SERVICEPRO.ID ADALAH SOFTWARE UNTUK PARA TEKNISI DAN BISNIS JASA SERVIS

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Review Lengkap Nokia X3: Ponsel Musik Kelas Menengah Berdisain Premium
rss You are here: All : Review : Review Lengkap Nokia X3: Ponsel Musik Kelas Menengah Berdisain Premium
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Nokia tak pernah melupakan segmen musiknya. Di tengah gencarnya serbuan smartphone di jajaran atas serta gempuran ponsel Cina di kelas menengah ke bawah, seri musik vendor asal Finlandia ini masih konsisten melenggang ke pasar. Keluarga X Series adalah nama baru yang ditasbihkan menggeser posisi keluarga Nokia XpressMusic.

Untuk memulai perangkat musik di 2010, Nokia menyiapkan dua model awal yakni Nokia X6 dan X3. Salah satunya sudah masuk ke pasar Indonesia secara resmi yakni Nokia X3. Tampilannya beda dengan keluarga XpressMusic baik dari segi disain bodi maupun menu. Apa saja yang membuatnya menarik? Ini dia ulasan Review1st.

FIRST LOOK

Nokia X3 sebenarnya membidik konsumen menengah ke bawah, tapi untuk urusan disain ponsel ini tampil premium. Konsep sliding dengan bodi kompak dan lebar membentuk kerangka Nokia X3. Semuanya dikemas dari komponen plastik keras yang cukup solid. Kualitas casingnya sudah baik tapi jika bisa ditingkatkan daya jualnya sebenarnya akan semakin tinggi.

Tampilan ponsel ini cukup nyentrik dan cantik dengan sudut tegas dan bodi pipih. Untuk tampilannya Nokia menghadirkan user interface Series 40 6th edition plus dukungan menyeluruh terhadap layanan Ovi. Jadi Anda akan menemukan layar menu yang berbeda dari ponsel S40 Series yang biasa ditemukan pada Nokia versi terdahulu.

FIRST IMPRESSION

Fitur Musik
Nokia X3 memiliki port jack audio berukuran 3,5 mm yang kompatibel dengan merek lain. Terpasang juga tombol untuk mengakses musik secara langsung pada Nokia X3. Seperti pada beberapa seri XpressMusic tombol musik khusus ini (rewind, play, fast forward) terletak sisi sebelah kiri layar.

Lalu ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan loudspeaker stereo. Selain itu, dukungan A2DP membuat ponsel ini bisa dinikmati lewat earphone stereo Bluetooth. Plus kehadiran radio FM jika sedang malas mendengarkan koleksi MP3 yang ditanamkan dalam ponsel.

User Interface
Nokia X3 sudah dilengkapi antarmuka Series 40 6th edition. Ada perbaikan dari segi menu yakni tampilan serta update lebih menawan di bagian Gallery dan Messaging. Bahkan, berbeda dengan ponsel Series 40 versi sebelumnya, Anda bisa menikmati aksi multitasking dalam Nokia X3 meski terasa janggal. Beberapa aplikasi bisa dibuka secara bersamaan, tapi sayangnya tak bisa diakses kembali. Aneh bukan?

Kamera
Anda akan menemukan aplikasi kamera yang sederhana dan tidak sepadan dengan resolusi kamera 3,2 megapiksel yang sebenarnya di atas rata-rata. Hanya ada pengaturan biasa seperti white balance, effect, opsi landscape atau portrait. Dan, jangan pernah mengharapkan kehadiran autofokus dan lampu kilat.

Hasil fotonya masih cukup berkualitas meski belum bisa disebut optimal. Sialnya, memotret di malam hari Anda terpaksa harus gigit jari karena gambar yang dihasilkan tak akan memuaskan. Kabur dan penuh noise. Beruntung kamera bisa digunakan merekam video dengan resolusi (QCIF) 176 x 144 piksel @ 15 fps.

Memori
Terdapat memori internal dengan kapasitas 48 MB pada Nokia X3. Sebenarnya minim untuk menyimpan file MP3 atau file musik yang rata-rata membutuhkan memori besar. Tapi Anda tak perlu berkecil hati karena Nokia X3 memiliki slot MicroSD yang terletak di pinggir bodi. Lumayan untuk menambah kapasitas dan menyimpan data secara eksternal.

Pengoperasian
Pada layar dengan diagonal layar 2,2 inci-nya yang sempit, Anda ditawari QVGA dengan 262 ribu warna. Tak terlalu menarik karena banyak pesaing di harga yang sama menawarkan tampilan lebih sempurna. Lantas saat sliding ponsel dibuka terdapat keypad yang terbuat dari komponen seperti logam tapi tak terlalu keras. Namun ternyata tak seperti kelihatannya, tombolnya terasa empuk dan memberikan feedback yang bagus. Tombol navigasi menunya pun nyaman dan membantu kelancaran pengoperasian ponsel.

Dari sektor tampilan dan akses serta pengoperasian menu, Review1st mengajak Anda memasuki bagian musik. Lewat loudspeaker stereonya, Nokia X3 mampu menyemburkan audio super keras. Tapi jangan menyetelnya dalam volume maksimal, suaranya bisa memekakkan telinga.

Pemutar musiknya memiliki tampilan cukup baik dan dilengkapi beberapa variasi theme. Pemilihan track bisa dipisahkan mulai dari kategori mulai dari artis, album dan genre. Juga ada 5 equalizer bawaan plus pilihan untuk modifikasi sendiri.

Nah, untuk internetan belum ada jaringan 3G yang membackup Nokia X3. So, Anda hanya bisa mengakses dunia maya lewat GPRS dan EDGE. Tapi ada dua pilihan browser dalam ponsel ini yakni Opera Mini dan browser bawaan. Kalau boleh Review1st menyarankan, pakai yang Opera Mini karena kompresinya lebih bagus (irit biaya GPRS) dan akses lebih cepat.

Satu lagi yang tak boleh ketinggalan, ponsel ini mendukung secara penuh layanan Ovi. Mulai dari Ovi Contacts, yang bisa dimanfaatkan sebagai IM client, Windows Live Messenger. Share on Ovi, Ovi Store dan My Nokia. Dan satu tambahan lagi, setting email pada ponsel ini mudah sekali.

LEBIH LENGKAP LIAT FOTO, SPESIFIKASI, KESIMPULAN dan PLUS MINUS coba klik di bawah bro:

REVIEW NOKIA X3 | review1st.com

 

reviewproduk
   Reg: 1 decade ago
   Veteran 517 reps My Blog
Nokia News

Posted 1 decade ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.


MasterMing

Full Member 137 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Jul 17, 2010 07:10 pm)     comment Comment Permalink   Print

Numpang nanya, lagi nyari nih HP.

Harga pasaran skrg berapa ya?

Thank you.

 

user signature
Sony Erection: Make.Believe

Shadow  God

Addicted 1374 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Jul 18, 2010 01:30 am)     comment Comment Permalink   Print

^ Gak jadi beli HTC Tatto nih?

 

user signature

MasterMing

Full Member 137 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Jul 18, 2010 04:42 am)     comment Comment Permalink   Print

Ya elah, HTC Tattoo mah cmn bisa ngarep bro, cari di mana ada?

Kmrn bonyok ke Singapore, gw sempet nitip. eh, entah krn mereka berdua rada gaptek atau mmg barangnya susah, dikira mrk produk HTC tuh pocin kek Hitech, Nexian, Cross, dll. #cape deh

 

user signature
Sony Erection: Make.Believe

tekimania

Newbie 15 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Jul 18, 2010 11:47 am)     comment Comment Permalink   Print

@ming
kalo gak salah trakir masih nangkring di 1.7-1.8jt
kalo menurut gw, harga segitu tlalu mahal utk spec hape non TS yg fiturnya seadanya
mending 5530 ato 5230 aja bro
emang beli buat dipake sendiri ?

 

user signature
Mighty Small, Mighty Powerful

iNsPiRaSiKuS

Full Member 198 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Jul 18, 2010 03:01 pm)     comment Comment Permalink   Print

Tolong dong ulasan sound quality lebih diperdalam, dgn juga asesoris earphone bawaannya gmn karakter suaranya. Terlebih nokia men-jargon-kan ini sbg salah satu line hape musik

 

user signature
Sandarkan kekuatanmu HANYA pada Tuhan

the_devil

Journeyman 57 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Jul 22, 2010 08:29 pm)     comment Comment Permalink   Print

harganya brp?

 

user signature
VCD&DVD Asia&Barat (Series-Anime-Concert-Awards-Reality show lengkap):
http://www.vera-gigs.blogspot.com/

VCD&DVD:Normal-Gay-Lesbian (For barter&adult only!) :
http://www.qiyue-barter.blogspot.com/



Termotivasi untuk mereview suatu produk? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.