JUAL SPAREPARTS APPLE MAC BARU DAN BEKAS. AKSESORIES BORONGAN MURAH

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Made in China menggila
rss You are here: All : Share : Made in China menggila
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

KOMPAS.com - Sepintas telepon seluler yang dijajakan di sebuah pusat pertokoan elektronik di Shenzhen, China, akhir Oktober lalu, seperti Nokia seri N. Akan tetapi, setelah diamati ternyata ponsel murah (harganya di bawah 500 yuan atau sekitar Rp 600.000) itu NCKIA. Celah hurup C-nya dibuat lebih kecil sehingga dalam pandangan mirip huruf O.

Agak sulit menelurusi pabrik pembuatnya karena ponsel-ponsel itu merupakan merek lokal yang dibuat oleh home industry. Ponsel-ponsel seperti itu dalam setahun terakhir beredar di pusat-pusat elektronik di beberapa kota di Indonesia.

Baik pedagang maupun konsumen awam menyamaratakan merek-merek baru itu sebagai ponsel China. “Padahal, ponsel itu bisa berasal dari negara-negara seperti Thailand, Taiwan, atau Hongkong,” ujar pemilik Sentra Komunikasi dan praktisi telekomunikasi, Sutikno Teguh, di Bandung.

Saat ini, jumlah produk tersebut di Indonesia mencapai 124 merek, selain ponsel-ponsel yang sudah banyak dikenal masyarakat, seperti dari Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang. Sekitar 35 merek ponsel buatan China sudah masuk pasar dalam negeri. Itu pun tidak semuanya berkualitas.

“Di China, tingkat mutu ponsel berbeda-beda. Ada delapan kelas, mulai buatan pabrik hingga home industry,” tuturnya. Indikasi bermutu atau tidaknya suatu merek, menurut Sutikno, yakni ponsel dijual secara bundling (sepaket dengan kartu seluler). ZTE, misalnya, vendor industri telekomunikasi terkemuka di China kini melakukan bundling dengan Telkomsel.

“Operator seluler tentu memilih ponsel yang berkualitas. Lalu lihat, ada pusat perbaikan ponsel atau tidak,” katanya. Jika di kota tertentu terdapat tempat penjualan sekaligus pusat perbaikan, produsen dinilai serius memasarkan produknya.

Sementara itu, para pedagang ponsel di Bandung tak mengetahui produk yang benar-benar dibuat di China. Budiman (33), pengelola kios Roots Cell di BeMall, Bandung, mengaku, ia tak mengetahui apakah ponsel diproduksi di China atau tidak.

“Saya enggak paham. Pokoknya selain merek-merek buatan Amerika Serikat, Jepang, atau Eropa itu saya anggap ponsel China,” katanya. Saat ini, Budiman menaksir, terdapat lebih dari 10 merek ponsel China yang beredar. Adapun ponsel non-China hanya sekitar lima merek.

Mengembangkan R & D Dua vendor industri telekomunikasi terkemuka China adalah Huawei dan ZTE, yang merupakan badan usaha milik negara (BUMN) China. ZTE sendiri, seperti diakui Direktur Pemasaran Liu Lin, tak mau terjebak dalam persaingan ponsel murah asal China yang beredar di Indonesia. Namun, perusahaan penyedia alat komunikasi kelima terdepan dunia ini tetap ingin menjadi Indonesia sebagai salah satu pasar utamanya.
ZTE tidak sekadar melempar produk, tetapi memberikan layanan solusi jaringan, pemilihan peralatan yang tepat, hingga after sales service. Layanan ini memudahkan konsumen memecahkan masalah-masalah yang dihadapi saat menggunakan ponsel.

Selain itu, ZTE membantu menyediakan jaringan dengan para operator. Membantu operator mengembangkan bisnis karena selama ini penjualan yang dilakukan ZTE adalah bundling melalui para operator.

Selain itu, ZTE mengembangkan resource and development (R & D). Di Indonesia, ZTE melakukan kerja sama dengan Institut Teknologi (IT) Telkom Bandung sejak 2006. “Awalnya, kerja sama tersebut hanya merupakan kerja sama di bidang pelatihan. Namun, saat ini sudah mulai menginjak pengembangan penelitian dengan menyertakan para akademisi di IT Telkom,” ujar Pembantu Rektor Bidang Akademik Heroe Wijanto IT Telkom.

Saat ini mulai banyak industri raksasa di sektor IT yang bekerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia. Selain IT Telkom-ZTE, juga dijalin kerja sama antara sesama BUMN China Huawei dengan Universitas Indonesia. Seyogianya, kesempatan ini dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk belajar dan menyerap pengetahuan. (DMU)

Source: Kompas.com


Luar biasa, home industri loh. Nanti keluar Ponsel made in keluarga Han. Di Indonesia home industri itu bikin baju, bikin sapu, kolak pisang, etc… Luarrr biasa.

 

Tanamas
Tanamas RSS
   Reg: 1 decade ago
   Specialist 7964 reps My Blog
News Made-in-china Huawei ZTE

Posted 8 years ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.


tonosaur

Addicted 1814 reps
Reg: 1 decade ago
8 years ago (Oct 28, 2010 01:32 pm)     comment Comment Permalink   Print

gimaana kira2 tanggapan pemerintah nih

 

user signature
ootku.. ootmu..
heu heuu..
old fp.. akankah ke mana..???

TJ  Lee
top user
Addicted 1414 reps
Reg: 1 decade ago
8 years ago (Oct 28, 2010 03:28 pm)     comment Comment Permalink   Print

dulu sempat ramai beredar motor cina (motcin) di Indonesia, yg hampir semuanya adalah produk home industri

 

user signature
wew

R_w1n
top user
Addicted 1845 reps
Reg: 1 decade ago
8 years ago (Oct 28, 2010 09:36 pm)     comment Comment Permalink   Print

skrg ini jg ada byk mocin (Mobil Cina) yang beredar di jalanan, salah satunya Chery QQ, mobil yg bentuknya imut bgt

 

user signature


TRO

Addicted 1501 reps
Reg: 1 decade ago
8 years ago (Oct 28, 2010 11:06 pm)     comment Comment Permalink   Print

Yang gw sedih, ada yang mengira HTC juga sama dengan china2 itu... hiks...

 

user signature
Android (HTC) and Blackberry user.

Andrea  G

Addicted 1435 reps
Reg: 9 years ago
8 years ago (Oct 28, 2010 11:26 pm)     comment Comment Permalink   Print

@TheRealOne : kacau emang.. mindsetnya musti dirubah.. kabarnya Selularshop jadi distributor resmi HTC ya? semoga gak dianggap HP China lagi dengan memiliki distributor terkenal smile

 

user signature
笑ろとけ

Seika
top user
Veteran 907 reps
Reg: 1 decade ago
8 years ago (Oct 30, 2010 06:21 am)     comment Comment Permalink   Print

Jadi masalahnya? Dari sisi menipu konsumen atau selundupan gak bayar pajak ?

@TheRealOne ya, dari sisi pemerintah Cina kan pulau Taiwan tuh propinsi mereka grin

 

user signature
Connect in Windows Live
Kik Messenger



Punya informasi bagus apa hari ini? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.