Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Review Lengkap Nokia E7: Seri Communicator Versi Baru
rss You are here: All : Share : Review Lengkap Nokia E7: Seri Communicator Versi Baru
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Nokia secara resmi mengeluarkan Communicator terbaru, dengan tipe Nokia E7 Communicator (senin,21/2/2011). Pada penjualannya, Nokia E7 Communicator yang dijual di kisaran harga Rp 6,5 juta – 6,8 juta dibundling dengan kartu perdana Simpati (Telkomsel). Dan mendapatkan bonus gratis akses internet unlimited selama 6 bulan.

Dalam kondisi tertutup, desain Nokia E7 terlihat mirip dengan Nokia N8, tapi perawakannya agak lebih besar dan lebih berbobot. Bagian layarnya bisa digeser keluar dengan mekanisme engsel sehingga terlihat wujud asli E7 Communicator. Berpenampilan bak mini PC, lengkap dengan layar luas dan tombol qwerty keyboard. Selain desain, bahan yang melapisi bodi E7 juga mirip dengan N8, yaitu alumunium kesat, kecuali sisi layar berlapis plastik glosy. Sama dengan N8, untuk masuk ke menu utama disematkan tombol menu tepat di bawah layar. Nokia N8 tersedia dengan pilihan warna hitam, silver, biru dan oranye.

Sama dengan N8, di E7 juga telah disiapkan port HDMI (High-Definition Multimedia Interface) yang tersemat di bodi atas. Port ini berfungsi menghubungkan N8 dengan TV HD. Ini membuat video HD (High Definition, 720p) yang diputar di E7 tetap terlihat tajam di TV. E7 juga mendukung kemampuan USB On The Go, yang memungkinkan N8 dapat membaca USB Flashdisk. Di paket penjualannya disertakan kabel konektor HDMI an USB On The Go (MicroUSB-USB). Berbeda dengan N8, Nokia E7 tidak dibekali memori eksternal. Jadi hanya mengandalkan memori internal 16 GB. N8 hanya menyediakan kabel adapter HDMI, untuk kabel TV Out dibeli terpisah.

Luas layar sentuh miliki Nokia E7 berukuran 4 inchi, lebih luas ketimbang layar Nokia N8 yang 3,5 inchi. Teknologi layar E7 juga berupa AMOLED, tapi bedanya di sini sudah disuntikkan kemampuan ClearBlack yang dikembangkan sendiri oleh Nokia. Ini membuat tampilan tetap terlihat tajam dan jelas meski tepat dibawah sinar yang terik. E7 juga masih mengadopsi OS Symbian^3 dengan 3 Homescreen (ada 3) yang bisa diusap ke kanan/kiri untuk menggantinya. Tiap Homescreen disediakan 6 kotak untuk diisikan widget atau shortcut. Layar sentuh bersifat capacitive juga diselipkan sensor gerak untuk autorotate

Kamera
Cukup beralasan jika Nokia E7 ‘hanya’ menyertakan kamera 8 megapixels, dibandingkan N8 yang 12 megapiksel. Karena lebih fokus untuk kebutuhan perkantoran, sedangkan N8 menyasar segmen hiburan. Tapi setidaknya tetap didukung fitur komplit, seperti Autofocus, Dual Flash, Quality, Location, Close Up, Landscape, Sport, Night, Face Detection, Self Timer, Color Tone, White Balance, Exposure, ISO, Contrast, Sharpness dan Digital Zoom. Kamera di E7 juga sanggup menghasilkan video HD. Tidak lupa disediakan Photo Editor dan Video Editor untuk membuat video klip. Juga disediakan kamera sekunder berresolusi VGA

Office
Berjenis Communicator, sudah sewajarnya E7 dibekali fitur perkantoran lengkap. Seperti Quick Office yang full version, jadi tidak sekedar membuka file office (Word, Excel, Power Point), tapi juga bisa mengedit dan membuat file baru. Selain itu E7 juga menyediakan fitur Adobe PDF Reader, Dictionary dan Zip. Ada juga fitur World Traveler yang bisa menjadi pemandu bagi yang sering bepergian ke kota atau negara lain. Plus fitur F-Secure Anti Theft untuk me-lock E7 dari jarak jauh hanya dengan SMS, atau jika simcard diganti. via kabel USB On the Go E7 juga bisa dihubungkan ke projector untuk melakukan presentasi.

Microsoft
Nokia dan Microsoft baru saja sepakat untuk berkolaborasi ke taraf yang lebih serius. Tapi jauh sebelumnya sudah ada fitur buatan Microsof yang diadopsi Nokia. Seperti Mail for Exchange untuk mengakses akun email perusahaan. Ada juga Microsoft Communicator Mobile, untuk chatting hanya dengan sesama teman sekantor, dengan akun email kantor yang sama. Fitur lainnya yaitu Micrososft Share Point, yaitu layanan yang memungkinkan antar teman sekantor saling berbagi informasi (dokumen, presentasi, dll) via web via jaringan intranet . Untuk bisa masuk ke dalam jaringan intranet kantor, maka harus mendukung Virtual Private Network (VPN). Di E7 fitur VPN sudah built in.

Internet
Nokia E7 sanggup berjalan di jalur akses internet operator hingga kecepatan HSDPA (10,2 Mbps) dan HSUPA (2 Mbps). Sebagai alternatif juga disediakan akses WiFi. Dengan bantuan aplikasi JoikuSpot (download di Ovi Store), Nokia E7 bisa diubah menjadi hospot WiFi. Jadi akses HSDPA/HSUPA yang ditangkap bisa digunakan oleh beberapa perangkat lainnya. Browser di E7 bisa bekerja maksimal, seperti mendukung Flash dan bisa membuka beberapa situs sekaligus. Selain akses email kantor, juga bisa akses akun email gratisan (YahooMail, Gmail , dll) via fitur Nokia Messaging. Nokia Messaging juga bisa menyediakan layanan push email

Social Networking
Sama dengan beberapa tipe Nokia terbaru, E7 juga menyajika aplikasi ‘Social Networking’. Aplikasi ini berfungsi menyatukan beberapa layanan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Status teman di Facebook dan Twitter dikumpulkan dalam satu tampilan. Bisa juga menbuat satu status untuk Facebook dan Twitter sekaligus. Untuk menggunakan ‘Social Networking’ harus log in dengan akun Ovi, lalu log in ke Facebook dan Twitter. Fitur ‘Event’ di Facebook disinkronisasikan dengan Calender di E7. Juga fitur ‘Profil’ dan ‘Status’ di Facebook dengan Contact di N8. Dengan menggunakan widget Facebook dan Twitter, maka update status bisa ditampilkan di layar depan.

Web TV
Mendukung akses internet cepat dan dibekali layar luas nan tajam, membuat Nokia pede menyediakan fitur WebTV. Di sini bisa akses saluran TV secara streaming, seperti CNN, National Geographic, Movie Treasures, E! dan lainnya. Untuk bisa mendapatkan siaran program TV lainnya, bisa dicari di Ovi Store. Bahkan Nokia Indonesia juga akan menghadirkan siaran TV lokal. Selain itu E7 juga menyediakan aplikasi launcher YouTube

GPS
Nokia E7 juga sudah dibenamkan GPS receiver yang tentu saja ditemani Ovi Maps. Aplikasi peta digital ini bisa menampilkan peta lebih dari 70 negara, termasuk Indonesia. Beberapa fasilitas yang menyertai antara lain : My Position (lokasi berada), Search (mencari lokasi tertentu), share location (memberi tahu lokasi, bisa via Facebook) dan Favorite (menyimpan lokasi favorit). Juga dilengkapi fasilitas penunjukkan rute jalan lengkap dengan fasilitas panduan suara. Butuh akses internet untuk akses Ovi Maps. Ovi Maps sudah mampu menampilkan gambar 3 dimensi.

Musik
Teknologi Dolby Digital Plus Surround yang ada di N8, ternyata tidak mampir di E7. Namun begitu suara lagu yang keluar dari speaker tetap terdengar nyaring dan jernih. Bisa juga mendengarkan via bluetooth A2DP headset.Tidak ketinggalam layanan Come With Music untuk bisa mendownload lebih dari 6 juta lagu. Music Player dilengkapi fitur Shuffle, Repeat, Equaliser, Balance, Loudness dan Stereo Widening. Juga disediakan fitur FM Radio yang masih perlu menancapkan headset untuk bisa mengaktifkannya. Lubang Jack 3,5 mm untuk headset diletakkan di bodi atas, bersebelahan dengan tombol On/Off, Port MicroUSB dan port HDMI.

Spesifikasi Nokia E7
Dimensi : 123.7 x 62.4 x 13.6 mm; Berat : 176 gram; Sistem Operasi : Symbian^3; Jaringan : GSM (850/900/1800/1900 MHz); Layar : touchscreen capacitive AMOLED 16,7 juta warna 3,5 inchi, 640X360 pixels; Memori Internal : 16 GB; Memori Eksternal : tidak ada; Internet : GPRS, EDGE, 3G, HSDPA (10,2 Mbps), HSUPA ( 2 Mbps), WiFi, Koneksi : Bluetooth, kabel data micro USB, HDMI; Messaging : SMS, MMS, Email, instant messaging; Kamera : 8 Megapixels, Autofocus, Dual Flash, Night mode, Digital Zoom, Close up/macro, Geo tagging, Panorama, Sport, Brightness, Efek, Quality, ISO, Self Timer, Sharpness, Contrast, Face Detection, Foto Editor; Kamera Sekunder : VGA (640 x 480 pixels); Video rercorder : HD video 720p HD; Fitur Lainnya : MPEG4, H.264, Flash player, mp3, AAC, eAAC, eAAC+, WMA, AMR player, Equalizer, Shuffle, Play List, Stereo Widening, Jack Port 3,5 mm, Fm radio, File manager, Alarm Clock, Calendar, Voice recorder, Calculator, Notes, Ovi Maps, Quick Office, You Tube, FM Transmitter, GPS, Dictionary; Baterai : Litihum Ion 1200 mAh.

SUMBER: review nokia E7 | review1st.com

 

reviewproduk
   Reg: 9 years ago
   Veteran 517 reps My Blog
Nokia Smartphone Touch-series E-series Symbian^3-OS

Posted 8 years ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.


FT_Atmodjo

Addicted 1140 reps
Reg: 8 years ago
8 years ago (Feb 25, 2011 09:16 pm)     comment Comment Permalink   Print

Cukup layak ditunggu, sayang layar 4" hanya memiliki resolusi 640 X 360

 

user signature



Punya informasi bagus apa hari ini? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.