JUAL SPAREPARTS APPLE MAC BARU DAN BEKAS. AKSESORIES BORONGAN MURAH

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Kenali Ponsel Anda
rss You are here: All : Share : Kenali Ponsel Anda
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Aku ingin share pengalaman berkerja di industri ponsel selama 5 tahun.
Semoga informasi yang diberikan dapat berguna bagi rekan-rekan untuk memilih ponsel yang berkualitas dan juga berguna bagi rekan-rekan yang bergerak dalam industri ini (mohon maaf jika terjadi kesalahan dan ada kekurangan dalam artikel ini).

Beberapa hal yang ingin dishare mengenai material ponsel.

1. Bahan plastik.
Ada 2 jenis bahan plastik yang digunakan diindustri ponsel, yaitu: PVC dan ABS.
Untuk kualitas ABS jauh lebih baik dibandingkan PVC karena ABS lebih than terhadap panas dan memiliki ketebalan dan kepadatan yang lebih baik.

Sedangkan PVC banyak digunakan oleh ponsel-ponsel China, karena itu jika kita membandikan berat 2 HP dengan material plastik yang dimensinya sama. Bobot ponsel yang menggunakan PVC akan lebih ringan.

Hati-hati juga dengan plastik refurbish (daur ulang), plastik yang sudah didaur ulang akan mudah retak. Elasitas dari plastik akan sangat berkurang, untuk daur ulang 1x masih dapat diterima, tetapi jika sudah daur ulang 2x akan sangat mengecewakan kualitasnnya. (Untuk pengetahuinya cobalah tekuk material plastik ini akan terasa keras dan ada satu titik yang membekas dengan warna putih).

2. Ornamen Chrome.
Perlu di waspadai, akhir-akhir ini banyak produsen menggunakan ornamen chrome yang terbuat dari bahan metal/besi. Yang dimaksudkan untuk menambah berat/bobot ponsel agar terkesan lebih berkualitas.

Untuk bahan metal ini dapat memblok penangkapan sinyal, sebenarnnya bahan ini tidak disarankan dipasangkan pada badan ponsel dengan cakupan yang besar.

Untuk ornamen chrome lainnya biasa mengunakan teknik injection.
Teknik menyisipkan material chrome dengan cara memanaskan material chrome dan melapisinya di bagian plastik.

Jenis injection yang saya ketahui ada 2.

Electro Injection

: Proses penyisipan yang biasa dilakukan dengan cara memanaskan material chrome kemudian disemprotkan pada bagian plastik. (Proses ini lebih murah tetapi ornamen chrome akan cepat pudar jika terkena keringat atau air garam).

Vacumm Injection

: Proses penyisipan material chrome ini dilakukan dalam tabung vacum kedap udara dan debu yang memiliki suhu yang telah ditentukan. Sehingga material chrome yang dimasukkan akan lebih melekat karena tekanan udara dan panas. (Proses ini lebih mahal dan biasa digunakan pada ponsel-ponsel high-end). Chrome akan memudar tetapi jauh lebih lama dibandingkan dengan proses electro injection.

Untuk mengetahui kualitas chrome yang baik, dapat ditest dengan air garam dengan kadar garam tinggi. Olehkan ke catoon bud dan oles berulang ulang. Jika electro injection biasanya akan mudah hilang jika kita rutin melakukan hal ini.

3. Ornamen Plastik Bening.
Ornamen plastik bening ini sulit ditemukan. Hanya beberpa brand besar yang pernah menggunakannya.  Ornamen plastic clear ini di sisipkan di atas material plastik utama. Biasanya material plastik ini dilengkapi dengan gambar design grafis yang dicetak dengan teknologi yang disebut IML (In Mold Labeling) sedangkan pengabungkan 2 material plastik ini lebih dikenal sebagai double injection.
(Teknologi ini jarang digunakan karena harga yang cukup tinggi).

4. Antenna.
Antenna yang baik biasanya menggunakan bahan PIFA, bahan pifa yang terbuat dari bahan metal yang biasanya dilapisi dengan tape carboon.

Untuk mendapatkan sinyal yang optimal dibutuhkan tuning terhadap driver RF yang ada di dalam mesin dan juga pastikan tidak ada plat metal disekitar tubuh ponsel.

5. Layar
Untuk mengetahui kualitas layar, kita dapat lakukan test diluar ruangan (sinar mathari langsung) dan juga di dalam ruangan dan sudut pandang 160 to 180 derajat secara vertical dan horizontal. Pastikan warna dapat ditampilkan dengan baik walau dengan kondisi seperti di atas.

6. Panel sentuh
Jenih panel sentuh terdiri dari resistive dan capacitive.

Untuk resistive adalah jenis yang akan peka jika disentuh mengunakan kuku atau jari dengan penekanan yang cukup.

Untuk capacitive adalah jenis layar sentuh yang sangat peka jika tersentuh oleh kulit (untuk mengetahui apakah capacitive atau bukan, sentulah layar dengan kulit secara halus (tidak ditekan). Maka ponsel akan merespon.

Panel sentuh capacitive memiliki 2 jenis material.
Jenis plastik dan jenis kaca yang familiar di sebut dengan gorilla glass.

Untuk mengetahui jenis kaca atau plastik, ketuklah panel dengan material yang berbahan besi seperti kunci. Jika kaca suara pantulan akan terdengan nyaring/jernih, tetapi jika plastik akan terdengar teredam.

7. Speaker.

Speaker yang terbuat dari membran kertas tidak begitu disarankan, memang suara yang keluar lebih keras dibandingkan dengan speaker ponsel normal. Tetapi membran kertas mudah robek dalam jangka waktu pendek.

Untuk speaker yang memiliki membran plastik (normal untuk hp) pastikan penempatan speaker benar dan speaker memiliki ruang kosong yang berfungsi sbg ruang accoustic.


Semoga saja informasi di atas dapat membantu teman teman dalam memilih produk ponsel yang diinginkan.

 

stevova
   Reg: 6 years ago
   Newbie 5 reps My Blog
How-to

Posted 6 years ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.




Punya informasi bagus apa hari ini? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.