SERVICEPRO.ID ADALAH SOFTWARE UNTUK PARA TEKNISI DAN BISNIS JASA SERVIS

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Review : MOTOROLA C200
rss You are here: All : Review : Review : MOTOROLA C200
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Pada kuartal dua tahun ini, nampaknya Motorola mulai banyak mengeluarkan produk-produk dengan harga kelas bawah. Langkah itu, bisa jadi didasari kenyataan bahwa produk ponsel yang paling banyak diserap pasar adalah ponsel kelas low-end. Karena merasa optimistis bisa unggul dalam persaingan dikelas bawah ini, agaknya mendasari sikap Motorola yang serius menggarap pasar ini.

Salah satu bukti adalah dengan meluncurkan seri C Class yang dikhususkan untuk pasar low-end, dengan dukungan fitur terkini dan harga murah. Misalnya pada C200 ini yang resminya telah dirilis bulan lalu. Boleh dibilang harganya paling murah dibandinkan ponsel low-end dikelasnya. Cuma Rp 600 ribuan. Jadi, jika memang kondisi kantong terbatas, ada baiknya mempertimbangkan seri ini sebagai pilihan. Tersedia dengan 3 pilihan warna pula, yang cukup menawan yaitu biru, putih dan hijau terang.

TAMPILAN
Dari segi tampilan nampak jelas bahwa C200 merupakan metamorfosis sempurna dari seri-seri C Class sebelumnya. Ini bisa dibandingkan dengan C300 yang keluar lebih dulu, perbedaannya hanya pada warna casing dan chromium silver yang menjadi ciri khas pada C300. Motorola C200 memiliki dimensi 105.2 x 44.4 x 19.5 mm dan berat 84 gram. Dengan demikian cukup nyaman digenggam dan sangat handy pocketable.

Motorola C200 memiliki bentuk keypad yang relatif nyaman digunakan karena dibuat dengan plastik softy dan alphanumerical yang ergonomis peletakannya. Tentunya ini telah ditambahkan dengan key-navigasi yang diletakkan pada bagian tengah atas sehingga sangat memudahkan dalam pencarian menu.

Sebagai ponsel kelas bawah, wajar jika seri C200 ini tidak dipasangi layar warna. Meskipun, beberapa produk lain yang sekelas, ada yang menggusung layar warna. Bisa dilihat dari tampilan monokrom layarnya yang didukung 98 x 64 pixels dan high resolution graphical yang mampu menampung hingga 5 baris teks. Lumayan untuk kategori ponsel dengan desain mungil. Selain itu C200 tidak seperti pendahulunya, tak dilengkapi nuansa LCD blue backligjht yang warnanya bisa berganti-ganti untuk menandai incoming call maupun SMS alert. Tapi, ini bukan kendala jika anda bisa menambah aksesoris lampu pada keypadnya.

Motorola pada seri ini tetap mengadopsi 2-positional navi key. Hanya saja berbeda dari E360, scrolling key dibuat menyatu dengan button key. Bahkan untuk menggunakan soft key yang dipisahkan dengan tombol send dan hang up (call) key tak menyulitkan pengguna yang memiliki jari besar. Tombol soft key di C200 ini modelnya sangat nyaman untuk digunakan untuk akses folder menu.

FITUR
Motorola C200 dilengkapi dengan downloadable menu yang memudahkan pengguna untuk melakukan personalisasi. Disesuaikan di kelasnya, C200 hanya bisa melakukan download logo dan ringtone saja via SMS. Beberapa kekurangan memang menjadi kelemahannya. Seperti tidak dilengkapi dengan polifonik dan GPRS. Tapi, jika mememang kebutuhannya hanya untuk menelepon dan SMS saja, C200 sudah mewakilinya.

Untuk koneksi nada deringnya, ponsel ini dilengkapi dengan 27 jenis melodi khas Motorola yang bisa diubah-ubah sesuai dengan personal settingnya. Serta 2 buah tempat kosong untuk melakukan download ringtone tambahan. Selain itu, di dalamnya juga termasuk 5 buah jenis SMS Alert. Fasilitas tambahan SMS tone dan pustaka ikon merupakan keunggulannya. Menu dapat digabungkan dan keduanya menandai beberapa incoming call. Sebagai catatan, C200 memiliki 25 buah pilihan ikon message yang menarik. Selain tentunya iTap menu yang membuat anda mempunyai banyak pikuhan untuk penulisan pesan-pesan singkat.


Pada seri ini C200 telah dilengkapi dengan fitur EMS yang diserasikan dengan message templatenya. Cukup dengan membuka menu message, lalu tempate yang diinginkan, maka pesan akan terkirim. Apalagi pada menu templatenya C200 memberi keleluasaan pada anda untuk membuat template pesa hingga 25 buah. Ini lebih baik dibandingkan ponsel lain dikelasnya.

Kapasitas phone booknya lumayan dapat menampung hingga 100 buah nomor. Anda bisa melakukan copy phone book dari simcar ke ponsel atau dari ponsel ke sim card. Cukup membuka menu copy record, maka transfer phone book bisa dilakukan dengan mudah. Kiranya ini tidak merepotkan jika anda harus melakukannya secara manual. Di dalam menu call record, C200 dapat menyimpan masing-masing 10 nomor untuk dialed calls, missed calls dan received calls.

Fasilitas auto redial pada pemanggilan beberapa nomor sibuk juga angat membantu. Apalagi keunggulan Motorola adalah mampu melakukan 2 panggilan pada 2 active line sehingga fungsi call waiting cukup berfungsi. Dengan dukungan dari beberapa operator pengguna dapat menandai call waiting hanya dengan nada "beep" saja lalu melanjutkan percapakan dengan menggunakan line berikutnya. Fungsi lainnya adalah support dari call barring (membatasi panggilan) dan call divert (mengalihkan panggilan).

Sebagai pelengkap fungsi fun, Motorola C200 dilengkapi dengan 3 buah standard games seperti Snake, Box World. dan 5 stones. Sayang koleksinya tidaklah selengkap C300 yang memiliki 6 buah games. C200 juga memiliki 3 buah pilihan screen saver sederhana dan masing-masing dapat diatur tampilannya dengan menyesuaikan backlight pada LCD nya dari 15 hingga 30 detik. Selain itu ponsel yang bergerak dijaringan dual bank ini didukung dengan WAP1.1.

PERFORMA
Seperti halnya seri C3330 dan C300, ponsel C200 lebih menekankan pada fungsi berkirim SMS dan menelepon saja. Performa ponsel ini bileh dikatakan cukup baik dengan dukungan baterai Li-ion 550 mAH. Dengan kekuatan baterai tersebut dapat dihasilkan kemampuan bicara hingga 3,5 jam dan waktu siaga hingga 190 jam.

Untuk kualitas sinyal, masih tergantung dari beberapa operator. Ketika dicoba di gedung BRI 2 di kawasan Sudirman, Jakarta, dari semua operator dan digunakan pembanding pada ponsel lain, kualitas penerimaannya lumayan bagus. Kendalanya hanya pada salah satu operator yang membuat penerimanya menjadi kurang baik. Sedangkan fasilitas download logo dan ringtone juga tidak masalah karena hasil download bisa langsung digunakan dan prosesnya berlangsung cepat.

Sumber : Majalah Selular No. 43 - Oktober 2003 & Berbagai Sumber

Untuk Review yang lainnya bisa Cek di [link URL].

 

1001
1001 RSS
   Reg: 1 decade ago
   Senior Member 485 reps My Blog
Motorola Motorola Operator Accessories

Posted 1 decade ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.




Termotivasi untuk mereview suatu produk? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.