SERVICEPRO.ID ADALAH SOFTWARE UNTUK PARA TEKNISI DAN BISNIS JASA SERVIS

 

Blog entries oleh titui

1 decade ago   -   0 comments   -   1.7K views
vote up
0
vote down
Desain

Ponsel dengan ketahanan yang ekstrem biasanya memiliki desai bulky, tidak menarik, berat dan dilengkapi dengan tombol karet yang keras. Lalu bagaimana dengan Xtreme ini? Tubuhnya memang dilapisi oleh karet, namun lihatlah desainnya yang modern dan pemilihan warna yang eye catching ini. Sungguh tak nampak sebagai ponsel luar ruang yang tangguh diajak ke medan berat macam pegunungan bahkan lautan sekalipun.

Sudahlah, jangan lagi berlama-lama. SmS yakinkan kepada pembaca sekalian bahwa papan tombol yang dimiliki nyaman digunakan. Bahan karetnya tetap memungkinkan Anda mengetik SMS secara cepat. Tiap tombol dibuat menonjol dengan ukuran pas buat jari.

Secara keseluruhan body ponsel ini didominasi warna hitam. Hanya saja warna merah yang memberi kesan macho bisa menjadi penunjang penampilan Anda. Di bagian tepi kanan ponsel terdapat tiga buah tombol yakni tombol catu daya senter yang terletak persis di bagian atas tombol, lalu dua lainnya adalah tombol volume. Sedangkan di sisi satunya hanya terdapat port untuk USB sekaligus handsfree. Beralih ke bagian atas, selain ada senter seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat juga lubang pengait yang bentuknya menonjol pipih ke atas. Secara keseluruhan, ponsel ini mantap di genggaman dan ringan dimasukkan ke dalam saku.

Salah satu kunci tangguhnya ponsel ini terdapat di pengait (semacam baut) casing belakang yang harus diputar untuk membuka maupun menguncinya. Sehingga penutup baterai dijamin bebas dari rongrongan air maupun kotoran.


Layar

TFT 256 ribu warna dengan resolusi 120 x 160 pixel nampaknya memang kurang mendukung performa ponsel ini. Sayang sekali. Seperti ketika SmS mencoba menginstal sebuah aplikasi Java, software yang dijalankan menampilkan gambar yang terpotong, tidak utuh. Rasa-rasanya ini sebagai konsekuensi dari penggunaan material dan bahan kedap air. Yah, memang selalu harus ada yang dikorbankan.

Namun jangan dulu kecewa. Personalisasi yang ditawarkan cukup lengkap, bahkan sangat menarik. Tema layarnya ada tiga, itu belum termasuk dari yang bisa Anda kreasikan sendiri. Datang dari generasi baru membuat Xtreme memiliki tampilan layaknya ponsel Samsung anyar lainnya, mulai dari tampilan siaga, menu hingga sub-menu. Pokoknya modern, deh!


Multimedia

SOS Message merupakan trade mark dari Samsung, dan penyertaannya dalam seri ini sungguh tepat. Bayangkan jika Anda tersesat ketika sedang mendaki gunung, dengan tangan membawa berbagai perlengkapan atau bahkan berpegangan terhadap sesuatu, rasa-rasanya sulit untuk Anda mengetik SMS secara biasa.

Selain itu Mobile Tracker versi 2.0 juga melengkapi kenyamanan Anda jikalau ponsel Anda tiba-tiba hilang, entah dicuri ataupun ditemukan seseorang. Karena setiap kartu SIM diganti, kartu SIM tersebut akan dengan diam-diam (artikan dengan sebenarnya, Anda tidak akan sama sekali mengetahui ponsel ini mengirimkan pesan kepada nomor yang telah diset sebelumnya, kecuali pulsa Anda tidak mencukupi hingga muncul pesan dari operator Anda) melakukan fungsinya yang sangat membantu tersebut.
Kameranya (hanya) mendukung resolusi maksimum 1.3 MP, dengan hasil yang cukup baik dibanding saudara tuanya semacam X700. Hasil videonya justru aneh. Dengan resolusi yang hanya mendukung 176 x 144 pixel, hasilnya pecah ketika digunakan untuk merekam video di luar ruang. Namun suaranya sangat mantap, jernih dan keras. Lalu mengapa aneh? Karena SmS merasa terpuaskan ketika justru merekamnya dari dalam akuarium! Mungkin karena jarang-jarang yah bisa merekam dari dalam air?

Walau pecah, tapi dimensi berbeda yang didapatkan sungguh menimbulkan kepuasan tersendiri.
Internetnya tanggap ketika pertama kali digunakan, juga di penggunaan berikutnya. Koneksi menggunakan jaringan EDGE milik Axis terbilang lancar, namun bukan tanpa kelemahan. Browsernya tidak mampu menampilkan situs dengan sempurna, bahkan situs berbasis mobile sekalipun. SmS ingin mencoba mengatasinya dengan mengecilkan tipe huruf maupun menghilangkan gambar, namun sayang opsi pengaturannya tidak ada.

Ada juga Radio FM dengan fitur seperti yang Cinta Laura bilang, “bisa direkam dan dijadikan ringtone...” Ditambah jadwal kapan aktif dan kapan nonaktif dengan pilihan waktu 30 menit, 1 dan 2 jam, yang juga terdapat pada di fitur pemutar musiknya; sangat berguna bagi Anda yang suka mendengarkan siaran radio maupun musik sebelum tidur, tapi acap kali membiarkannya nyala hingga pagi. Ekualiser yang tersedia melingkupi Bassbooster, Treblebooster, Pop, Dansa, Rock, Jazz, Klasik, Spokenword (yang relatif baru) selain Normal. Oya, Samsung Xtreme juga dapat digunakan tanpa kartu SIM.


Daya Tahan

Mungkin ini yang Anda tunggu-tunggu. Kemampuan bertahan Samsung Xtreme memang dapat membuat penggunanya merasa tenang. Pihak Samsung bahkan memakai standar militer Amerika (MIL-STD-810F) dalam membuat produk unggulannya kali ini.

Tes pertama adalah uji benturan. SmS “paksa” Xtreme untuk menuruni tangga kantor redaksi SmS. Agak tertatih, namun Xtreme lulus dari ujian pertamanya.

Tes kedua yang cukup menantang, yakni “membenamkan” si Xtreme di lumpur sambil menyiraminya dengan air bertekanan cukup. Tes ini dilakukan di sebuah halaman masjid yang memiliki lubang tanah pada pekarangan rumputnya pada suatu pagi. Ternyata ada seorang bapak yang sudah cukup tua melmperhatikan dari jauh ketika SmS mengangkat Xtreme dari kubangan dan membilasnya. Ia lalu memberi saran, “Di lepas baterainya, dik. Terus dijemur...” Padahal ternyata Xtreme mampu melewati ujian kedua ini juga dengan baik. Tak perlu dilepas baterainya segala, apalagi dijemur.

Tes ketiga? Mari kita ajak dia berenang. Akuarium di kantor SmS pun menjadi tempat yang menarik untuk dijelajahi, sekalian menjalin silaturahim dengan para ikan yang begitu jarang SmS sapa. Mumpung bertepatan dengan bulan puasa juga. Hasilnya? Ada sedikit kendala di sini. SmS melakukan “retake” beberapa kali dan setiap kali take SmS melakukan uji panggil kepada Xtreme. Pada take pertama ponsel masih bisa menerima panggilan .dari dalam akuarium. Namun pada take kedua dan ketiga, setelah berada di dalam air ponsel tidak mendapatkan sinyal sehingga gagal dihubungi. Operator yang digunakan adalah Axis dengan sinyal penuh ketika masih berada di dalam akuarium. Namun, secara keseluruhan ponsel masih bisa berjalan dengan baik.

Tes terakhir yang tak kalah ekstrem adalah uji ketahanan di suhu dingin. Malam sebelum tidur, SmS telah menyiapkan gelas kaca berisikan air sebanyak ¾ bagian dan memasukkannya ke dalam lemari pembeku (freezer). Lalu selepas sahur, SmS menenggelamkan Xtreme ke dalam gelas tersebut lalu kemudian membiarkannya selama beberapa menit di dalam lemari pembeku. Sebelum mengeluarkannya, SmS melakukan panggilan dan ternyata dapat masuk. Xtreme juga masih dapat difungsikan seperti biasanya tanpa kendala.

Jika penasaran seperti apa proses review yang SmS lakukan, atau bagaimana sih hasil rekaman ketika Xtreme dijatuhkan, disiram, atau direndam? SmS – spesial dalam Deep Zooming ini – telah menyediakan link situs YouTube masing-masing sesi tes yang bisa Anda coba langsung. Semoga bisa mengobati rasa penasaran Anda, yah! Perlu diketahui, tidak banyak loh video tes buatan lokal yang bisa Anda temukan di YouTube .


Kesimpulan

Sejatinya seri “B” merupakan ponsel kelas dasar yang dikeluarkan Samsung. Maka jangan berharap lebih dengan kemampuan multimedianya. Harga lebih yang ditawarkan (cek rubrik “Price”, semua Samsung seri B berada di bawah satu juta) adalah untuk kehandalannya menghadapi kegemaran, kecerobohan, atau mungkin hanya keisengan Anda. Baterainya cukup mumpuni, dan lampu senternya sangat membantu. Jadi, tunggu apa lagi? (RedPel Tabloid SmS)

 

Samsung

 


1 decade ago   -   0 comments   -   958 views
vote up
0
vote down


Haier (hai=sapaan, er=penunjuk orang, haier=penyapa? ) 1100
warnanya (yg gw punya) puti muluuuz...

cuma sayang, keypad-nya rada keras..
bahan karet nih kayaknya..
dilego sama perdana SMART.

overall,, gw cuman demen sama penampilannya.
baru pertama kali punya hape putih (bukan silver) gini..

ada yg udah punya juga?
ato.. mo punya?

kita repiew di sini yaaah...

 

CDMA Others

 


1 decade ago   -   18 comments   -   2.2K views
vote up
0
vote down


Kita pasti sudah tahu betul bahwa salah satu kelemahan ponsel-ponsel Samsung selama ini adalah pada daya tahan batere yang ..

nah, pada situsnya, samsung.com/id, dikatakan bahwa ponsel ini memiliki daya tahan yang lama karena menggunakan batere kapasitas 1000 mAh:

"Battery Standard
Talk time up to 5 hours
Standby up to 400 hours
Capacity 1,000mAh
Talk time 9H
Standby 255H"

benarkah??
adakah teman-teman Fp yang menggunakan ponsel ini?

gw udah dari dulu pake Samsung dan kali ini rencananya mau beralih dulu ke Phil**s Xenium 9@9z karena lagi ga butuh kamera (radio & Java cukup laa..) serta yang terpenting daya tahan batere.. kalo Samsung B200 ini benar2 bisa tahan antara 10 hingga 16 hari, waaa... patut diperhitungkan nih!

Pertanyaan:
Mengapa pada spesifikasi di atas sampai ada 2 stand by dan talk time, yah??

 

How-to Photo Samsung

 


1 decade ago   -   314 comments   -   36.9K views
vote up
5
vote down
Tak ada yang berminat untuk membahas ponsel yang menyeruduk masuk ke whistlist ini..?


Hari ini sudah masuk iklannya di Kompas. Belom tau harganya,, tapi waktu browsing tadi berada di kisaran 4 jutaan.. Masiiih...aja mahal!

 

Samsung

 


 

titui
30
Explorer

 

RSS

 

Stats
Register: 1 decade ago
(Aug 29, 2002 04:42 am)

Total topic: 4 topics
Total ads: 0 ads
Total review: 1 reviews
Total sharing: 3 shares

Blog views: 640 hits

 

Recent post