SERVICEPRO.ID ADALAH SOFTWARE UNTUK PARA TEKNISI DAN BISNIS JASA SERVIS

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Review : MiTAC Mio 8380
rss You are here: All : Review : Review : MiTAC Mio 8380
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Tak mau kalah langkah dengan vendor ponsel lain, kini vendor ponsel dengan sistem operasi Smartphone 2002 buatan Microsoft mulai unjuk gigi. Setelah SPV Orange, kini muncul produk lain yakni MiTAC Mio 8380. MiTAC merupakan nama sebuah perusahaan internasional berbasi di Taiwan dan berkonsentrasi membuat produk komputer, dan sekarang merambah berbagai produk IT, termasuk smartphone. Mio 8380 ini dihadirkan MiTAC sebagai ponsel berbasis smartphone pertama dengan desain lipat atau clamshell. Selain itu ponsel kaya fitur ini dilengkapi dengan kamera digital built-in. Fiturnya sangat mirip dengan PDA berbasis Pocket PC, hanya saja ponsel cerdas ini tidak mengenal akses lewat touchscreen.

TAMPILAN
Berdimensi 51.5 mm x 29.6 mm x 97 mm dan bobot 143 gram ini memang tampak lebih tebal dibandingkan ponsel clamshell kebanyakan. Tetapi untuk mengantisipasi kekurangan dari segi desain, ponsel ini menyuguhkan berbagai fitur canggih. Berbalut warna silver yang menarik, ponsel ini terlihat gagah dan kenal unsul futuristiknya. Dari sisi depan, terlihat sentuhan desain khas dunia timur, dengan membuat aksen oval untuk layar eksternal. Diatasnya terpampang speaker dan dibawah layar ada kamera digital. Sedangkan antena eksternal menghiasi bagian atas ponsel. Mungkin MiTAC akan memposisikan Mio 8380 sebagai ponsel untuk kalanan eksekutif sehingga model desainnya disesuaikan seperti ini.

Berbagai fasilitas terdapat di bagian tepi ponsel. Misalnya kartu memori terdapat pada sisi kiri bersebelahan dengan tombol volume suara. Di sisi kanan ada port stereo headphone. Untuk konektivitas nirkabel, tersedia port infrared yang berada di bagian atas ponsel. Saat layar dibuka, ponsel ini menawarkan kemudahan bagi penggunanya. Misalnya tombol keypadnya berukuran besar dibandingkan ponsel kebanyakan sehingga memberi ruang pengoperasian bagi jari saat mengakses ponsel. Khusus tombol navigasi terdapat sebuah tombol navigasi lima arah yang mudah terjangkau. Sedangkan layarnya memiliki resolusi hingga 65 ribu warna, berukuran 3.5 x 4.35 cm dan bisa membuat 12 baris teks membuat pengguna bisa merasa lega memakai produk ini.

FITUR
Ponsel triple band ini menggunakan prosesor Intel Xscale PXA 255 200 Mhz dengan ROM 32 MB dan RAM 16 MB. Dengan kekuatan seperti ini maka pergerakan antar menu yang berjumlah 22 buah bisa berjalan cepat. Menu-menu seperti inbox, Internet Explorer, MSN Messenger, Phone Camera hingga Games bisa dinikmati dengan mudah dan cepat. Untuk menu phone camera misalnya, dukungan gambar yang ditampilkan juga bisa maksimal, mengingat gambar yang ditampilkan di layar terlihat cerah. Disini ada pula menu setting untuk mengatur tampilan foto mulai timer, contrast, dan brightness. Sedangkan resolusi yang tersedia ada dua macam yakni 320 x 240 dan 174 x 144.

Di menu Phone Viewer, pengguna bisa melihat hasil tampilan foto dalam bentuk contact print atau thumbnail. Foto-foto tersebut bisa dikirim lewat MMS atau infrared. Selain itu bisa diperlihatkan dalam bentuk slideshow seperti di Microsoft PowerPoint maupun diberi background color. Saat dicoba mengirimkan sebuah gambar lewat infrared ke laptop, bisa berjalan dengan cepat. Selain fungsi memotret, ponsel ini juga memiliki fasilitas video player. Layaknya memiliki handycam, pengguna bisa langsung merekam keadaan yang terjadi berikut suara. Hasil rekaman tersaji juga dalam bentu thumbnail dan tinggal di klik saat ingin dinikmati. Ketika diputar ulang, gambar yang diperoleh cukup halus termasuk suara yang terekam juga jernih.

Untuk nada dering, ponsel ini menggunakan 40 polifonik ringtone dan telah tersedia 37 nada dering pilihan. Untuk menambahkannya pengguna bisa mendownload atau memasukkan berbagai nada dering kesukaan. Di samping itu kelebihan ini makin bertambah dengan adanya menu khusus entertainment yakni Windows Media Player. Lewat menu ini berbagai file multimedia bisa dimainkan dengan mudah seperti file audio MP3 maupun file Windows WAV (Windows Audio Video). Dukungan ini makin maksimal, karena jaringan GPRS yang didukung oleh ponsel ini kelas 10 sehingga berbagai materi video streaming bisa dinikmati dengan tampilan lebih baik.

Contohnya seperti saat masuk ke situs [link URL] dengan kartu salah satu operator. Untuk masuk ke portal tersebut dibutuhkan waktu sekitar 20 detik. Ini bisa dimaklumi mengingat tampilan situs di layar ponsel ini hadir lengkap layaknya situs yang dinikmati di PDA atau di komputer. Saat digunakan mendownload sebuah video streaming tentang Great Brazilian Soccer yang disediakan oleh Canal 100, video streaming yang muncul terbilang oke dan jelas. Misalnya gerakan menyepak dan menyarangkan bola. Bahkan suara gemuruh penonton di stadion pun terdengar jelas, apalagi saat gol terjadi. Selain itu, games juga tak ketinggalan dihadirkan pada ponsel ini. Salah satunya yakni Metal Strike yang tampilan menu pembukaannya sangat mirip dengan games 3D. Selain itu ada pula games standar Solitaire dan pengguna juga bisa mendownload games berplatform Smartphone 2002 yang tersedia di berbagai situs. Disamping itu ponsel ini memiliki dukungan ke Java MIDP 2.0, sehingga berbagai aplikasi Java juga bisa diakses.

PERFORMA
Sebagai ponsel cerdas, ponsel ini memang kenyang fitur. Misalnya untuk konektivitas ke peranti komputer tersedia cradle dan infrared. Namun sayang, dukungan ini kurang sempurna karena tidak ada koneksi via bluetooth. Bila fasilitas ini ada maka hubungan ke berbagai peranti digital lain seperti PDA maupun laptop bisa berjalan lebih mudah dan cepat. Banyaknya aplikasi yang menguras tenaga baterai telah ditantisipasi dengan penggunkan baterai Li- Polymer 1050 mAh. Baterai ini bisa bertahan hingga 180 menit waktu bicara atau 100 jam waktu siaga. Apalagi dukungan ke mutu suara juga terasa maksimal, apabila fitur speakerphoe melengkapi ponsel cerdas ini.

Sumber : Majalah SELULAR, No. 45 - Desember 2003 & Berbagai Sumber

Untuk Review yang lainnya bisa Cek di [link URL].

 

1001
1001 RSS
   Reg: 1 decade ago
   Senior Member 485 reps My Blog
PDA GSM Mac Photo Operator Smartphone Others

Posted 1 decade ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.




Termotivasi untuk mereview suatu produk? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.