SERVICEPRO.ID ADALAH SOFTWARE UNTUK PARA TEKNISI DAN BISNIS JASA SERVIS

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Review : LG G5300
rss You are here: All : Review : Review : LG G5300
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Layar warna kini rasanya sudah menjadi kebutuhan utama sebuah ponsel. Dengan fitur seperti ini konsumen merasakan pengalaman berbeda saat menggunakan ponselnya karena semua menu terlihat lebih hidup. LG, salah satu produsen asal negeri Ginseng Korea Selatan yang cukup getol mengeluarkan produk rupanya juga memahami akan kebutuhan itu. Tak berlebihan jika pada seri terbarunya G5300 hadir dengan layar warna yang tidak tanggung-tanggung. Berbeda dengan layar warna di ponsel merek. lain. LG G5300 ini langsung menampilkan kedalaman warna hingga 65 ribu warna. Bandingkan dengan ponsel candy bar lain yang umumnya masih 256 warna atau 4096 warna. Boleh dibilang inilah ponsel candy bar yang dijual dengan resolusi warna mutakhir.

Meski ponsel ini ditujukan untuk kalangan menengah fasilitas yang dipunyai terbilan kelas atas. Fitur GPRS misalnya, yang biasanya dihadirkan untuk ponsel kelas middle-up juga telah dibenamkan ke dalam ponsel ini. LG G5300 memiliki GPRS kelas 10 dengan kemampuan download lumayan cepat. Selain itu, senjata lain yang dimiliki oleh ponsel ini adalah dukungan akses WAP (Wireless Application Protocol) versi 1.2.1. Dengan fasilitas-fasilitas ini, saat berinternet menjadi waktu yang menyenangkan karena suguhan yang diberikan ponsel ini boleh dibilang maksimal.

Sebagai pendatang baru, seri G5300 tampaknya mampu bersaing dengan ponsel sekelasnya. Bagaimanapun soal harga tampaknya bisa dinegosiasikan dengan fungsi lebihnya terutama fitur-fitur terkini yang menyertainya.

TAMPILAN
Ponsel ini hadir dengan ukuran cukup mungil yakni 102 x 44 x 19 mm dan berat 85 gram. Dengan ukuran seperti itu membuat LG G5300 terasa sangat pas jika hendak dimasukkan ke kantong saku baju apalagi ponsel ini menggunakan antena internal.

Keypadnya terbuat dari plastik dan didesain ergonomis. Selain itu keunggulan pada keypad ini dapat memancarkan cahaya (illuminated). Meski ini dimaksudkan lebih untuk tujuan estetik karena sebetulnya layarnya sudah berwarna, bakal lebih memudahkan pengguna saat memanfaatkan ponselnya dikegelapan. Susunan keypadnya mengingatkan pada ponsel keluaran LG sebelumnya yakni LG W3000. Hanya bedanya, untuk tombol C-nya di LG G5300 terletak agak dalam dan tidak rata seperti di LG W3000.

Layar yang dimiliki LG G5300 memang terlihat tak begitu besar. Namun demikian, gambar yang keluar dari ponsel ini lebih akuran. Misalnya untuk menampilkan menu-menu utama, baris teks yang ditampilkan hingga 4 baris. Sedangkan untuk SMS baris teks yang ditampilkan hingga 8 baris termasuk baris informasi status seperti sinyal, baterai dan sebagainya. Untuk koneksi handsfree tersedia colokan di bagian atas ponsel sedangkan untuk koneksi ke sistem suplai listrik dan data berada di bagian bawah ponsel.

FITUR
Saat mencoba LG G5300 ini menemukan bahwa struktur menu yang dimiliki ponsel ini termasuk klasik, dimana yang dimiliki ponsel ini termasuk klasik, dimana menu utama hadir dengan ikon animasi. Setiap menu ini ditandai pula dengan penomoran angka, misalnya untuk messages ada di nomor pertama kemudian call register di nomor kedua dan seterusnya. Untuk menu navigasi, setiap menggerakkan menu utama terdengar suara klik yang keluar dari ponsel LG G5300 ini. Menu sound browser ini merupakan nilai unik dan kelebihan tersendiri yang dimiliki. Nampaknya LG selangkah lebih maju dalam menggabungkan antara menu sound dan cabinet menu yang friendly.

Kemampuan memori ponsel ini cukup lumayan. Untuk ponsel sekeleasnya dengan kualitas layar warna dan dukungan polifonik MIDI, kemampuannya tak bisa diragukan lagi. Dengan kapasitas phonebook sampai 200 nama, pengguna ponsel ini juga dapat menambahkan 4 nomor ke dalam satu kontak misalnya nomor rumah, kantor, HP dan faksimile serta dapat ditambahkan satu alamat email. Phone number dari kedua memori baik dari memori ponsel maupun SIM Card dapat ditampilkan dilayar ponsel. Untuk memudahkan pengorganisasian nama, saat akan menghubungi nomor tertentu ada fasilitas caller group yang dapat ditandai dengan ikon tertentu.

Untuk penghobi SMS, kemampuan ponsel ini dapat diandalkan. Pasalnya, 110 pesan dapat disimpan kedalam memori ponsel ini. Selain itu, LG G5300 juga telah mendukung SMS panjang hingga 918 karakter. Bantuan penulisan SMS menggunakan eZi Text yang mirip dengan teknologi krediktif input lain yakni T9. Uniknya lagi ponsel ini telah dilengkapi dengan ikon hitam-putih yang dapat dikirimkan pula lewat SMS. Disamping SMS, fitur EMS telah dibenamkan diponsel ini. Tentu saja untuk lebih optimal, pesan berbasi EMS mesti diterima oleh ponsel yang berbasis sama.

Fasilitas-fasilitas lain yang hadir di ponsel ini diataranya :
- Profile
- Call List
- Setting
- Organizer
- Fun and Tools
- Internet
Di menu Setting misalnya ada masing-masing empat pilihan wallpaper dan screensaver. Tinggal disesuaikan dengan keinginan, misalnya gambar atau kehidupan dibawah air untuk wallpaper. Untuk mengganti setting ini prosesnya pun tidak terlalu sulit, hanya memakan waktu tak lebih dari semenit. Bagi pengguna yang hobi main games, peranti ini juga telah dilengkapi dengan tiga pilihan games yakni mobile hawk, crazy race, dan stone axe. Kualitas suara yang dihasilkan LG G5300 pun terbilan bagus karena telah didukung oleh 16 Poly MIDI. Sepertinya poli MIDI sudah menjadi standar dalam keluaran ponsel tahun ini, terutama untuk keluaran ponsel andal Korea. Samsung dan LG bersaing di jalur ini, menawarkan kualitas poli MIDI hasil benaman chip dari Yamaha.

Kemampuan download untuk mengambil gambar, games maupun nada dering polifonik sangat dimungkinkan. Tentu saja, bila mode internet via GPRS telah diaktifkan lewat langkah-langkah setting tertentu, maka fasilitas-fasilitas tersebut dengan mudah dapat dilakukan. Hanya sayangnya fasilitas GPRS yang dimiliki tidak didukung hadirnya fasilitas infrared. Padahal, dengan banyak kemampuan mengorganisir jadwal maupun banyaknya nomor kontak yang ditampung, dengan infrared data-data tersebut dapat diback-up ke peranti digital lain dengan lebih mudah.

PERFORMA
Fasilitas yang telah dimiliki oleh ponsel ini terbilan komplet. Mutu suaranya pun cukup jernih dan enak didengar. Terbukti dari uji coba yang dilakukan. Hanya saja selain tak ada infrared ponsel ini juga belum mendukung teknologi MMS yang menjadi teknologi lanjutan SMS dan kini tengah menjadi sebuah tren. Akan terlihat lebih optimal bila peranti ini sudah dilengkapi fasilitas MMS meskipun EMS sudah pula dibenamkan di seri G5300.

Seri LG G5300 menggunakan baterai Lithium Ion berkapasitas 850 mAh yang lumayan kuat. Dengan tampilan warna hingga 65 ribu warna, waktu siaga ponsel ini terbilang lumayan lama hingga 250 jam. Sedangkan waktu bicaranya sanggup bertahan sampai 3,5 jam. Bila tenaga habis paling tidak hanya diperlukan waktu sekutar 1,5 jam untuk mengisi kembali baterai yang kosong (charging).

Sumber : Majalah SELULAR, No. 37 - April 2003 & Berbagai Sumber

Untuk Review yang lainnya bisa Cek di [link URL].

 

1001
1001 RSS
   Reg: 1 decade ago
   Senior Member 485 reps My Blog
GSM Others

Posted 1 decade ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.


kurz01

Newbie 0 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Aug 5, 2003 09:06 pm)     comment Comment Permalink   Print

Kok buat post baru Bung Tank?
Knp ga digabung di LG-G5300 part 2 disini

 


kurz01

Newbie 0 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Aug 5, 2003 11:17 pm)     comment Comment Permalink   Print

Quote:

Kualitas suara yang dihasilkan LG G5300 pun terbilan bagus karena telah didukung oleh 16 Poly MIDI.



LG kan idem ama Samsung format poly *.mmf

Quote:

waktu siaga ponsel ini terbilang lumayan lama hingga 250 jam



Prakteknya standby cmn 2 hr

Quote:

Bila tenaga habis paling tidak hanya diperlukan waktu sekutar 1,5 jam untuk mengisi kembali baterai yang kosong (charging).



Charge 2 - 2,5 jam.

 




Termotivasi untuk mereview suatu produk? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.