SERVICEPRO.ID ADALAH SOFTWARE UNTUK PARA TEKNISI DAN BISNIS JASA SERVIS

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

LG KM900 Arena by Aequitas
rss You are here: All : Review : LG KM900 Arena by Aequitas
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Fisik
Ponsel berbentuk candybar, dengan balutan material berbahan metal di depan, dan plastik di belakang. Konstruksinya kokoh dan nyaman untuk digenggam.

Pada bagian kiri terdapat port charger/kabel data. Di bagian kanan terdapat tombol volume dan kamera. Sementara pada bagian atas terdapat tombol On/Off dan jack 3,5mm.

Menu, navigasi dan kecepatan akses
Menu dan navigasi di KM900 menggunakan touch screen dengan user interface yang cukup futuristik. Itu karena pemakai tinggal melakukan gerakan jari secara halus dengan arah vertikal ataupun horizontal di layar untuk melakukan scrolling atau menggeser menu, ataupun menekan jari secara perlahan untuk masuk ke menu.

Hampir semua bagian di sub menu KM900 menggunakan mekanisme seperti disebut di atas. Yang disayangkan, tidak semuanya mengedepankan unsur kepraktisan melainkan cenderung lebih mementingkan "gaya".

Respon terhadap gerakan jari user cukup baik, namun tidak bisa dibilang sangat responsif. Ini dikarenakan masih terjadinya delay walaupun tidak terlalu lama.

Layar
Warna layar KM900 sudah mencapai 16 juta warna. Sementara kerapatan pixelnya adalah 480x800 dengan diagonal layar 3,0 inch. Dengan kerapatan seperti itu, maka gambar menjadi sangat nyaman untuk dilihat di mata.

Layar KM900 memiliki fungsi Auto Brightness yang dapat menyesuaikan terangnya layar. Apabila diset ke Off, maka pada level 100% layar akan terlihat sangat terang.

Layar dilengkapi accelerometer yang akan secara otomatis memutar layar supaya tetap tegak lurus dengan pandangan apabila ponsel dimiringkan. Fungsi ini berjalan di music player, video player, browser, gallery, dan message.

Telpon, SMS, dan Phonebook
Kualitas dan volume penerimaan suara pada telpon tergolong baik.

Icon yang melambangkan nomor pengirim SMS tidak ditampilkan, dan hanya diganti dengan icon surat. Walaupun begitu, kita masih bisa melihat message detail untuk mengetahui nomor yang melakukan panggilan. Begitu pula untuk panggilan masuk, hanya nomor yang ditampilkan selain nama.

Tampilan SMS dapat dibuat sebagai threaded view, dengan tampilan ala forum diskusi.

Durasi message tone dibatasi hanya sekitar 6-7 detik saja. Lebih dari itu, tidak akan diperdengarkan.

Pencarian pada Contacts bisa menggunakan lebih dari satu huruf, dan cukup pintar karena pencarian mencari kata dari nama pertama atau nama akhir. Ada banyak detil yang bisa ditambahkan, dimana salah satunya adalah Birthday. Birthday dapat secara otomatis ditambahkan pada Calendar, dengan perulangan setiap tahun.

Grup bisa dibuat, dan bisa dipergunakan untuk mengirim SMS secara massal ataupun men-set ringtone per grup. Sayangnya, message tone tidak bisa diset per grup, atau bahkan per orang.

Camera, Video Recorder dan Video Player
Lensa kamera tidak memiliki pelindung, sehingga rawan kotor atau tergores.

Ada banyak pengaturan yang tersedia untuk kamera, yakni Resolusi, Color Effect, White Balance, Timer, Shot Mode (Normal & Continous), ISO, Image Quality, Image Stabilization, Auto Focus (Spot, Manual, Face Tracking), dan Geo Tagging. Selain itu juga ada mode Makro.

Sample hasil kamera akan di-post di bawah. Semuanya diambil dengan mode auto, mode yang umum dipakai oleh kebanyakan orang.

Indoor, di dalam gedung dengan cahaya masuk dari kaca di atap


Outdoor, di Hypermart Puri


Indoor, dari dalam LG Shop Mal Taman Anggrek


Video Recorder cukup baik, mampu merekam dengan resolusi tinggi pada 30FPS ataupun mode slow motion. Video Player mampu memainkan video dengan lancar, pada settingan yang cukup tinggi tanpa patah2. Yang disayangkan, hanya format file tertentu (itupun sering harus melalui convert) yang bisa dijalankan di video player Arena.


Music dan Radio
Lagu disusun berdasarkan All Tracks, Favorites, Artist, Albums dan Genres. Selain itu, kita juga bisa membuat playlist sendiri. Walaupun music player KM900 ini termasuk sederhana, namun cara kerja beberapa hal sedikit membingungkan. Contohnya, penghapusan playlist dilakukan dengan cara menghapus judul-judul lagu yang ada di dalamnya, yang justru mengesankan bahwa lagu-lagu tersebutlah yang akan dihapus.

Equalizer tidak bisa diset secara manual. Namun, ada banyak equalizer yang bisa dipilih, dimana salah satu yang ditonjolkan adalah Dolby Mobile.

Headset yang diberikan adalah yang jenis in-ear. Kualitas musik melalui headset cukup bagus. Alunan lagu yang terdengar jernih dan enak didengar. Treble dan bass yang dihasilkan cukup sebanding.

Perbandingan kualitas suara secara headset :
SE W950 > SE G705 = Nokia 5700 = SE K660 = LG KM900 > Nokia 6233 > Nokia N81 > Samsung E590

Keluaran suara dari speaker termasuk cukup bagus. Apabila dibandingkan dengan ponsel lain, hasilnya sebagai berikut :
Nokia 5700 > Nokia N81 > SE K660 = LG KM900 > SE G705 > SE W950 > Samsung E590

Sementara, perbandingan untuk volume :
Nokia 5700 = Nokia N81 = SE K660 = LG KM900 > SE W950 = SE G705 > Samsung E590

Kualitas suara radio KM900 cukup baik, dan radio mampu menyimpan 30 channel.

Organiser Tools
Alarm tone dapat diganti dengan file musik lainnya, dan dapat diset berulang sesuai dengan hari yang diinginkan.

Dalam Calendar, ada 2 hal yang bisa dibuat yakni Schedule dan Task. Task sepertinya hanya sekedar pengingat yang tidak bisa memiliki alarm. Sangat disayangkan. Schedule dapat digunakan untuk memasukkan Appointment, Anniversary atau Birthday, yang semuanya bisa dibuat berulang secara fleksibel.

Memo dipergunakan untuk mencatat sesuatu.

Lain-lain
Cara menggunakan WiFi cukup sederhana. Tinggal dinyalakan, dan memilih hotspot yang diinginkan. Lalu, pada saat browser dijalankan, maka kita akan diminta memilih untuk memakai jalur WiFi atau GPRS.

KM900 tidak disertai dengan aplikasi navigasi untuk GPS. Tapi kita bisa meng-install sendiri aplikasi GPS berbasis Java. Koneksi ke satelit cukup mudah dan dalam waktu singkat apabila dilakukan diluar bangunan dan tentunya bila dibantu dengan aGPS.

Ada 3 games pre-installed, yang semuanya menggunakan motion sensor, yakni : Tepong, Wheel Mania, dan Flying Dices.

Aplikasi Java dapat berjalan dengan normal. Normal dalam artian tidak ada masalah saat menjalankan. Namun kinerja-nya terasa agak lambat (lag). Aplikasi dengan resolusi 240x320 akan diperbesar menjadi full screen. Contoh aplikasi yang di-test adalah : eBuddy (sudah ada untuk versi KM900), Ferrari GT, Transformers G1, dan PD English Indonesia. Aplikasi dengan size yang besar adalah PD English Indonesia, yakni 1,4 mb, jadi cukup aman untuk mengatakan bahwa limit size (kalaupun ada) aplikasi Java yang bisa diinstall cukup besar.

Kemampuan multitasking KM900 agak terbatas. Sebagai contoh, musik tidak dapat berjalan bersamaan dengan kamera ataupun aplikasi Java, walaupun masih bisa berjalan bersamaan dengan Gallery, Browser, ataupun Memo.

Baterai
Ketahanan baterai termasuk kurang baik. Dengan pemakaian yang agak banyak, baterai hanya sanggup bertahan 1,5 hari. Apabila dibiarkan hanya standby, baterai mampu bertahan sekitar 3 hari lebih.

 

Erdyon
Erdyon RSS
   Reg: 1 decade ago
   Addicted 2418 reps My Blog
LG

Posted 1 decade ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.




Termotivasi untuk mereview suatu produk? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.