Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Perbedaan Mini PC VS Desktop PC
rss You are here: All : Share : Perbedaan Mini PC VS Desktop PC
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Perkembangan teknologi komputer rumahan terus mengalami perkembangan, itu terbukti dari adanya Perbedaan Mini PC VS Desktop PC. Lantas apa yang menyebabkan sampai muncul komputer “mini”?

Seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan mobilitas semakin tinggi. Dengan keberadaan laptop pun, ada kalanya kurang memuaskan, sebab baik layar yang kurang besar, keyboard yang kurang nyaman, hingga CPU yang kurang secara performa.

Berangkat dari sana salah satu kelebihan PC adalah CPU yang kuat. Karena ditopang karena ruang penyimpanan yang luas. Komputer jenis ini memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk menentukan periferal dan mengustomisasi komponen CPU. Orang yang punya PC pun dapat dengan mudah upgrade untuk mengikuti perkembangan teknologi.

Sekarang kita dibingungkan dengan adanya mini pc. Disatu sisi desktop PC banyak menghabiskan banyak tempat di meja. Nah untuk mengatasi ini kita sepertinya perlu juga mini PC. Namun dari manakah perbedaan dari keduanya?

Perbedaan Mini PC vs Desktop PC
Energy Consumption
Konsumsi listrik yang menjadi perbedaan. Karena daya listrik yang dibutuhkan mini pc maupun desktop pc jelas berbeda. Daya mini PC tergolong kecil, dengan rata-rata menghasbiskan listrik 10-12 watt dalam pemakaian normal. Lain halnya dengan desktop PC banyak menghabiskan daya listrik. Bisa mencapai 300-500 watt dalam pemakaian normal.

Sebagai bentuk mendukung hemat energi. Banyak perusahaan sudah mulai menerapkan mini PC sebagai kegiatan operasional mereka. Karena mini PC juga bisa menjadi solusi bagi yang ingin menghemat energi.

Baca Juga : Perbedaan vga nvidia vs amd

Keterbatasan Memori
Memori yang dipunyai oleh Perbedaan Mini PC dan Desktop PC memiliki jenis yang berbeda. RAM dan media penyimpanan bisa diganti. Pertanyaannya bagaimana kita tahu kalau komputer sekecil itu ternyata memiliki RAM besar yang ternyata bisa kita upgrade? Justru bisa dan bahkan menggunakan RAM Laptop yang harganya lebih mahal. Slot DIM pun hanya disediakan satu atau dua.

Dari segi format memori mini PC hanya mendukung SSD M.2, yang meskipun lebih mahal juga punya kecepatan yang lebih tinggi. Jenis lainnya adalah hard drive 2,5 inci yang jika dipasangkan dengan HDD bisa mencakup storage yang lebih besar. Untuk Desktop PC bisa terdongkrak jika mempunyai SSD drive.

Baca Juga : Sekarang sudah zamannya Komputer stick

Daleman Yang Bisa Diganti
Tidak langsung memberikan impact nyata. Namun kehadiran mini PC perlahan menunjukkan hasil yang pasti. Kini orang tidak perlu susah-susah bikin meja komputer yang luas karena keterbatasan ruangan yang sempit. Dengan adanya mini pc permasalahan tersebut sudah teratasi.

Beberapa yang menjadi pertimbangan para pengembang mini PC adalah tidak bisanya processor diganti seperti halnya desktop PC.Pada mini PC kita tidak akan menemukan kartu grafis terdedikasi.

Perbedaan Kental :

Performa mini PC tidak secepat Desktop
Mini PC tidak bisa untuk gaming dan program kinerja grafis
Namun terdapat Perbedaan Mini PC yang menyebutkan ternyata komponen mini PC bisa diganti. Komponen tersebut Yaitu memori dan media penyimpanan. Sudah menjadi bukti kalau mini PC meski mungil tetapi bisa juga kamu ganti RAM dan hardisk ssd-nya.

Baca Juga : Raspberry pi Komputer terkecil dan termurah di dunia

Ukuran Jelas Beda
Perbedaan yang jelas kita lihat adalah dari segi ukuran. Digambar juga sudah terlihat yah mini PC kecil dan Desktop PC besar. Untuk ukuran mini PC kita menyebutkan tinggi dan panjang mempunyai 120 mm. Dengan ukuran segitu kamu bisa membawanya kedalam tas, dan masalahnya kamu harus mencari monitor ketika hendak menyalakkan komputernya.

Jika kamu dahulu melihat meja komputer banyak komponen seperti keyboard,mouse,monitor sampai speaker. Dan Desktop PC kita yang ternyata menghabiskan tempat meja. Dengan adanya mini PC kamu bisa memasangkannya di belakang monitor, nantinya meja kerja terlihat rapi dan luas.

Baca Juga : Tips agar Komputer awet dan tahan lama

Sekarang waktunya kamu menentukan apakah ingin membeli mini PC atau Desktop PC. Secara umum harga mini PC dipasaran atau toko online seharga 1 - 2 Juta rupiah. Sedangkan Desktop PC bisa seharga 3 - 4 Juta. Memang ini tergantung dengan kebutuhan. Namun jika kamu belum mengetahui perbedaannya, bagaimana mau tahu jika mini pc atau desktop pc yang benar menjadi kebutuhan?

 

kangkungmerah
   Reg: 1 year ago
   Veteran 774 reps My Blog
Compare Complaint Computer

Posted 4 months ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.




Punya informasi bagus apa hari ini? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.