memakai baterai jenis lithium polymer, yang punya daya tahan lebih bagus dari lithium ion. Baterai dengan kapasitas 800 mAh ini mempu menunjang waktu bicara hingga 6 jam, serta waktu siaga selama 350 jam. Menunjang akses data juga terdapat perangkat infrared yang dapat dioptimalkan dari jarak 30 cm, dengan sudut toleranasi sampai 15 derajat.

Dengan kelengkapan fitur yang cukup mutakhir, pengoperasian yang mudah dan lancar, serta tampilan elegan futuristik, tak salah memang bisa Samsung selaku pihak vendor, mendedikasikan SGH-S500 kepada kaum pria usia 27 hingga 33 tahun. Rentang usia dimana seorang pria mulai beranjak dewasa, matang dan mapan, tapi masih perduli soal gaya.

Other Info :
Fitur : SMS, EMS, 40 nada dering polifonik, T9 text input, personal information management, call rejection, wallpaper, screen saver, GPRS, dll
WAP : Kelas 1.2

Sumber : Majalah SELULAR, No. 43 - Oktober 2003

Untuk Review yang lainnya bisa Cek di [link URL].

 

1001
1001 RSS
   Reg: 1 decade ago
   Senior Member 485 reps My Blog
GSM Operator Samsung Samsung

Posted 1 decade ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.


Saeba_Ryo

Newbie 0 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Oct 30, 2003 02:02 pm)     comment Comment Permalink   Print

Kira2 nanti firmware nya bisa diupgrade biar bisa MMS ga yah? Kayaknya ga bisa yah..
Pdhal gw napsu pengen beli neh, cuma 2,35jt neh.. (tumben samsung kasih price list serendah ini)

 


DigitALL

Full Member 100 reps
Reg: 2 decades ago
1 decade ago (Oct 31, 2003 06:50 pm)     comment Comment Permalink   Print

Keliatannya sih ngga bisa di upgrade ke versi MMS-nya. Sayang banget ...


Salam
DIgitALL happiness
www.samsung.com

 

user signature
I LOVE my BB BOLD !

Automotive Forum >>> www.serayamotor.com

DigitALL

Full Member 100 reps
Reg: 2 decades ago
1 decade ago (Oct 31, 2003 06:51 pm)     comment Comment Permalink   Print

Thanks bung atas review S500-nya.


Salam
DigitALL has U
www.samsung.co.id

 

user signature
I LOVE my BB BOLD !

Automotive Forum >>> www.serayamotor.com



Termotivasi untuk mereview suatu produk? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.