JUAL SPAREPARTS APPLE MAC BARU DAN BEKAS. AKSESORIES BORONGAN MURAH

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

(Flashback) Vivo V5 Plus, Penguntit iPhone dengan Kamera Depan Berlebihan
rss You are here: All : Share : (Flashback) Vivo V5 Plus, Penguntit iPhone dengan Kamera Depan Berlebihan
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Bagikan : 
Vivo V5 Plus, Penguntit iPhone dengan Kamera Depan Berlebihan Vivo V5 Plus (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia—Saat ini vendor ponsel pintar berlomba-lomba menghadirkan fitur kamera depan untuk menjadi andalan untuk memikat konsumen. Nyaris semuanya melakukan hal serupa.

Menghadapi persaingan itu, masing-masing Vivo menghadirkan Vivo V5 Plus pada pertengahan Februari 2017. Seperti pada ponsel seri V5 lainnya, jualan utama dari ponsel tersebut adalah kamera selfie.

Vivo memakai lensa ganda untuk kamera selfie di V5 Plus dengan resolusi masing-masing 20MP dan 8MP. Fitur utama dari kamera selfie tersebut adalah efek bokeh.


Bisa dibilang langkah Vivo membawa efek bokeh sebagai terobosan. Namun sebuah ponsel tidak melulu soal kamera. Berikut ulasan CNNIndonesia.com mengenai V5 Plus.

Desain

Bicara soal desain, sulit mengatakan Vivo tidak terinspirasi dari iPhone. Bukan hal baru pula apabila inspirasi Vivo terhadap iPhone sudah terjadi dari produk-produk sebelumnya.

Dengan ukuran layar 5,5 inci, V5 Plus cukup nyaman saat berada di genggaman. Ponsel ini tergolong ramping dan tipis dengan dimensi 152,6x74x7,3mm, beratnya pun hanya 160 gram. Sudut bulat di ujung ponsel membuatnya terlihat dinamis.
Vivo V5 Plus, Penguntit iPhone dengan Kamera Depan BerlebihanFoto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma

Sebagai produk flagship, Vivo membekalinya dengan perlindungan Gorilla Glass 5 untuk ponsel unibodi ini. Di punggung, sepasang antena di ujung bawah dan atas membentang dengan elegan.

Berkat desainnya yang ramping dengan tombol volume dan power di sebelah sisi kanan ponsel masih oke saat dibawa-bawa dengan satu satngan. Sementara untuk tombol home, Vivo masih menggunakan tombol fisik sensitive touch.
Vivo V5 Plus, Penguntit iPhone dengan Kamera Depan BerlebihanFoto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma

Di bagian bawah terdapat lubang speaker, USB port, dan lubang untuk jack audio 3,5mm. Meski terkesan menumpuk di bawah, sebagai gantinya tiga sisi lain terlihat “bersih”.

Secara umum bisa dikatakan Vivo benar-benar memperhatikan segi desain untuk V5 Plus. Meskipun pada dasarnya desain V5 Plus berhutang pada desain iPhone 6.

Tampilan Layar

Sebagai penguntit model iPhone, V5 Plus punya kualitas layar yang mengesankan. Dengan layar 5,5 inci full HD dan resolusi 1920x1080, warna dan ketajaman layar cukup menonjol.

Saat mengujinya dengan memutar video, warna dan kontras dari layar lumayan menggiurkan.
Vivo V5 Plus, Penguntit iPhone dengan Kamera Depan BerlebihanFoto: CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto

Namun ketika mengulik lebih jauh, desain ikon aplikasi yang sangat menyerupai iPhone cukup mengganggu. Entah karena ingin memberi kesan saja atau ingin menggaet pengguna iPhone, sensasi mengoperasikan ponsel Apple itu saat sedang menggenggam Vivo sebenarnya sedikit ganjil.
Vivo V5 Plus, Penguntit iPhone dengan Kamera Depan BerlebihanTampilan antarmuka Vivo V5 Plus yang mirip iPhone (CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)

Akan tetapi sensasi tersebut tidak bisa mengesampingkan bahwa kualitas gambar yang dihadirkan oleh Vivo di V5 Plus termasuk menawan.

Performa Meyakinkan

Vivo membanderol V5 Plus dengan harga tidak murah yakni Rp5,5 juta. Dengan harga demikian, sudah sepantasnya pengguna berharap banyak dari ponsel ini.

Dari segi performa, Vivo mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 625 octa-core 2.0GHz. Sementara sistem operasinya masih Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka Funtouch 3.0 buatan Vivo sendiri.

Pada kapasitas memori, V5 Plus dibekali RAM 4GB dan penyimpanan 64GB dengan opsi penambahan kapasitas eksternal.
Vivo V5 Plus, Penguntit iPhone dengan Kamera Depan BerlebihanFoto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma

Pemindai sidik jarinya juga terbilang bagus. Cukup menempelkan jari ke tombol home, ponsel bisa terbuka dalam hitungan 0,2 detik.

Saat mengoperasikannya untuk pertama kali, V5 Plus terasa tanpa cela. Perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lain berjalan mulus. Sementara saat dipakai main game juga tak ada masalah.

Hanya saja saat bermain game untuk waktu lebih dari 30 menit, ponsel mulai terasa panas, bahkan cukup merisaukan. Padahal permainannya sendiri tidak mengalami lag berarti.
Vivo V5 Plus, Penguntit iPhone dengan Kamera Depan BerlebihanFoto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma

Dari segi baterai, V5 Plus yang punya baterai berkapasitas 3.055mAh tergolong efisien. Ia mampu menggunakan baterai lebih efisien berkat prosesor Snapdragon 625 yang memang dikenal hemat energi. Selain itu, ponsel ini juga lebih cepat menyimpan tenaga saat charging.

Sampai baterai V5 Plus benar-benar habis, butuh satu hari lebih dengan penggunaan normal termasuk untuk bermain game.

Kamera

Seperti diketahui, kamera adalah menu utama untuk seri V5. Sementara untuk V5 Plus, adalah kamera selfie berlensa ganda dengan bukaan f/2.0 yang jadi andalannya.

Di ponsel ini, Vivo memperkenalkan efek bokeh untuk pertama kalinya. Tak tanggung-tanggung, efek bokeh ini terletak di kamera selfie. Ini berbeda dengan vendor ponsel lain yang menerapkan efek bokeh di kamera belakang.
Vivo V5 Plus, Penguntit iPhone dengan Kamera Depan BerlebihanFoto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma

Memanfaatkan efek bokeh di V5 Plus tidak sulit. Cukup menyentuh gambar apa yang ingin difokuskan maka secara otomatis gambar lain akan jadi blur dengan begitu drastis. Bahkan setelah jepretan sudah diambil, titik fokus gambar masih bisa diubah dari objek A ke objek lainnya. Untuk kedalaman gambar pun, hasilnya terbilang bagus untuk ukuran kamera depan.

Malah jika boleh jujur, kamera depan V5 Plus terasa jauh lebih baik ketimbang kamera belakangnya yang beresolusi 16MP dengan bukaan f/2.2. Dua lensa di kamera depannya berperan banyak dalam menjaga kualitas hasil jepretan.
Vivo V5 Plus, Penguntit iPhone dengan Kamera Depan BerlebihanHasil kamera depan dengan efek bokeh (CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)

Saat mengambil foto dengan kamera selfie, lensa tambahan yang beresolusi 8MP berperan menjaga depth of field. Sehingga efek bokeh dari V5 Plus tak kalah mengesankan dengan efek bokeh yang dihasilkan kamera belakang berlensa ganda seperti yang dipakai oleh Huawei di P9.

Namun seperti sudah disebut di atas, kamera belakang V5 Plus cukup mengecewakan jika dibandingkan kamera depannya. Meski 16MP hasil jepretannya tak begitu tajam dan loyo saat di kondisi kurang cahaya.

Catatan lainnya adalah efek “pemutih” wajah dengan kamera depannya cenderung tak normal. Bagi sebagian pengguna mungkin suka dengan efek beautify tersebut, tapi jika hasilnya “terlalu bagus” dari kenyataan, wajar jika menilainya terlalu berlebihan dalam memanipulasi jepretan selfie.

Kesimpulan

Pertanyaan terakhir yang muncul adalah apakah harga Rp5,5 juta untuk V5 Plus sepadan dengan segala fitur yang Vivo tawarkan? Merujuk uraian di atas, agaknya harga tersebut cukup terbayar. Terlebih bagi mereka yang mengutamakan kemampuan kamera, khususnya kamera selfie.

Bisa dibilang dengan kualitas kamera depannya, V5 Plus adalah yang terbaik dibanding para rival dengan harga serupa. Hal itu juga didukung oleh performa chipset yang cepat dan desain yang menawan.
Vivo V5 Plus, Penguntit iPhone dengan Kamera Depan BerlebihanFoto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah baterai yang akan panas saat dipakai agak lama serta kamera belakang yang seharusnya bisa lebih baik. Sebab tak semua momen bagus ditangkap menggunakan kamera selfie belaka.

Alhasil bagi mereka yang tidak mengedepankan kualitas kamera, terutama kamera selfie, V5 Plus jelas bukan pilihan terbaik. Ada cukup banyak alternatif lain untuk memilih ponsel idaman dengan harga di level tersebut.

Sumber: [link URL]

 

indocoz
indocoz RSS
   Reg: 1 year ago
   Senior Member 274 reps My Blog
Gemini touchGemini sansa-clip-plus Indonesia Kamera-depan-8-MP

Posted 6 months ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.




Punya informasi bagus apa hari ini? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.