SERVICEPRO.ID ADALAH SOFTWARE UNTUK PARA TEKNISI DAN BISNIS JASA SERVIS

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Review LG Optimus 2X: Ponsel Dual Core Pertama di Dunia
rss You are here: All : Review : Review LG Optimus 2X: Ponsel Dual Core Pertama di Dunia
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Kami memang belum melakukan pengujian ponsel ini, namun LG Optimus 2X begitu istimewa sehingga kami memutuskan untuk mengulasnya lewat panduan review yang dilakukan phonearena.com baru-baru ini. Apa yang kami lakukan tak lain demi memuaskan rasa penasaran pembaca review1st.com sebelum produk ini hadir di tanah air.

Sekedar mengingatkan, ponsel yang kami ulas ini adalah versi untuk pasar AS. Meski tak terlalu signifikan, biasanya selalu ada sedikit perbedaan antara versi yang dirilis di AS dengan produk yang diluncurkan di negara lain termasuk Indonesia tentunya. Nah, selamat menyelami kemampuan Android paling canggih ‘saat ini’.

First Impression | Kesan Pertama

LG Optimus 2X adalah ponsel cerdas pertama yang secara komersial mengadopsi chipset 1GHz dual-core NVIDIA Tegra 2. Terasa spesial karena keberadaan dua inti CPU tersebut bakal menjadi batu loncatan pengembangan ponsel cerdas ke tahap yang lebih canggih. Dan ini berarti pula bahwa LG Optimus 2X menjadi ponsel Android paling bertenaga yang ada di bumi saat ini.

Secara disain ponsel ini terbuat dari material yang solid dengan bodi tipis. Soal bentuk tak ada inovasi khusus, masih seperti ponsel layar sentuh umumnya yakni candybar dengan layar lebar dan bentuk sedikit kaku. Layarnya cukup besar, 4 inci dengan resolusi 480×800 piksel. Interface yang menyorot di layar terlihat bening, terang dan berwarna – kemungkinan memakai IPS-LCD yang termasuk sebagai teknologi LCD terbaik. Viewing angle-nya pun termasuk optimal.

First Thing | Fitur Utama

  * Interface: Kurang dioptimalkan

Disematkannya Android OS 2.2 (froyo) dalam versi awal ponsel ini sebenarnya sangat disayangkan lantaran kehadiran prosesor dual core NVIDIA Tegra 2 jadi terkesan kurang efisien. Jika saja LG Optimus 2X sudah bisa dibenami Android 3.0 Honeycomb tentu lain lagi ceritanya (semoga bisa terealisasi).Tapi setidaknya ponsel ini sudah pasti bisa dipgrade ke versi 2.3 (Gingerbread)

Tampilan homescreen, widget dan menu utama dalam ponsel ini masih relatif tak memiliki perubahan berarti. Masih khas Froyo. Untung saja ada sedikit inovasi, Anda bisa mengubah main menu dalam tiga opsi list, horizontal grid dan vertikal grid. Anda juga bisa membuat kategori khusus dalam menu utama ini.

  * Internet: Memuaskan

Browser dalam LG Optimus 2X memberikan sensasi luar biasa. Sangat lancar dalam pengoperasian baik saat menggulung layar, menggerakkan layar, melakukan zooming double tap atau pinch to zoom. Adobe Flash dalam browser pun tampil cepat dan tanpa tersendat-sendat. Lagi-lagi ucapan terima kasih harus diberikan pada prosesor NVIDIA Tegra 2. Chipset ini mampu membuat eksekusi elemen JavaScript dan Adobe Flash bereaksi lebih cepat.

Di sisi lain, ponsel ini sudah dibenami akses internet lengkap mulai dari 3G, Wi-Fi, Bluetooth, A-GPS, FM radio, DLNA dan HDMI port. GPS-nya pun memiliki kemampuan tangkapan sinyal yang baik khususnya saat dicoba dengan Google Maps dan digital compass.

  * Kamera: Menarik berkat kemampuan rekam videonya

LG Optimus 2X tak dilengkapi tombol shutter kamera khusus sayang sekali untuk ponsel berkemampuan 8 megapiksel. Interfacenya mudah dioperasikan meski setting menu agak kurang memuaskan lantaran fitur yang disuguhkan tak seperti kamera pro. Tapi kamera ini bisa dipakai merekam full HD video 1080p. Wow!

Hasil gambar dan video dengan menggunakan kamera ini termasuk standar. Gambar outdoor yang diperoleh cukup tajam dan alami. Namun, dibandingkan kamera ponsel seperti Nokia N8, sepertinya kemampuannya masih memerlukan perbaikan. Foto indoor bagus namun agak kekuning-kuningan, nah lampu flash-nya memiliki kualitas baik dalam menunjang hasil jepretan supaya maksimal.

Hasil rekaman video full HD 1080p yang disuguhkannya termasuk rata-rata jika bicara fokus dan kombinasi warna. Transisi rekamannya memang tak sehalus ponsel high end lain, namun tetap saja lebih unggul lantaran kemampuan rekamnya yang mencapai 1080p.

First Touch | Sentuhan Pertama

Saat dicicipi kemampuannya, aksi menggulung menu, efek transisi, eksekusi aplikasi dan performa keseluruhan dari interface ponsel ini benar-benar mengagumkan. Tak peduli berapa banyak aplikasi yang Anda jalankan performanya tetap handal dan nyaris tak ada gangguan lag atau hang. Salut untuk chipset 1GHz dual-core NVIDIA Tegra 2.

Memasuki wilayah perpesanan, ponsel ini tampil dalam ‘threaded conversation form’ seperti layaknya chatting. Pengetikan dalam posisi landscape atau portrait relatif cepat dengan virtual keypad nyaman. LG juga memiiki email dengan dua opsi MS Exchange dan Other (dengan preset setting untuk layanan email populer)

Sementara bicara soal multimedia, kemampuan pemutar musiknya relatid standar tak jauh berbeda dengan ponsel Android sekelasnya. Tapi urusan video Anda bisa menikmati format MPEG dan H.264/3 juga DivX/Xvid. Anda bisa menyetel video hingga resolusi 1920x1080p tanpa gangguan. CUkup menjanjikan apalagi ditunjang memori internal ponsel yang berkapasitas 8GB cukup membantu di sektor penyimpanan file.

Ponsel ini juga mendukung beberapa fitur seperti HDMI-out untuk terkoneksi ke TV. Ada juga DLNA connectivity dengan SmartShare app yang memungkinkan berbagi multimedia via Wi-Fi. Versi terbaru Android Market, Google Maps 5.0 dan 3D view. Ada juga aplikasi Tegra Zone yang terkait berita seputar Tegra chipset dan rekomendasi game. Tak hanya itu, anti virus F-Secure, Mobile Security suite terbenam juga dalam Optimus 2X.

  Dari segi tampilan memang tak mengesankan ponsel dengan prosesor tercanggih saat ini. Namun, saat mencicipi kemampuan interface dan kecepatan operasinya, Anda bakal terkesima. Membuka banyak aplikasi sekaligus, menikmati video hingga kecepatan browsernya sangat memuaskan. Apalagi ponsel ini sudah didukung HDMI port untuk menonton video 1080p atau bermain game di TV. Tertarik? Tunggu ponsel ini masuk Indonesia!

sumber review1st.com - review LG optimus 2X

 

reviewproduk
   Reg: 1 decade ago
   Veteran 517 reps My Blog
LG Optimus

Posted 1 decade ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.


tonosaur

Addicted 1814 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Feb 8, 2011 09:49 pm)     comment Comment Permalink   Print

kalo namanya review harusnya sudah di-review dong

 

user signature
ootku.. ootmu..
heu heuu..
old fp.. akankah ke mana..???



Termotivasi untuk mereview suatu produk? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.

 

Topic-topic yang mirip dengan diatas, browse tags berikut
LG Optimus
Atau Search Forumponsel database:
Related topics
Get daily update for this topic: