SERVICEPRO.ID ADALAH SOFTWARE UNTUK PARA TEKNISI DAN BISNIS JASA SERVIS

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Cara Melapor dan Sangsi untuk SMS Penipuan dan Hoax
rss You are here: All : Share : Cara Melapor dan Sangsi untuk SMS Penipuan dan Hoax
vote up
1
vote down

Print     answer Comment  

 

Sering dapat SMS penipuan di nomor Telkomsel anda?
Laporkan segera ke pusat layanan penipuan SMS.

Cara melaporkan penipuan via sms
Berikut tips untuk melaporkannya,
Format SMS aduan : ketik :
“Penipuan#nomor pengirim sms#isi sms penipuan” – kirim ke 1166.

Contoh : “Penipuan#0812123456#tolong usahakan uangnya dikirim hari ini ke rek …………….dst” Lalu kirim ke 1166

Informasi yg terkumpul ini selanjutnya akan diverifikasi oleh Telkomsel, dan akan ditindak-lanjuti sesuai kasusnya. Layanan ini “GRATIS”.

******************************************************************************************************

Untuk Pengirimin berita palsu (hoax)

Sangsinya denda 1 milyar atau penjara 6 tahun karena melanggar UU ITE Pasal 27. Tidak percaya? Baca kutipan dibawah.

“KUTIPAN”

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 11 TAHUN 2008
TENTANG
INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

BAB VII
PERBUATAN YANG DILARANG

Pasal 27

(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan perjudian.

(3) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

(4) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan pemerasan dan/atau pengancaman.

Pasal 28

(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.

(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Pasal 29

Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi.

BAB XI
KETENTUAN PIDANA

Pasal 45

(1) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

(2) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) atau ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

(3) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau denda paling banyak Rp2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah).

Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Undang-Undang ini dengan penempatannya dalam Lembaran Negara Republik Indonesia.

Disahkan di Jakarta
pada tanggal 21 April 2008
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
DR. H. SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Diundangkan di Jakarta
pada tanggal 21 April 2008
MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
REPUBLIK INDONESIA, ANDI MATTALATA
LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2008 NOMOR 58.

 

ILCapitano
   Reg: 1 decade ago
   Specialist 7049 reps My Blog
General Operator Tips-tricks SMS

Modified 9 years ago.  

 

Posted 9 years ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.


Mheteor-shop

Explorer 35 reps
Reg: 9 years ago
9 years ago (Oct 2, 2011 10:09 am)     comment Comment Permalink   Print

Bgus itu gam,spaya kapok. . . . .q cb dlu

 

user signature
My Self

meranties

Full Member 169 reps
Reg: 1 decade ago
9 years ago (Oct 2, 2011 10:26 am)     comment Comment Permalink   Print

Iya gan, barusan saya dpt sms gituan. Tp kok seringnya no Halo saya ya? Yg simpati saya ga pernah dpt sms gituan.
Trus kalau mau lapor sms spam kemana ya? Halo saya nih sering dpt sms2 ga jelas penawaran KPR (kredit) gitu.

 


ILCapitano
top user
Specialist 7049 reps
Reg: 1 decade ago
9 years ago (Oct 2, 2011 10:40 am)     comment Comment Permalink   Print

@meranties
sama aja bro. untuk telkomsel sms aja ke nomor diatas...

 

user signature
mari kita ramaikan kembali ForumPonsel.com

ryolasta
top user
Senior Member 331 reps
Reg: 1 decade ago
9 years ago (Oct 2, 2011 11:57 am)     comment Comment Permalink   Print
Like it 2 members like this

bukannya pesimis, tapi agak sedikit realistis

kalo pengirimnya pake kartu pra bayar, ngisi datanya asal-asalan.... percuma susah nangkepnya. sebetulnya kalo emang niat, seharusnya sih begitu itu sms keterima, logikanya hape si pengirim masih nyala, langsung dilaporin, terus langsung di lacak lokasi si penipu pengirim sms dimana, terus langsung ditangkep.

masalahnya: biaya untuk melakukan itu semua relatif mahal, dan paling cuma ngasih efek jera ke satu pelaku. ujung2nya istilahnya "ga ada duitnya", ngapain juga dikerjain. aparat penegak hukum kalo mau melakukan penangkapan kan juga perlu anggaran.

itu si menkominfo yang harusnya kasih teguran keras ke para operator, jangan jualan kartu prabayar asal-asalan, aktivasi dengan kartu identitas juga basa basi, udah berapa kali gue aktivasi kartu pake data asal-asalan seadanya, tetep aktif.

sedikit OOT tapi masih nyambung, kalo si e-KTP sukses, terus di link sama nomer NPWP dan nomer hp yang bener datanya... ga bakalan susah nangkep yang beginian...

anyway... it's a start lah, walaupun mungkin pada akhirnya hanya menjadi data statistik, paling nomernya langsung di blokir sama operator, dimana sebetulnya ga perlu juga, karena sang penipu pasti udah langsung ga bakalan pake nomer itu lagi, akhirnya nomer tersebut akan hangus dengan sendirinya.

gue yakin, jumlah nomer ponsel yang beredar di seluruh Indonesia (gsm dan cdma), pasti udah melebihi jumlah penduduk di Indonesia saat ini smile

salam

 

user signature
black is sirious

Fransisco

Journeyman 98 reps
Reg: 1 decade ago
9 years ago (Oct 2, 2011 03:18 pm)     comment Comment Permalink   Print

Seperti nya di Indo harga nomor baru terlalu murah, makanya mudah banget buat kejahatan seperti ini terjadi.

Di New Zealand contohnya, kartu perdana Vodafone harga nya $30 (hampir 200rb dengan kurs sekarang) dan tanpa pulsa sama sekali.

Contoh lain di Taiwan, setiap kartu identitas hanya diperbolehkan 1 nomor GSM dan 1 nomor CDMA.

Cuma di Indo yang kartu perdana dijual seperti kacang goreng.

 

user signature
Aotearoa - The Jade of the Universe

bm  iqbal
top user
Addicted 2005 reps
Reg: 1 decade ago
9 years ago (Oct 3, 2011 09:16 pm)     comment Comment Permalink   Print

meranties said:
Iya gan, barusan saya dpt sms gituan. Tp kok seringnya no Halo saya ya? Yg simpati saya ga pernah dpt sms gituan.
Trus kalau mau lapor sms spam kemana ya? Halo saya nih sering dpt sms2 ga jelas penawaran KPR (kredit) gitu.


buat yg penawaran produk bank silahkan Pelaporan ke BI via 085888509797 untuk menampung dan menindaklanjuti keluhan masyarakat yang terganggu SMS penawaran KTA.

Nomor ini adalah koordinasi Humas dan Direktorat Investigasi Mediasi Perbankan Bank Indonesia

masyarakat yang merasa terganggu tinggal memforward SMS gangguan tersebut ke nomor hotline tersebut.

 


ILCapitano
top user
Specialist 7049 reps
Reg: 1 decade ago
9 years ago (Oct 6, 2011 06:32 am)     comment Comment Permalink   Print

Pelanggan Telkomsel Bebas Pulsa untuk Adukan SMS Penipuan

Jakarta - Operator seluler Telkomsel meminta masyarakat agar berhati-hati dengan maraknya penipuan lewat SMS yang berpotensi menyedot pulsa pelanggan.

"Tidak ada SMS yang masuk secara otomatis memotong pulsa. Jika curiga atau merasa tertipu lewat SMS dapat melaporkan kepada kami," kata Ricardo Indra, GM Corporate Communication Telkomsel, kepada detikINET, Rabu (5/11/2011).

Pelanggan yang merasa curiga akan adanya SMS penipuan, atau bahkan yang telah menjadi korban, dapat melaporkan melalui SMS 1166 dengan isi pesan: penipuan#isi pesan#nomor pengirim.

"Bisa juga menghubungi lewat contact center 111 untuk kartuHALO dan 116 untuk simPATI. Semua bebas pulsa," lanjut dia.

Telkomsel sendiri masih melakukan pengecekan berapa jumlah pelanggannya yang menjadi korban SMS penipuan yang menyedot pulsa pelanggan.

Seperti diketahui, Telkomsel sebagai operator dengan jumlah pelanggan terbanyak di Indonesia--lebih dari 100 juta pelanggan-- berpotensi jadi yang paling banyak diincar oleh SMS penipuan.

 

user signature
mari kita ramaikan kembali ForumPonsel.com

ILCapitano
top user
Specialist 7049 reps
Reg: 1 decade ago
9 years ago (Oct 6, 2011 01:48 pm)     comment Comment Permalink   Print

BRTI Contact Center 159, Layanan Pengaduan Konsumen Telekomunikasi

Sumber Berita

Saat ini, terjadi perubahan paradigma cara pandang terhadap konsumen. Konsumen yang tadinya dianggap sebagai obyek, bahkan obyek penderita, dengan perkembangan terkini industri telekomunikasi dimana jumlah konsumen menjadi faktor yang tidak bisa dilepaskan dari value perusahaan. Dengan begitu konsumen menjadi penting posisinya karena menjadi aset perusahaan, sehingga keluhannya harus menjadi perhatian operator telekomunikasi. Namun sayangnya, terkadang keluhan konsumen tidak mendapat tanggapa sebagaima mestinya. Padahal, konsumen dilindungi hak-haknya sesuai UU No. 8/1999 tentang Telekomunikasi dan UU No. 36/1999 tentang Telekomunikasi.

Guna memberikan layanan informasi dan pengaduan konsumen telekomunikasi, BRTI membuka BRTI Contact Center. BRTI Contact Center dapat diakses hampir dari seluruh operator telekomunikasi melalui nomor 159 (kecuali: Bakrie Telecom yang baru membuka untuk DKI Jakarta). Konsumen telekomunikasi dapat menghubungi layanan BRTI Contact Center tanpa dikenakan biaya alias gratis, meski nantinya BRTI akan mengevaluasi efektivitas sistem tanpa berbayar ini. BRTI Contact Center hadir untuk memberikan perlindungan bagi konsumen yang pengaduannya tidak diindahkan operator, karena itu disarankan konsumen tetap menghubungi operator lebih dulu jika mempunyai keluhan dan bilamana tidak ditindaklanjuti dipersilakan menghubungi BRTI Contact Center. Melalui BRTI Contact Center, operator dituntut untuk dapat menyelesaikan keluhan konsumen sesuai dengan batas waktu yang ditentukan dalam Peraturan Menteri Kominfo mengenai Standar Kualitas Layanan.

Diharapkan, dengan pembukaan contact center ini konsumen dapat memanfaatkan dengan baik. Bukan untuk main-mainan karena sifatnya yang gratis.

 

user signature
mari kita ramaikan kembali ForumPonsel.com

boyan  aku

Newbie 2 reps
Reg: 9 years ago
9 years ago (Oct 7, 2011 01:29 am)     comment Comment Permalink   Print

ga terlalulah, penipuan nfo gituan, org yg gila hart aja yg mudah terpengaruh, y gak bos

 

user signature

meranties

Full Member 169 reps
Reg: 1 decade ago
9 years ago (Oct 11, 2011 12:56 pm)     comment Comment Permalink   Print

bm iqbal said:


buat yg penawaran produk bank silahkan Pelaporan ke BI via 085888509797 untuk menampung dan menindaklanjuti keluhan masyarakat yang terganggu SMS penawaran KTA.

Nomor ini adalah koordinasi Humas dan Direktorat Investigasi Mediasi Perbankan Bank Indonesia

masyarakat yang merasa terganggu tinggal memforward SMS gangguan tersebut ke nomor hotline tersebut.


tq oom.noted.

ILCapitano said:
@meranties
sama aja bro. untuk telkomsel sms aja ke nomor diatas...


ok om. noted jg.

 

Modified 9 years ago.  



Punya informasi bagus apa hari ini? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.