SERVICEPRO.ID ADALAH SOFTWARE UNTUK PARA TEKNISI DAN BISNIS JASA SERVIS

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Pengalaman ga asik mencoba Im3 oreedoo
rss You are here: All : Share : Pengalaman ga asik mencoba Im3 oreedoo
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Assalamualaikum saya minta izin untuk curhat sedikit tentang kekesalan saya dengan salah satu provider penyedia jaringan untuk telephone seluler di Indonesia. Apabila postingan saya ini berantakan mohon maaf, mohon di bantu moderasinya oleh moderator ini kali pertama saya bikin thread di forum seperti ini.  Mohon jangan di bully yah.

1. Intro kekesalan

Langsung saja, Sebelum saya menggunakan operator yang tertera di screen shot hp saya di bawah (selanjutnya kita sebut indosat) saya menggunakan salah satu provider yang logonya di dominasi warna merah, operator ini sama sekali tidak mengecewakan untuk masalah kecepatan Internet, luas cakupan jaringan, dan kestabilan dan konsiatensi sinyal,semuanya cukup baik,  mungkin juga karena saya berdomisili di perbatasan kota Depok dan Cibinong, pas banget di pinggir jalan raya Jakarta - Bogor, menurut saya sih lokasi ini masih masuk ke daerah perkotaan ya. lanjut, jasa bagus tadi di jual pula dengan harga yang baik. Karena penggunaan kuota internet saya perhari cukup besar,  rata - tata 800 MB untuk beberapa th ini sejak smartphone berkembang, saya menghabiskan uang lebih dr setengah juta setiap bulan untuk “beli pulsa” yang kemudian dibelikan paket data, dimana angka tersebut untuk orang seperti saya termasuk angka yang cukup besar, dulu sih ga masalah abis ratusan ribu rupiah untuk pulsa, tapi karena sekarang saya ingin menyisihkan sebagaian uang tersebut untuk kebutuhan lain, saya pun berfikir untuk pindah operator yang menjual paket internet lebih murah. Pilihannya ada beberapa profile yaitu Indosat dengan im3 nya, XL dan 3.

2. Proses transisi

Pada hari H beli perdana baru, setelah sekitar 3,5 th ga pernah beli, pilihan saya pun jatuh pada indosat, tadinya mau pilih xl atau indosat tapi gatau kenapa prefer indosat pas beli. saya beli kartu im3 oreedoo seharga 11rb dengan pulsa 3rb rupiah untuk wilayah jabodetabek. Sebelum di aktifkan saya lihat ada tulisan “4G plus” di sim cardnya, penasaran sih dikit apa. Lebih cepat ya kalau 4G plus itu? Tapi pikir saya lihat nanti lah setelah dipakai, Setelah kartu di aktifkan, langsung aja isi pulsa untuk beli paket,  saya beli paket internet freedom combo yang L dengan harga 90rb dapet quota 4GB(sepertinya ini reguler 2G/3G/4G) + 10GB 4G saja, aktif selama sebulan. Dengan harga yang lebih mahal 1000 rupiah, pada operator sebelumnya saya dapat quota 3G 4GB terbatas area, aktif 30 hr + 4GB kuota 4G aktif 15 hari + 1GB kuota buat nonton film di Hooq/viui. Fokus dengan total quota yang di dapat ya, masa aktif abaikan karena biasanya quota sudah abis duluan. Total quota yang di peroleh dari indosat 14gb (4G 10gb) vs operator lama 9gb (4G 5gb) lumayan banget kan harga selisih 1000 rupiah,  dapet kuota lebih banyak 5 GB, jumlah kuota juga penting karena hobi saya adalah nonton video di youtube atau di sosmed yang suka di Share temen-temen. Kadang juga video yang lain lah namanya juga cowo hehe. Nah yang jadi masalah bukan di jumlah kuota, masa aktif ataupun harga, semuanya saya dapat sesuai yang tertera pada saat mau beli.

3. Masalah

masalahnya adalah yang sudah saya singgung sedikit di atas, yaitu

kecepatan Internet dan kesetabilan sinyal

.
Dengan logo 4G/LTE yang muncul di pojok kanan atas layar smartphone saya,  kecepatan yang saya peroleh ga pernah sampe 1MB/s,  jangankan segitu 100kb/s aja sulit, untuk segala jenis keperluan saya dan juga teman - teman semua yang membutuhkan koneksi internet, mulai dr streaming video/lagu, download aplikasi, browsing, bahkan sekedar login e-banking pun, dengan kecepatan seperti itu pasti akan terasa teramat lama waktu yang dibutuhkan, bahkan kadang koneksi putus. Mungkin ada yang berfikir tergantung website, server yang kita akses dll. Dll. Dll. karena memang terkadang kecepatan Internet ga selalu sama tergantung Web yang kita akses, atau server atau apalah teori dan teknisnya saya kurang paham, tapi setau saya kalau download dari aplikasi Google seperti playstore, youtube ataupun map/GPS provider lama saya selalu memberikan kecepatan yang terbaik/tercepat, bahkan apabila untuk keperluan tertentu seperti download film, update soft were hp, atau download game/aplikasi yang cukup besar kecepatan yang saya peroleh bisa mencapai 3mb/s dan rata - rata sekitar 800kb/s (pada jaringan 4G / H+) dan data rata untuk buka website atau sekedar browsing saja paling lama juga 3-4 detik dari pencet tombol enter halaman sudah selesai di muat. Kecepatan seperti itu menurut saya sudah cukup sekali untuk kebutuhan hidup saya. Nah yang biasa hidup dengan kecepatan Internet seperti itu, sekarang harus berhadapan dengan kecepatan yang gak pernah lebih dari 300kb/s pas download file gede,  Atau rata - rata 1 kb/s untuk browsing bayangkan bagaimana perasaan saya? Kesal, ya kesal sekali, kekesalan tersebut semakin bertambah ketika melihat ada logo 4G atau H+ di pojok kanan hp saya di ikuti dengan bar sinyal yang terisi 2-3 baris dari 5 baris tetapi kecepatan sudah seperti jaringan 2G di tahun 2009 atau 2010. Dan bertambah kesal lagi ketika sedang benar - benar butuh sinyal malah hilang sama sekali, logo hilang bar sinyal juga kosong, saya sudah coba dengan manual setting seperti mencoba memaksa jaringan tetap di 4G atau WCDMA (H+) semata - mata ingin mendapatkan kecepatan Internet yang saya butuhkan, tapi upaya seperti itu sama sekali tidak membantu pada saat saya menggunakan Indosat, padahal dinprovider lama saya menggunakan cara itu untuk mendapatkan sinyal ketika bepergian ke daerah yang sinyalnya kurang bagus atau stabil, dan lumayan membantu.

4. Intinya

Please indosat jangan bohongi saya dan pelanggan-pelanggan indosat yang lain dengan logo 4G atau H+ tapi KECEPATAN INTERNET yang saya terima tidak lebih cepat dari jaringan 2G. Kalau logo 4G sudah muncul dan jumlah bar sinyal juga cukup bagus (3-4 bar) tapi speed Internet ga sampai

seenggaknya

100kb/s. terus saya sebagai pelanggan biasa yang masih serba terbatas kemampuan dan pengetahuan harus gimana? Semua orang pasti berfikir kalau di smartphone mereka sudah muncul logo 4G pasti Internet cepet, tapi setelah saya menggunakan produk dan jasa anda, saya dengan berat hati akan berfikir lagi ttg hal tsb. Menurut saya ini sih sudah seperti di BOHONGI yah, bukan seperti sih, sudah dibohongi lebih tepatnya. makanya saya jadi kesel banget sampe bikin curhatan kaya gini. Saya sudah membeli produk dan jasa yang anda jual. Saya membayar di muka dengan penuh,  tidak kurang tidak lebih,  sesuai etika saya sebagai pembeli, tetapi kenapa Ketika saya ingin menggunakan hak saya yang telah saya beli dari anda, produk dan jasa ini menjadi sulit dan mungkin tidak bisa digunakan? Saya merasa dibohongi dan diambil hak saya. Memang nominal yang saya keluarkan tidak besar hanya 90rb rupiah, tapi hati ini sulit sekali di ajak ikhlas ttg hal ini dan berlalu hanya dengan sekedar “yaudah gausah pake lagi”.  saya fikir ada banyak pelanggan indosat lain di Indonesia yang merasakan apa yang saya rasakan, saya kasian kalau ada orang yang membuang - buang uang mereka untuk membeli layanan seperti ini. Tolong jangan salahkan saya karena memilih dan membeli produk indosat, sebagai manusia biasa saya hanya mencoba apa yang di tawarkan pasar kepada saya.  Ini juga mengenai standar pelayanan yang seharusnya dimiliki indosat. Tentang kepuasan pelanggan, bukan tentang target perusahaan anda semata. Banyak diluar sana anak - anak yang masih sekolah yang uang pulsanya masih minta sama siapa saja bisa ortu, kakak,saudara, pacar, atau mungkin hasil usaha kecil - kecilan mereka yang akhirnya hangus jatuh tempo ga bisa di pakai karena lelet, yang bikin mereka sulit ngerjain pr karena susah cari referensi di internet, ga bisa bikin grup video call untuk belajar dengan teman - teman dr rumah agar lebih mudah,  yang gagal eksis karena upload foto atau upload instastory fail terus. Remaja - remaja kasmaran yang putus cinta jadi bunuh diri karena upload status galau atau video nangis gagal terus, (seandainya berhasil upaload mereka ga akan bunuh diri karena sibuk bls komen, ngitung like atau bahkan si doi tau kondisi pasangan lagi galau dan butuh perhatian) Dan jenis - jenis pelanggan lain yang lebih serius dan juga lebih loyal apabila layanan anda memuaskan, untuk beberapa orang yang lain lagi, akses Internet begitu vital untuk mereka, saking vitalnya sudah seperti air putih, setiap hari harus ada kalau engga mereka bisa lemes karena urusan terhambat, bisnis pegat, pulang telat ga bisa pesen ojek online dll dll dll.

5. Saran

mungkin sebaiknya untuk perusahaan yang berhadapan langsung dengan pelanggan saya sarankan beberapa hal berikut:
1. janganlah anda menampilkan apapun dan dimanapun ttg jaringan 4G H+ dll. Dll. Kalau memang anda belum mampu memberikan layanan teknologi setinggi itu, akui saja kalau memang anda belum bisa memberikan kecepatan yang tinggi, lebih baik anda hanya melayani jaringan 4G untuk 1 RT atau 1 kelurahan daripada menyebut sampai beberapa kota besar di Indonesia tapi hal itu hanya sekedar “sepik aja dulu” tetapi layanan sama sekali ga memenuhi “sepik - sepik” anda terkait produk anda. 
2. Kurangi gengsi, jangan karena sekarang lagi jaman 4G kemudian karena gengsi dengan operator lain yang sudah mulai mengembangkan jaringan 4G keseluruh Indonesia, akhirnya anda ikut - ikutan promosi dan jualan 4G padahal layanan ga lebih baik dari 2G. Iya bener, bener - bener ga lebih baik seenggaknya selama saya pake beberapa hari ini.
3. Kalau agan/aganwati pembaca salah satu adalah karyawan indosat, agan/aganwati jangan suka nuntut calon - calon yang lagi kampanye pas pemilu dengan kalimat yang ikonik banget “kami ga butuh janji kami butuh bukti”. Soalnya kalimat itu jga berlaku untuk perusahaan anda hehehe.
5.Tolonglah indosat, perbaiki standar pelayanan anda dengan serius khususnya di kota - kota besar. ini 2017 udah ga jaman Internet lelet apalagi kalau untuk kota - kota besar seperti jabodetabek Surabaya, Semarang, Malang dan kota kota lain di Indonesia. Namanya juga kota, kalau Internetnya ga lebih dari selengkapnya 100 kb/s saya ga yakin tempat itu masih disebut kota atau tidak, karena, maaf saya kasih tau sedikit ya indosat, di kota, orang - orang kota itu hidupnya ga jauh dari hp dan online 24 jam mau minum atau beli rokok aja butuh Internet buat beli online atau pesen pake jasa delivery seperti go x go x go x itu yang bisa kita minta untuk membelikan kebutuhan kita tanpa kita harus repot atau memeksakan diri keluar rumah kalau lagi

mager

6. Penutup

Entahlah apakah ada faktor lain yang menyebabkan kecepatan akses Internet begitu lambat dengan indosat, apakah ada kesalahan dari saya dalam memilih paket yang di tawarkan indosat (kalau salah ya jangan di jual), kemampuan atau device /gadget yang saya gunakan ga cocok dengan sinyal indosat, jadi susah dapat sinyal(masa iya?) atau ada faktor lain yang lebih njlimet? (seharusnya ga ada lah ya).  Kurang lebihnya mohon maaf. Silahkan yang punya tips, trik atau saran komen sajaa

info tambahan

:
1.saya kost jadi ga bisa pasang jasa tv kabel dan internet karena beberapa faktor padahal kalo bisa pengen tuh.
2. Device yang saya gunakan xiaomi mi 5 dan LG G2
3. Koneksi di bagi ke laptop via wifi dan kabel data (berharap berpengaruh ke kecepatan Internet. at the end : NO) 
3. Browser Engine : hp :Google Chrome dan uc browser. Laptop : Google Chrome
4. Pas bikin curhatan ini jaringan gamau 4G padahal biasanya ada. Mungkin tau bakal di laporin hehe
5. Kalau buat main game online di hp lancar lancar aja tergantung lokasi, di kamar mandi sinyal ga pernah bagus. game : modern strike online & mobile legend:bang bang hehehe
6. Lama pemakaian sampe di curhatin 22/03/2017 - 25/03/2017 dini hari. Ane nyerah.
7. Screen shot dan foto - foto : [link URL]


Salam
Angga Septia Pradana
Fb : Angga Septia Pradana
Email :

 

Anggaespe
Anggaespe RSS
   Reg: 3 years ago
   Newbie 10 reps My Blog
Indosat Internet im3 Simpati 4G-LTE

Modified 3 years ago.  

 

Posted 3 years ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.


robyut27

Newbie 2 reps
Reg: 3 years ago
3 years ago (Mar 27, 2017 10:53 am)     comment Comment Permalink   Print

Ane pake, sayang ny signal ny ga bagus di rumah.

 

user signature
MrBolang | Teknologi - Smartphone

cmentari

Newbie 4 reps
Reg: 3 years ago
3 years ago (Mar 30, 2017 08:44 am)     comment Comment Permalink   Print

iyah sinyal indosat ini kurang bagus sekali sangat di sayangkan sama kuota internet 4g yang di promokan

 

user signature
Toko Grosir Jaket Murah Bandung | Grosir Jaket Murah Bandung | Pusat Jaket Murah Bandung



Punya informasi bagus apa hari ini? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.