SERVICEPRO.ID ADALAH SOFTWARE UNTUK PARA TEKNISI DAN BISNIS JASA SERVIS

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Alcatel Motorola A3100 by ryolasta
rss You are here: All : Review : Alcatel Motorola A3100 by ryolasta
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Motorola A3100 yang dikenal dengan nama Motosurf ini menarik perhatian saya secara fisik sejak pertama kali melihatnya di sebuah tabloid tentang ponsel yang terbit di Jakarta. Setelah membaca spesifikasinya, menurut saya fiturnya lumayan lengkap untuk keperluan saya, yaitu build in GPS untuk navigasi di Jakarta, sistem operasi terbuka (windows mobile 6.1), touchscreen, serta trackball.

Review akan dibuat secara sambung menyambung berdasarkan pemakaian saya pribadi dan pendapat saya pribadi tentunya, kalau terkesan subyektif, mohon dimaafkan sebelumnya.

Harga Pembelian: Rp3.499.000,-
Availability: jarang banget, waktu beli di gerai motorola di senayan city, stock-nya cuma ada 5.

What's in the box
Pada saat membeli ponsel ini, kardusnya tidak mencerminkan bahwa ponsel ini ponsel bisnis, kesannya biasa aja, malah cenderung murahan. demikian pula pada saat membukanya.. tidak ada kesan mewah (padahal menurut saya model ponselnya tuh elegan/mewah). well, anyway, it's more important to see what's in the box instead of looking at the box .

1 unit ponsel, 1 stylus telescopic (bisa panjang-pendek), 1 tutup batre, 1 batere bt-60 1170 mah, buku panduan singkat, CD PC suite, charger, kabel data, handsfree, dan microSD 1GB.

yang menarik, plastik transparan penutup layar ponsel, ada gambar2nya, yang menunjukkan letak tombol power, tombol volume, trackball, dan tombol kamera. kemudian pada tutup batre juga dilapis plastik transparan yang ada gambar petunjuk cara membuka/memasang tutup batre tersebut.

Handset, build quality and screen
Kesan pertama setelah memegang ponsel, body ponsel sebagian besar terbuat dari plastik dan terasa licin pada saat dipegang. Namun pada saat dipegang, kesannya mantap. mungkin karena ponselnya terasa agak sedikit berat. build quality-nya sangat baik, bisa dibilang tidak ada bagian yang berbunyi "kriyet-kriyet", yang biasanya ada pada bagian belakang tutup battery. bagian tutup batere sepertinya terbuat dari alumunium dengan logo M berwarna silver chrome pada bagian tengahnya.

pada saat pertama kali menyalakan tombol power, si windows mobile langsung meminta kalibrasi layar sentuh-nya, kemudian setting jam dan tanggal. setelah selesai, kemudian ponsel akan melakukan restart secara otomatis, di mana pada boot up berikutnya, secara otomatis ponsel menginstall aneka aplikasi pre-installed yang ada di dalam ROM. proses ini memakan waktu beberapa menit. setelah restart berikutnya... barulah muncul home-screen motorola yang secara default menggantikan today screen dari windows mobile.

visibility layar kalau di indoor sangat jelas, namun visibility dari derajad kemiringan tertentu kurang baik. kualitas layar juga sangat menurut pada saat dilihat di outdoor dengan sinar matahari yang sangat terang, tampilan di layar ponsel agak sulit untuk terlihat. Satu hal yang menarik dari layar sentuh A3100 ini, sudah menganut full cover kalo istilah saya. maksudnya gini, pada ponsel layar sentuh milik saya sebelumnya (SE P1) ataupun pada ponsel layar sentuh milik istri saya (SE X1), konstruksi layar posisinya ada di dalam, tidak rata dengan titik terluar dari bingkai layar. errrr... gimana ya njelasinnya, jadi kalo P1 dan X1, bagian pinggir frame layar itu membentuk sudut dengan layar sentuhnya (ada lengkungan ke dalam), sedangkan kalau A3100 rata. kalau pada P1/X1, yang agak mengganggu mata adalah debu/kotoran seringkali menempel di pinggiran layar dan sulit untuk dibersihkan (karena cegok kedalam dan membentuk sudut itu), beda dengan A3100, it will never happened. karena rata. konstruksi layar A3100 ini mirip/sama dengan konstruksi layar SE W960. maap ga bisa bandingin dengan device HTC atau hape totol-totol yang laen karena punya-nya cuman itu, jadinya bisanya ngebandinginnya sama yang itu itu aja

jenis layarnya resistive (itulah sebabnya disediakan stylus) bukan capacitive (finger only, ga isa pake stylus) seperti yang dipake sama iphone. nah... disini menariknya. setelah make a3100 sekitar sebulan, rasa-rasanya emang dasar windows mobile 6.1-nya aja yang secara standar ga finger friendly. saya ambil contoh gini, apabila kita mengakses suatu aplikasi dari start menu-nya si windows mobile, nah.. asli, ga ada cakep-cakepnya tampilannya. udah gitu totolannya ga sensitif. tapi pas dipakein launcher 3rd party apps gitu (spb mobile shell 3), eh... finger friendly banget. untuk response layar sentuhnya menurut saya pada kategori baik. tidak sangat baik, tapi jauh di atas cukup. memang untuk touch-nya agak perlu sedikit ditekan, tapi kalo udah terbiasa, lama-lama seharusnya tidak menjadi masalah.

sementara itu dulu, nanti dilanjut lagi.

 

ryolasta
ryolasta RSS
   Reg: 2 decades ago
   Senior Member 331 reps My Blog
Motorola

Posted 1 decade ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.




Termotivasi untuk mereview suatu produk? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.