JUAL SPAREPARTS APPLE MAC BARU DAN BEKAS. AKSESORIES BORONGAN MURAH

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Bahas Pencurian Pulsa, Menkominfo Panggil Operator
rss You are here: All : Share : Bahas Pencurian Pulsa, Menkominfo Panggil Operator
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring siap menindak tegas pihak-pihak yang terbukti telah melakukan pencurian pulsa pelanggan. Sebagai langkah awal, menteri sudah menjadwalkan untuk memanggil operator telekomunikasi.

Direncanakan, pemanggilan itu akan dilakukan esok, Rabu (5/10/2011). Demikian diungkapkan Tifatul usai meresmikan pembukaan Indonesia ICT Award 2011, di Jakarta Convention Center, Selasa (4/10/2011).

“Kami sedang menyelidiki konten provider dan operator, jika mereka terbukti bersalah akan kami tindak. Pencurian pulsa itu kan sudah termasuk tindak kriminal,” tukasnya

Tifatul meyakini, baik operator maupun konten provider, akan takut jika diketahui terbukti melanggar aturan dengan menjalankan program SMS/konten premium yang mencuri pulsa pelanggan. Sebab bisa-bisa mereka akan diseret secara hukum.

“Besok kami akan memangil operator untuk membicarakan masalah penertiban SMS Reg/Unreg yang tidak jelas,” tegas Tifatul.

Namun sayangnya, menteri dari Partai Keadilan Sejahtera ini enggan membeberkan lebih lanjut soal agenda yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut.


Sumber Berita

 

ILCapitano
   Reg: 1 decade ago
   Specialist 7049 reps My Blog
General Operator Complaint

Posted 5 years ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.


ranksykoemba

Newbie 7 reps
Reg: 5 years ago
5 years ago (Oct 4, 2011 02:49 pm)     comment Comment Permalink   Print

bagus lh kalo bgtu...

 


adhadi012
top user
Senior Member 378 reps
Reg: 5 years ago
5 years ago (Oct 4, 2011 05:05 pm)     comment Comment Permalink   Print

memkominfo sudah berkuasa beberapa tahun baru panggil???

seharusnya dari pertama kali naik tahta urusin ginian dari pada ributin porno2.

 


bm  iqbal
top user
Addicted 2005 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Oct 5, 2011 02:44 pm)     comment Comment Permalink   Print

gara" minggu lalu ada gerakan posting mengenai sms hoax dan premium baik di FB dan tweitter serta beberapa forum....baru deh polisi bergerak, dan mengaku dah intai selama 10 bulan.... grin

 


Seika
top user
Veteran 907 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Oct 5, 2011 03:16 pm)     comment Comment Permalink   Print

Musti ada kebijakan ganti rugi ke pelanggan (meski oleh operator bakal dianggap ketidak-bijakan). Kalau cuma ke pemerintah, ya pengguna tetap aja duitnya ilang, dan malah nanti pemerintah doang yang untung dapat duit denda (yang bisa nego di belakang).
Kalau nggak bakal kena kerugian finansial mah, mereka cuma bakal blokir dikit-dikit kan, nggak ada "efek jera".
Kalau mereka bakal musti nanggung duitnya baru deh lebih ada motivasi mencegah grin

 

user signature
Connect in Windows Live
Kik Messenger

Tanamas
top user
Specialist 7964 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Oct 5, 2011 04:22 pm)     comment Comment Permalink   Print

Kalau secara programming sangat memungkinkan pencurian pulsa ini. (baru kepikir)

Sms premium yg umum: jawab YA jika ingin berlangganan. Dan konsumen jima jawab YA langsung berlangganan.

Kalau yg fraud punya bakalan nanya
"gimana jadi ngga?"

Nah jawaban yg umum kan bakalan "siapa ini?"

Nah tinggal dibahasa program nya "kalau dijawab 'siapa ini' maka lakukan registrasi. "

Jadi masuk akal sekali ada content provider yg nakal.

Atau operator nakal pun sangat mwmungkinkan. Contoh: buat pelanggan kartu abudemen, berapa banyak yg merhatiin berapa kali kita sms, berapa banyak gprs kita, berapa menit telepon kita. Di bilang 100x SMS juga kita percaya aja. (padahal mungkin aja cuman 90x) telepon 100 menit juga ya sudah bayar aja, mungkin sebenernya cuman 95menit

Nah ini efek karena perang tariff.

Bukan salah operators, operators hanya mencari celah saja. Yang salah yang buat regulasi dan aturan

 

user signature
Claiming that your operating system is the best in the world because so many people use it, it's like saying McDonalds makes the best food in the world. :). See my blog (beta)

ILCapitano
top user
Specialist 7049 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Oct 5, 2011 07:09 pm)     comment Comment Permalink   Print

@Tanamas
kalau gratis sms 100x /bulan dari kartu halo bener.
saya pernah hitung. apalagi sekarang halo saya cuma buat backup aja...

 

user signature
mari kita ramaikan kembali ForumPonsel.com

ILCapitano
top user
Specialist 7049 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Oct 6, 2011 06:13 am)     comment Comment Permalink   Print

60 CP Sedot Pulsa Masuk Daftar Cekal Operator

Jakarta - Kementerian Kominfo dan para operator seluler sepakat memberangus penyedia konten-konten (CP) nakal yang menyedot pulsa pengguna ponsel secara ilegal. Tak hanya itu, Kominfo juga meminta pihak kepolisian untuk mengusut kasus penyedotan pulsa ilegal ini.

"Kita minta kepolisian memproses secara hukum dugaan penggerusan pulsa secara ilegal", ujar Menkominfo Tifatul Sembiring dalam keterangan pers yang diterima detikINET, Rabu (5/10/2011).

Rencananya Selasa pekan depan, Kemenkominfo akan bertemu Bareskrim Polri, menindaklanjuti CP yang nakal. Tifatul menambahkan ada 5 poin hasil pertemuan antara Kemenkominfo dengan 10 operator telekomunikasi hari ini. 5 Poin itu adalah:

1. Kemenkominfo meminta operator dan CP untuk taat hukum, bagi yang terbukti bersalah akan dikenai sanksi.

2. Operator harus benar-benar memberikan penjelasan kepada publik, melalui televisi atau media cetak, soal REG dan UNREG dari suatu pelayanan berbayar. Pemotongan pulsa pelanggan harus seizin pelanggan.

3. Ditemukan bahwa nomor penggerus pulsa biasanya short character seperti ABCD sedangkan 08XXXXXXXX yang sering dikeluhkan adalah pelaku penipuan.

4. Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) dan regulator telah menerima 7.000 pengaduan via nomor 159 dan lebih dari 90 persen sudah ditangani bersama operator. 60 CP sudah di-black list, para operator tidak boleh lagi berbisnis dengan mereka.

5. Jasa SMS premium yang positif dan mengikuti aturan hukum tetap boleh berjalan sebagai dukungan terhadap industri kreatif.

 

user signature
mari kita ramaikan kembali ForumPonsel.com

ILCapitano
top user
Specialist 7049 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Oct 6, 2011 06:34 am)     comment Comment Permalink   Print

Hadang SMS Penipuan, Telkomsel Siapkan Pertahanan Berlapis

Jakarta - Telkomsel menyiapkan pertahanan berlapis dalam hal registrasi SMS premium demi menutup celah yang terbuka untuk disalahgunakan oleh penyedia konten (content provider/CP) nakal yang menyedot pulsa pelanggan.

"Kami tegaskan bahwa Telkomsel memiliki mekanisme kebijakan internal untuk mencegah hilangnya pulsa pelanggan akibat layanan konten tertentu," kata Ricardo Indra, GM Corporate Communication Telkomsel, kepada detikINET, Rabu (5/11/2011).

Seperti diketahui, belakangan ini marak beredar SMS penipuan yang menyedot pulsa pelanggan dengan cara yang tak diduga. Setiap pelanggan yang membalas SMS tersebut, langsung disedot pulsanya. Praktik tak terpuji ini, dicurigai dilakukan oleh CP nakal.

Telkomsel beserta operator lain, masih menginvestigasi kasus ini secara internal. Namun seperti dikatakan Indra, kemungkinan terjadinya pelanggaran oleh CP sangat kecil sekali.

"Sebenarnya semua ada mekanisme pengaturan antara CP dan operator. Ada bisnis prosesnya dan Telkomsel berkepentingan menjaga pelanggannya. Market sudah sangat mature," kata dia.

"Soal konten yang di-delivered ke pelanggan diatur sangat jelas. Seperti broadcast dari CP resmi hanya boleh dari jam 8 sampe jam 21. Terus kata tak boleh SARA dan berbau politis yang menimbulkan keresahan atau salah persepsi," kata Indra lebih lanjut.

Dalam perjanjian kerja sama (PKS) Mobile Data Content Telkomsel, pasal 6 ayat 1 berbunyi:

"Seluruh kegiatan promosi, baik isi, materi dan hal lainnya yang terkait dengan promosi tersebut harus berdasarkan dan mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Telkomsel. Tidak mengandung unsur politik, SARA, pornografi dan tidak mencantumkan produk/brand Telkomsel."

Sementara PKS Mobile Data Content Pasal 6 ayat 4 berbunyi: "CP wajib mencantumkan (1) cara aktivasi (2) tarif layanan (3) frekuensi layanan (4) cara deaktivasi (5) nomer call center."

"Tidak ada yg namanya terima SMS terus bisa langsung memotong pulsa," kata Indra.

Ia pun menegaskan, untuk melakukan registrasi pun ketentuannya berlapis. "Setelah pilh YA, akan ada notifikasi yang meminta persetujuan. Sengaja dibikin berlapis. Sebaliknya kalau mau berhenti cukup sekali saja UNREG," lanjutnya.

Tak hanya itu, semua keyword UNREG diterima. "Keyword salah, keyword tidak lengkap, keyword benar, akan diproses non-aktif. Bahkan terminologi lain, seperti: batal, berhenti, quit, stop, out, unsub, unsubscribe, unregister, dan kata lain yang bermakna sama, diterima untuk proses non-aktif," pungkas Indra.

 

user signature
mari kita ramaikan kembali ForumPonsel.com

ILCapitano
top user
Specialist 7049 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Oct 6, 2011 06:35 am)     comment Comment Permalink   Print

Hadang SMS Sedot Pulsa, Indosat Siapkan Tiga Rencana

Jakarta - Untuk menghadang fenomena SMS penipuan yang menyedot pulsa pelanggan, operator seluler Indosat telah menyiapkan tiga rencana: jangka pendek, menengah, dan rencana jangka panjang. Seperti apa rencananya?

Menurut Djarot Handoko, head of Corporate Communication Indosat, dalam rencana jangka pendeknya, Indosat mengambil lima langkah, yakni:

1. Kelanjutan dalam berlangganan ring back tone (RBT) akan didahulukan dengan reminder ke pelanggan dengan info 'How To Unreg'.

2. Perubahan Mekanisme: Selalu ada konfirmasi ulang bagi layanan yang diakses melalui UMB, WAP, dan SMS.

3. Tidak ada auto registrasi yang melalui UMB ataupun WAP.

4. Setiap notifikasi konfirmasi ulang selalu ada informasi 'How To Unreg'.

5. Rekonsiliasi data antara Indosat dan Content Provider (CP).

"Rencana jangka pendek ini sudah selesai kami laksanakan. Tinggal yang rencana jangka menengah dan jangka panjang," ungkapnya kepada detikINET, Rabu (5/10/2011).

Dalam rencana jangka menengah yang dieksekusi dalam 1-2 bulan ke depan, akan ada dua langkah yang ditempuh, yakni:

1. Akan ada WAP landing page yang disediakan oleh Indosat untuk konfirmasi terakhir jika pelanggan akan berlangganan layanan konten.

2. Single short code untuk Unreg.

Dan terakhir, untuk rencana jangka panjang yang mulai dilaksanakan pada 2012 mendatang, Indosat akan memberikan konsentrasi lebih di 'pull service' bukan 'push' berlangganan.

"Dengan melakukan landing page reconfirmation, no auto registration, reconcile all data with CP, kami telah berhasil mengurangi komplain pelanggan sampai 400% yang terkait kasus CP ini," pungkasnya.

 

user signature
mari kita ramaikan kembali ForumPonsel.com

gocbelir

Newbie 2 reps
Reg: 5 years ago
5 years ago (Mar 1, 2012 08:10 pm)     comment Comment Permalink   Print

saya setuju. tapi kenapa menkominfo malah memblokir game symbianyang tidak ada sangkut pautnya dengan pornografi. dasar boudoh

 




Punya informasi bagus apa hari ini? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.