JUAL SPAREPARTS APPLE MAC BARU DAN BEKAS. AKSESORIES BORONGAN MURAH

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Jenis Alat Pembayaran Non Tunai Yang Berlaku di Indonesia
rss You are here: All : Share : Jenis Alat Pembayaran Non Tunai Yang Berlaku di Indonesia
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Pembayaran non tunai bukanlah hal baru lagi karena telah lama digunakan selama beberapa dekade terakhir. Dengan adanya bermacam macam jenis alat pembayaran non tunai itulah yang membuat aktivitas manusia sangat terbantukan dimana terkadang pembayaran tunai tidak bisa dilakukan karena terbentur oleh faktor faktor tertentu seperti jumlah nominal uang terlalu besar ataupun terpisah jarak yang begitu jauh misalnya antar negara.

Alat pembayaran non tunai sebenarnya ada bermacam macam, jadi tidak hanya satu atau dua jenis saja. Pada kesempatan sekarang ini, kita akan membahas mengenai jenis alat pembayaran non tunai yang berlaku di Indonesia. Untuk info lebih lanjut, silakan simak penjelasan selengkapnya.

Apa Saja Jenis Alat Pembayaran Non Tunai di Indonesia

Secara umum jenis alat pembayaran non tunai dikelompokan menjadi 3 bagian, yakni berbasis kertas, berbasis kartu dan berbasis elektronik/ online. Dari ketiga kelompok tersebut maka sebenarnya terbagi lagi menjadi beberapa jenis alat pembayaran non tunai.

 

Alat Pembayaran Non Tunai Berbasis Kertas

Merupakan sebuah sarana yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan non tunai dimana menggunakan kertas sebagai objek penganti uang, misalnya Cek, Bilyet Giro, Nota Kredit ataupun Nota Debet. Alat pembayaran non tunai berbasis kertas semacam ini sering digunakan untuk transaksi dalam nonimal besar, bersifat tidak terlalu fleksibel dan beresiko bila sewaktu waktu kertas sebagai bukti pembayaran non tunai tersebut hilang.

 

Alat Pembayaran Non Tunai Berbasis Kartu

Tidak lama setelah alat pembayaran non tunai berbasis kertas populer di masyarakat, muncul pula alat pembayaran non tunai berbasis kartu dengan sifat lebih fleksibel dan praktis. Seseorang bisa melakukan transaksi ini dengan menggunakan kartu debet ataupun kartu kredit yang sudah terhubung jaringan antar bank. Pembayaran non tunai berbasis kartu hingga saat ini masih menjadi yang populer di seluruh dunia.

 

Alat Pembayaran Non Tunai Berbasis Elektronik

Muncul setelah jaringan internet diperkenalkan kepada publik yakni awal tahun 1990an yang kala itu hanya bisa ditemukan pada negara negara maju. Baru awal tahun 2010 keatas, alat pembayaran non tunai berbasis elektronik tumbuh subur termasuk kemunculan e-money di berbagai negara dunia. Indonesia tidak ketinggalan dengan hadirnya Dompetku dari Indosat yang siap melayani semua transaksi keuangan online di Internet.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai jenis jenis alat pembayaran non tunai yang digunakan di Indonesia. Semoga informasi diatas dapat membuka wawasan kita terhadap alat pembayaran non tunai dimana bisa dijadikan opsi ketika hendak melakukan transaksi keuangan dalam kehidupan sehari hari, terima kasih.

Sumber Informasi



 

darksides
darksides RSS
   Reg: 7 months ago
   Explorer 30 reps My Blog
Kartu-Halo iTunes Indonesia

Posted 1 month ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.




Punya informasi bagus apa hari ini? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.