SERVICEPRO.ID ADALAH SOFTWARE UNTUK PARA TEKNISI DAN BISNIS JASA SERVIS

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Menanti perang Nokia Tube vs iPhone 3G
rss You are here: All : Share : Menanti perang Nokia Tube vs iPhone 3G
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Menanti perang Nokia Tube vs iPhone 3G

Siapa yang tidak kenal dengan merek telepon seluler (ponsel) Nokia? Boleh dibilang ketika pengguna ponsel disuruh menyebutkan deretan merek ponsel, yang pertama mereka sebut adalah Nokia.

Itu terjadi karena Nokia kini mampu mendominasi pasar dunia. Menurut data lembaga riset International Data Corporation (IDC), Nokia berhasil menguasai 38% dari total pasar ponsel dunia tahun lalu yang mencapai 1,1 miliar unit. Bayangkan, dari 100 ponsel yang terjual, 38 unit di antaranya adalah merk Nokia.

Akan tetapi, dominasi Nokia sepanjang 2007 sedikit terusik dengan kehadiran ponsel layar sentuh iPhone, yang diperkenalkan Apple di pengujung Juni 2007. Volume penjualan iPhone memang tidak terlalu signifikan untuk menandingi Nokia.

Apple hanya mampu menjual sekitar 4 juta unit iPhone atau seperseratus dari volume penjualan ponsel Nokia yang mencapai 437 juta unit.

Kehadiran iPhone yang hanya dipasarkan di Amerika Serikat melalui operator AT&T tersebut sangat fenomenal, karena memperkenalkan ponsel full multimedia berteknologi touch screen atau layar sentuh berukuran 3,5 inci.

Perangkat iPhone memiliki kapasitas penyimpanan 8 gigabyte (GB) dan 16 GB yang siap menampung file musik, video, maupun foto hasil jepretan kamera digital 2 megapiksel. Kehadiran fitur Wi-Fi memungkinkan penggunanya melakukan akses Internet melalui titik hotspot, layaknya mengakses Internet dari notebook.

Sukses iPhone rupanya memberi inspirasi Nokia untuk 'menghidupkan' kembali teknologi ponsel layar sentuhnya. Sebelumnya, pabrikan ponsel dari Finlandia itu telah mengembangkan device berlayar sentuh berbasis Linux, yaitu seri N800 dan N810, yang diperkenalkan pertengahan Oktober tahun lalu.

Nokia N800 dan N810 merupakan peranti Internet Tablet dengan fitur lengkap, karena bisa memainkan semua file multimedia dan tentu saja dilengkapi dengan Wi-Fi. Sayangnya, Internet Tablet itu tidak dapat difungsikan sebagai ponsel. Itulah sebabnya, kedua peranti Internet Tablet itu gagal mengalahkan iPhone.

Nokia kini menawarkan konsep baru, yaitu Internet Tablet yang memiliki fitur atau fungsi sebagai telepon seluler. Konsep itu dibocorkan pada acara Evans Data Developer Relations Conference California, AS, Selasa lalu. Nokia belum memberikan nama resmi untuk produk itu, kecuali nama kodenya: Tube.

Mengusung layar 3,5 inci, Nokia Tube menggunakan sistem operasi Symbian S60 dan beroperasi pada jaringan 3G serta dilengkapi dengan fasilitas GPS (global positioning system). Fitur Internet Tabletnya masih tetap dipertahankan.

iPhone 3G

Dari fitur tersebut terlihat jelas bahwa Nokia Tube sengaja diciptakan untuk menghabisi iPhone. Memang, dengan menyampingkan iPhone pun, Nokia Tube akan melenggang mulus.

Ini karena model bisnis kedua pabrikan itu berbeda. Apple menerapkan penjualan eksklusif iPhone hanya kepada operator AT&T. Sementara, Nokia menerapkan penjualan ritel menembus batas negara dan operator.

Sadar kepeloporannya bakal tenggelam, Apple secara diam-diam telah menyiapkan iPhone generasi baru, yaitu iPhone 3G.

Ken Dulaney, analis lembaga riset Gartner, yang membocorkan informasi itu saat diwawancarai situs berita iPod Observer. Menurutnya, Apple akan mendapatkan kontrak penjualan 10 juta unit iPhone 3G.

Ponsel berlayar 3,5 inci organic light emitting diode (OLED) itu akan dipasarkan Juni tahun ini berbarengan dengan rencana peluncuran iPhone berbasis sistem operasi OS 2.0. Jadi momentumnya pas satu tahun semenjak iPhone diluncurkan pengujung Juni tahun lalu.

Apakah yang dimaksud dengan iPhone OS 2.0 itu adalah iPhone 3G? Kita tunggu saja. Yang jelas, bakal terjadi perang seru antara Nokia Tube dan iPhone 3G. Sayangnya, pengguna ponsel di Tanah Air tidak dapat menikmati perang tersebut, karena iPhone tidak dijual secara resmi di Indonesia. ()

Oleh Sutarno
Wartawan Bisnis Indonesia

 

rusco
rusco RSS
   Reg: 1 decade ago
   Veteran 628 reps My Blog
Photo Linux Operator Business iPhone Gigabyte

Posted 1 decade ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.


kaseptea

Full Member 155 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Apr 10, 2008 11:25 am)     comment Comment Permalink   Print


Gambar Nokia Tube ?

 

user signature


- Unlocked and Rooted Nexus One
- [ROM] CyanogenMod-5.0.6
- Recovery Amon RA's v1.7.0
- Twitter : @jerbid

MacXoveR

Newbie 0 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Apr 10, 2008 01:05 pm)     comment Comment Permalink   Print

wkakakakka..kok mirip iPhone bgt, si nokiyem udh kehabisan akal ya..kita liat aja di bs nandingin fitur multimedia iPhone ato ga, n yg harus dipertanyakan LEMOT ga ya nokiyem tubeless(emang ban tubeless).he3.

 

user signature

kummy

Full Member 137 reps
Reg: 1 decade ago
1 decade ago (Apr 15, 2008 10:38 pm)     comment Comment Permalink   Print

nokia tube bakal launching Q1 2009.. lama bener.. iphone 3G juni 2008... kemane aje nokia, kelamaan kayaknya...

 

user signature
kummy.net



Punya informasi bagus apa hari ini? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.