SERVICEPRO.ID ADALAH SOFTWARE UNTUK PARA TEKNISI DAN BISNIS JASA SERVIS

 

Blog entries oleh ryolasta

1 decade ago   -   3 comments   -   3.4K views
vote up
0
vote down

sekedar cerita ajah….

sekitar 3 bulan terakhir, gue memutuskan untuk beli hape triple on GSM, dan diisi kartu mentari indosat, as telkomsel dan xl.

kenapa? karena gue belakangan ini sering perlu nelponin orang2, dan kalo nelpon dari kartu halo pascabayar itu.. weleh… bukan main mahalnya.

ada hal yang menarik minat gue dalam menggunakan ketiga kartu prabayar tersebut, dan gue ga mempelajari sebelumnya tentang skema tarif ketiga operator tersebut. rules-nya adalah nelponnya harus ke sesama operator. jadi dari as nelpon ke halo/as/simpati, dari mentari telpon ke im3/matrix dan dari xl ya telponnya ke xl.

waktu awal2 make, lumayan sering ngecek pulsa sebelum nelpon, terus nelpon, terus ngecek pulsa setelah nelpon. dan perlu diingat, gue ga pernah ngambil paket2 yang ditawarkan oleh para operator tersebut, jadi cuma aktifasi pertama kali, dan langsung pake.

kesimpulan yang gue dapet setelah make sekitar 3 bulan, adalah kartu prabayar murah dipake buat nelpon, biayanya jauh lebih murah daripada pake kartu berlangganan.

yang paling gampang gue ambil contoh adalah penggunaan kartu halo dan kartu as, karena paska bayar yang gue pake adalah kartu halo.

nelpon dari kartu as ke sesama telkomsel, kalo pagi - siang tu Rp20/menit. siang - sore sedikit lebih mahal, dan sore malem paling mahal. jadi gue jarang nelpon kalo malem.

sedangkan kartu halo, nelpon ke sesmaa telkomsel, pukul rata, sepertinya kalo ga Rp600 atau Rp800 per menit lah gitu.

mentari, buat nelpon ke sesama indosat, cukup murah. pagi - siang itu Rp50/menit, siang - sore itu Rp100/menit, malem Rp200/menit. kalo ga salah sih ini juga, berdasarkan ingetan aja. tapi kayaknya sih lumayan bener.

sedangkan xl sama kayak telkomsel kurang lebihnya, pagi sampe sore ke sesama xl Rp25/menit… begitu malem…mwuahalll.

dari semua kartu itu, kalo nelpon ke operator lain… mwuahall. gue pernah test telpon dari as ke esia 30 detik apa satu menit gitu lupa, dicasnya Rp600 kalo ga salah. enaknya pake as bisa cek langsung pemakaian terakhir dengan *887#, kalo operator laen ga ada yang bisa.

karena udah pusing dan males ngitung secara detail, gue coba aja isi pulsa 25rb untuk masing-masing operator. ternyata bisa awet sebulan lho… dengan intensitas nelpon yang lumayan tinggi di pagi dan siang hari. malem gue jarang nelpon pake kartu prabayar itu karena tau mahal. yang enggak terlalu mahal cuma mentari.

kalo buat sms, no comment, karena seringkali (gue lupa tapi operatornya), ada yang ngasih sms gratis sampe 1000 sms sehari ke seluruh operator setelah pemakaian berapaaa gitu. tapi berhubung hape triple on gue ga enak dipake buat sms karena lelet, jadi gue jarang sms :)

moral dari cerita: jangan gunakan paska bayar khususnya halo buat nelpon ke semua operator…. mahal.

pertanyaan buat operator: kenapa sih, kalo prabayar dimurahin tarip nelponnya, tapi kalo pasca bayar dimahalin? walaupun persentase pemakai paska bayar di indonesia sepertinya kecil, tapi setau saya ARPU-nya gede lho per bulannya.

demikian

 

GSM Prabayar Paska-bayar Tariff

 


1 decade ago   -   13 comments   -   4.5K views
vote up
0
vote down

hmmmm…. mulai dari mana yah…

oke, gini ceritanya

18 November 2010 yang lalu gue ke Grapari Telkomsel di rawamangun, karena gue ngeliat di rincian tagihan gue, gampangnya tagihan november 2010 deh, untuk berlangganan flash small denominasi yang Rp50rb, gue dicharge 2x, di print outnya terlihat jelas.

singkat cerita gue minta refund, kata CS-nya kemungkinan besar bisa direfund. disinilah gue jadi agak emosi. karena ini jelas bukan kesalahan gue.

rulesnya kan gini: ini misalnya ya, bukan kejadian sebenarnya, tapi intinya kurang lebih gini

misalnya 1 November 2010 jam 13:00 WIB, sms request langganan flash rp 50k/125MBperbulan, dapet jawaban dalam diproses, kemudian terus gue kirim sms request lagi jam 13:20, seharusnya sms request yang kedua langsung ditolak sama sistemnya telkomsel.

atau

jam 14:00 WIB sms request, kemudian ada sms konfirmasi berhasil, tapi terus gue sms request lagi jam 14:25 misalnya, nah… seharusnya sms request yang kedua langsung ditolak sama sistemnya telkomsel.

intinya, bisa dibilling 2x untuk periode tagihan yang sama seharusnya tidak mungkin.

nah, akhirnya sama mbak ayu (nama cs-nya) diproses, dan berhubung udah tanggal 18 november sementara billing cycle gue tanggal 20, gue minta secara spesifik agar segera diproses, dan jangan sampai tagihan berikutnya gue dapet masalah ini lagi.

nah… kemaren baru dapet tagihan telkomsel lagi, sebutlah tagihan desember 2010. gue cek… bener… ternyata kena tagih 2x lagi. tapi anehnya, kok ada adjustment sebesar kurang lebih 340rb, kebanyakan dong, harusnya kan kalo emang udah diproses permintaan gue, adjustmentnya cuma 50rb.

jadilah akhirnya tadi pagi gue ke grapari di rawamangun lagi. gue bawa semua data komplen gue sebelumnya. sekalian gue tanya ini kenapa ada adjustment 340rb itu. jawabannya cukup mencengangkan. ternyata 340rb itu adalah adjustment untuk tagihan bulan sebelumnya, yaitu oktober 2010.

kaget dong, karena gue ga dapet print out tagihan yang bulan oktober 2010, terus ditunjukin. cukup mencengangkan, karena disitu keliatan berkali-kali gue dicharge untuk langganan small denominasi yang 20rb…. terus gue inget, memang dulu pernah gue langganan paket opera mini rp1000/hari, terus gue mau coba langganan small denominasi yang 20rb.. nah bolak balik dibilang gagal, silakan mencoba lagi. ternyata, setiap kali gue sms request, walaupun requestnya itu gagal, tapi tetep di charge.

lucunya, tadi gue tanya, jadi ini yang adjustment 340rb itu apakah sudah termasuk adjustment yg 50rb (kelebihan charge flash yg di bulan november 2010).... katanya belum…........... speechless

positifnya: gue ga komplen yang tagihan bulan oktober 2010, tapi ternyata ditelusurin sama telkomselnya, dan langsung diadjust….
negatifnya: lha… yang november 2010 kenapa ga sekalian di adjust? terus kenapa juga gue masih kena 2x charge untuk hal yang sama, padahal kuota gue juga tetep 125mb, kaga jadi 2x lipet juga.

huadhuh… cape dah, bisa jadi gue minggu depan kesono lagi kalo emang ternyata billingnya masih bermasalah gini.

ampun deh. ada yang ngalamin kayak gue ga ya?

salam

 

Telkomsel Telkomsel-flash

 


1 decade ago   -   0 comments   -   1.3K views
vote up
0
vote down
Motorola A3100 yang dikenal dengan nama Motosurf ini menarik perhatian saya secara fisik sejak pertama kali melihatnya di sebuah tabloid tentang ponsel yang terbit di Jakarta. Setelah membaca spesifikasinya, menurut saya fiturnya lumayan lengkap untuk keperluan saya, yaitu build in GPS untuk navigasi di Jakarta, sistem operasi terbuka (windows mobile 6.1), touchscreen, serta trackball.

Review akan dibuat secara sambung menyambung berdasarkan pemakaian saya pribadi dan pendapat saya pribadi tentunya, kalau terkesan subyektif, mohon dimaafkan sebelumnya.

Harga Pembelian: Rp3.499.000,-
Availability: jarang banget, waktu beli di gerai motorola di senayan city, stock-nya cuma ada 5.

What's in the box
Pada saat membeli ponsel ini, kardusnya tidak mencerminkan bahwa ponsel ini ponsel bisnis, kesannya biasa aja, malah cenderung murahan. demikian pula pada saat membukanya.. tidak ada kesan mewah (padahal menurut saya model ponselnya tuh elegan/mewah). well, anyway, it's more important to see what's in the box instead of looking at the box .

1 unit ponsel, 1 stylus telescopic (bisa panjang-pendek), 1 tutup batre, 1 batere bt-60 1170 mah, buku panduan singkat, CD PC suite, charger, kabel data, handsfree, dan microSD 1GB.

yang menarik, plastik transparan penutup layar ponsel, ada gambar2nya, yang menunjukkan letak tombol power, tombol volume, trackball, dan tombol kamera. kemudian pada tutup batre juga dilapis plastik transparan yang ada gambar petunjuk cara membuka/memasang tutup batre tersebut.

Handset, build quality and screen
Kesan pertama setelah memegang ponsel, body ponsel sebagian besar terbuat dari plastik dan terasa licin pada saat dipegang. Namun pada saat dipegang, kesannya mantap. mungkin karena ponselnya terasa agak sedikit berat. build quality-nya sangat baik, bisa dibilang tidak ada bagian yang berbunyi "kriyet-kriyet", yang biasanya ada pada bagian belakang tutup battery. bagian tutup batere sepertinya terbuat dari alumunium dengan logo M berwarna silver chrome pada bagian tengahnya.

pada saat pertama kali menyalakan tombol power, si windows mobile langsung meminta kalibrasi layar sentuh-nya, kemudian setting jam dan tanggal. setelah selesai, kemudian ponsel akan melakukan restart secara otomatis, di mana pada boot up berikutnya, secara otomatis ponsel menginstall aneka aplikasi pre-installed yang ada di dalam ROM. proses ini memakan waktu beberapa menit. setelah restart berikutnya... barulah muncul home-screen motorola yang secara default menggantikan today screen dari windows mobile.

visibility layar kalau di indoor sangat jelas, namun visibility dari derajad kemiringan tertentu kurang baik. kualitas layar juga sangat menurut pada saat dilihat di outdoor dengan sinar matahari yang sangat terang, tampilan di layar ponsel agak sulit untuk terlihat. Satu hal yang menarik dari layar sentuh A3100 ini, sudah menganut full cover kalo istilah saya. maksudnya gini, pada ponsel layar sentuh milik saya sebelumnya (SE P1) ataupun pada ponsel layar sentuh milik istri saya (SE X1), konstruksi layar posisinya ada di dalam, tidak rata dengan titik terluar dari bingkai layar. errrr... gimana ya njelasinnya, jadi kalo P1 dan X1, bagian pinggir frame layar itu membentuk sudut dengan layar sentuhnya (ada lengkungan ke dalam), sedangkan kalau A3100 rata. kalau pada P1/X1, yang agak mengganggu mata adalah debu/kotoran seringkali menempel di pinggiran layar dan sulit untuk dibersihkan (karena cegok kedalam dan membentuk sudut itu), beda dengan A3100, it will never happened. karena rata. konstruksi layar A3100 ini mirip/sama dengan konstruksi layar SE W960. maap ga bisa bandingin dengan device HTC atau hape totol-totol yang laen karena punya-nya cuman itu, jadinya bisanya ngebandinginnya sama yang itu itu aja

jenis layarnya resistive (itulah sebabnya disediakan stylus) bukan capacitive (finger only, ga isa pake stylus) seperti yang dipake sama iphone. nah... disini menariknya. setelah make a3100 sekitar sebulan, rasa-rasanya emang dasar windows mobile 6.1-nya aja yang secara standar ga finger friendly. saya ambil contoh gini, apabila kita mengakses suatu aplikasi dari start menu-nya si windows mobile, nah.. asli, ga ada cakep-cakepnya tampilannya. udah gitu totolannya ga sensitif. tapi pas dipakein launcher 3rd party apps gitu (spb mobile shell 3), eh... finger friendly banget. untuk response layar sentuhnya menurut saya pada kategori baik. tidak sangat baik, tapi jauh di atas cukup. memang untuk touch-nya agak perlu sedikit ditekan, tapi kalo udah terbiasa, lama-lama seharusnya tidak menjadi masalah.

sementara itu dulu, nanti dilanjut lagi.

 

Motorola

 


1 decade ago   -   16 comments   -   990 views
vote up
0
vote down
Lagi pengen punya hape yang bisa ditotol-totol, yang udah ada build in gps dan bisa diinstall garmin mobile XT, yang bisa document editor, yang bisa nyetel video divX tanpa harus konversi lagi, yang layarnya gede resolusinya WVGA, yang punya kibor QWERTY (hardware, atau on screen kibor tapi yg pencetannya gede), yang udah 3G, HSDPA juga boleh lah (walau saat ini belum kepake sama gw), blutud A2DP harusnya, dan wifi bolehlah.

tapi selain SE X1 (Xperia)

apaan yah?

eh... tambahan
ada radio juga deh...

sementara itu dulu.

 

General How-to GSM

 


1 decade ago   -   37 comments   -   6.5K views
vote up
1
vote down
iseng ah... nulis tentang beginian,

ngomongin bujet buat internetan ... kisaran 100rb - 150rb per bulan lah......

1. flash basic unlimited
bandwith 256 kbps, di mana setelah jumlah volume data pemakaian (sent and received) menjapai 3GB... maka bandwith akan turun jadi 64 kbps.

biaya yang dikeluarkan adalah Rp125rb per bulan, cuma bisa kartu HALO... jadi untuk simpati dan as selamat gud bai.

setelah make selama kurang lebih 3 bulan... ada naik turunnya.. gue ngerasa flash unlimited basic ini koneksinya paling stabil diantara internetan yang gw pake lainnya (baca: broom unlimited dan IM3 dengan indosat@durasi yang pake voucher khusus internet... akan dibahas lebih lanjut di bawah).

sempat mengalami masalah susah konek, dan keputus2 melulu setiap 1-2 menit. ternyata masalahnya adalah halo cek (fitur untuk ngecek jumlah pemakaian.... yang ketik *888# atau *887#)... itu harus di non aktifkan. habis itu selebihnya lancar jaya. so far belum ada complaint dari gue untuk si flash unlimited basic ini, kadang ada masalah dengan jaringan... tapi masih acceptable buat gue. ditambah lagi... emang sinyal telkomsel di rumah tuh full abiez....jadinya manteb.

awal2 sempet bermasalah dengan billing yang ngaco (klasik... tidak ada pemberitahuan aktif, bisa dipake... ternyata kena casnya volume based Rp10/kb)...... tapi bisa diselesaikan pada akhirnya.

performa: bagus sih (paling enggak yang gue pake dan didaerah gue tentunya). buat browsing buka page loading nda terlalu lama, buat dongdod pake flashget juga stabil..... jarang idle.

pemakaian bener2 unlimited, 125rb sebulan bisainternetan. yang dilimit bandwithnya aja. asik kan? cocok buat yang ga perlu internet cepet banget, light internet, ga hobi dongdod file bergiga giga. as for me, 3GB sebulan itu ga pernah nyampe......

flash unlimited basic ini gw pasang di nomer utama gue yang buat telpon2nan... dan di pasang di P1 gue. enak... bisa cek imel sesuka hati, download email dengan attachment gede ga pusing, bisa browsing lewat hp, chat de el es be, kadang download mp3 beberapa lagu... dijamin ga abis deh itu kuota 3GB. cuma sialnya, karena jadi satu sama nomer utama, kalo lagi dicopot buat jadi modem... hiks... takutnya ada yang nelpon tapi ga bisa ngangkat....... okelah buat menunjang pekerjaan yang mobile yang kadang perlu ngenet di luar kantor/rumah.

2. im2 broom unlimited
bandwith 256 kbps, apabila pemakaian volume data (sent dan received) sudah mencapai 2GB.... bandwith akan turun jadi 64 kbps.

harga perdana-nya 150rb rupiah.... dapet voucher 100rb... yang bisa dipake untuk satu bulan ngenet.

cukup stabil, karena sinyalnya ga sebagus HALO di rumah... jadi kurang apple to apple rasanya untuk perbandingannya. idle kadang2.... ga sering. solusinya kalo gitu tinggal diskonek terus konek lagi.

buat dongdod pake flashget juga oke.

selisih 25rb dengan flash unlimited... harga yang dibayar untuk bandwith 256kbps selisih volume 1GB...

prabayar... jadi ga pusing bayar tagihan tiap bulan. kalo ga ada duit.. ya ga ngenet... hehehe....masa tenggangnya lumayan lama tuh..... oh iya, ada sedikit sebelnya....masa aktif gue udah abis, pas mau top up kan harus ke websitenya untuk login... nah.. itu kapan kemaren nyoba... lemots-nya luar biasa.... jadinya males deh beli pouchernya. didiemin aja dulu.

3. im3 dengan voucher internet khusus... indosat@durasi
baru dijajal 2-3 hari belakangan ini.... gw belinya nomer im3, 10rb aja perdananya.. dapet pulsa 5rb... iseng beli pulsa lagi 10rb buat nambahin masa aktif, terus beli pulsa khusus internet 10rb... dicek di *388*1#.. ternyata dapet 500 menit.

bandwith up to 256 kbps... great. cuma idle-nya kadang lebih parah daripada brum unlimited. jaringannya sepertinya beda. brum unlimited berjalan di jaringan HSDPA, kalo indosat@durasi im3/mentari ini.. berjalan di jaringan UMTS/3G.

oops... lunch time... mau makan dulu... nanti diterusin.

tulisan ini cuma sekedar sharing aja... berdasarkan pemakaian gue pribadi. all opinion here is very subjective, karena berdasarkan pengamatan dan pengalaman pribadi gw... hehehehe

 

General GSM Operator Compare

 


1 decade ago   -   39 comments   -   6.4K views
vote up
0
vote down
Dulu pernah ada yang menanyakan tentang SE MD-300 ini, tepatnya di sini

dalam rangka menyambut internet unlimited dengan biaya yang agak lumayan terjangkau saat ini (maksud gue internet unlimitednya telkomsel yang paket basic ), ga ada salahnya ngebahas produk yang udah diumumin di bulan November2007 yang lalu oleh SE, dan sepertinya bakalan muncul sebulan dua bulan lagi di Indonesia *marikitadoakanbersamasama*


LATAR BELAKANG
kenapa gue mau ngebahas USB modem si SE ini? ya karena gue udah langganan tsel inet yang basic... dan rasanya sayang kalo hp dijadiin modem terus2an. so.. mulailah gue hunting mencari USB modem buat GSM. kenapa USB? biar gampang aja dipindah2in antar PC.

tadinya sih ga kepikiran tentang MD-300 ini, yang bertebaran dijual baik di internet maupun di toko2 komputer (sampai tanggal gue posting ini) antara lain Huawei E220, E270, E272 yang terakhir ini bentuknya seperti UFD sama dengan MD300. Terus ada lagi Sierra Air Card, sama Option Globe, dan ZTE yang dibundling sama IM2.

kenapa gue masih belum beli produk2 di atas sampe sekarang? simpel. rata2 yang beredar adalah hasil unlock dari vodafone, brand-nya yang disablon di modem2 tersebut vodafone. Paling Huawei E220 udah dilock sama telkomsel jadi paketan flash. ga menariklah. Gue pengennya yang brandnya masih Huawei (logo di modemnya).. dan bergaransi paling enggak 1 tahun. demikian pula Huawei E270.. yang gue temuin rata2 unlock vodafone. E272 juga begitu. dari harga termurah yang gue temuin di pasaran, yang harganya paling murah garansinya 3 bulan... paling mahal garansinya setahun, tapi selisihnya lumayan.. sekitar 500 - 600rb. itupun garansinya juga distributor, dalam artian gue ga tau,yang jadi distributornya siapa? terus bakalan idup terus ga tu distributor, serpisnya kemana, de el es be lah...

FIRST SIGHT
eh... tadi pagi, temen kantor sebelah (kebeneran nyari modem USB juga dia), ngomong ke gue.. "kalo yang ini bagus ga??"

gue ngelongok kekompie dia... dan muncullah gambar dibawah ini



wihhh... cakep... brand SE, USB modem form factornya seperti flashdrive (beda dengan huawei e220 dan e270 yang masih harus pake kabel mini usb)... yang nyamain form factor SE MD-300 ini yg gue tau Huawei e272 dengan brandingan vodafone...

baru ngeh... modelnya dicolok ke lappie vaio... sodaraan

bahan bacaan referensi lengkapnya silakan klik di sini

dikutip dari website produsen, yang mau liat video demonya silakan ditonton disini

udah dibaca referensi lengkapnya? mari yuk ngebahas lebih dalem lagi.

SPESIFIKASI

ga dibahas semuanya yah.. yang menarik buat gue ajah...

Quote:

Berat

* 35.0 gr
* 1.2 oz

Ukuran

* 70.0 x 32.5 x 15.0 mm
* 2.8 x 1.3 x 0.6 inci




kalo ngomongin ukuran... ringan yah.. panjang 7cm.. tebel 1,5 cm.. lebar 3,2 cm.. kecil lah (yang pasti kalo dibanding e220 ato dibanding sama option globe)

Quote:

Jaringan

* GPRS 850/900/1800/1900 MHz
* UMTS 850/1900/2100 MHz
* HSDPA 850/1900/2100
* EDGE 850/900/1800/1900 MHz




jaringan sepertinya cukup kumplit yah... dari GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA, okelahhhh....


Quote:

* Antena terpadu, sepanjang 15mm




build in antena, ga pake antena external... bagus, ga ribet... semoga nangkep sinyalnya cukup kuat.

Quote:

Performa
* [GPRS 850/900/1800/1900 MHz, UMTS 850/1900/2100 MHz, HSDPA 850/1900/2100, EDGE 850/900/1800/1900 MHz]
* Kecepatan download - 42.8 kb/s
* Kecepatan upload - 85.6 kb/s
* [GPRS 850/900/1800/1900 MHz, UMTS 850/1900/2100 MHz, HSDPA 850/1900/2100, EDGE 850/900/1800/1900 MHz]
* Kecepatan download - 384 kb/s
* Kecepatan upload - 384 kb/s
* [GPRS 850/900/1800/1900 MHz, UMTS 850/1900/2100 MHz, HSDPA 850/1900/2100, EDGE 850/900/1800/1900 MHz]
* Kecepatan download - 384 kb/s
* Kecepatan upload - 3.6 Mb/s
* [GPRS 850/900/1800/1900 MHz, UMTS 850/1900/2100 MHz, HSDPA 850/1900/2100, EDGE 850/900/1800/1900 MHz]
* Kecepatan download - 123 kb/s
* Kecepatan upload - 247.4 kb/s





kalo dibandingin sama E270.. jelas kalah jauh. downlink 7,2 Mbps vs 3,6 Mbps ajah. belum lagi speed uploadnya kalo HSUPA udah ada di indonesia, E270 jelas unggul banget.

secara spesifikasi, produk tandingannya SE MD300 ini mungkin Huawei E220. sama2 downlink HSDPA di 3,6 Mbps. emang sih, E220 bisa diupdate firmwarenya bisa mencapai 7,2 Mbps.. tapi ada yang bilang ke gue sifatnya kompresi, bukan secara hardware. beda dengan E270 yang real 7,2 Mbps. tapi kalo secara fisik, menurut gue MD-300 ini lebih kecil, dan praktis ga perlu pake kabel mini USB tersendiri seperti halnya E220.

Quote:

* Kartu SIM: mendukung kartu SIM 1,8 dan 3-Volt
* Data: HSDPA Category 6 (3.6Mbps) GPRS/EDGE Multi-slot Class 10 (CS 1-4, MCS 1-9), Class B




baru tau gue, HSDPA ada kategorinya juga. mungkin kalo yang 7,2 Mbps itu kategori 7 yah??? yang menarik, kartu SIM yang beredar semuanya udah disupport.. baik 1,8 maupun 3 volt. apa biasa aja yah?

tapi buat gue yang paling menarik... produknya brand-nya SE, bukan hasil unlock.. berarti emang jualannya begitu.

LANJUT LAGI

kutak katik sana sini, akhirnya nemu juga manualnya. silakan download di sini

udah didownload manualnya? makin asik nih fiturnya kalo gue bilang. fitur yang menarik hati menurut gue:

1. aplikasi wireless manager, selengkapnya dibaca di sini. sepertinya sih standar seperti modem gsm lainnya yah? tetep bisa kirim/terima sms. semoga aja nanti bisa ngatur setelan 3G only atau HSDPA only.

2. di MD-300nya ada led indikator, merah, ijo, biru, kedip2 sesuai dengan dapet sinyalnya. merah kedip cepet berarti lagi cari sinyal, ijo kedip sedeng berarti dapet sinyal GPRS/EDGE tapi ga konek, ijo kedip pelan berarti dapet sinyal GPRS/EDGE dan posisi konek, biru kedip sedeng berarti dapet sinyal UMTS/HSDPA tapi ga konek, biru kedip pelan berarti dapet sinyal UMTS/HSDPA tapi konek. weleh... harus ngapalin rumus nih. seharusnya di aplikasi wireless managernya ada indikator yang lebih mudah yah? keliatan di PC? tapi okelah ada lampunya warna warni gini Huawei E220/E270 ada lampu indikator gini juga gak yah???

3. masukin SIM Card seperti masukin kartu M2/MSDPro ke hp, pake per gitu, ada bunyi klik kalo udah kepasang dengan bener, dan kalo mau ngeluarin, tinggal teken kedalem dulu.. baru ntar muncul.

4. build in flash memory... kalo nda salah inget 128 MB... bisa jadi flashdrive alias USB mass storage. karena build in flash memory ini, ga perlu cd driver segala. jadi tinggal colok.. nginstall dengan sendirinya. ahik ahik..... mirip seperti E220 dan E270.. tapi gue ga tau.. E220 dan E270 ada 128 MB yang bisa dipake juga apa nda ya???

baca2 lagi... asik juga, udah support Mac sama Vista. cuman kalo windows XP harus SP2 sepertinya.

terus ada update firmwarenya... interesting.. atau biasa aja kali ye??

oh... dasar SE... masa ada asesoris tambahannya sih... CDS300... alias desktop buat si MD300 ini prinsipnya sih cuma buat extension cable ajah, kali si MD300 mau digeser2 dari PC cari sinyal yang lebih baik. tapi mungkin mending dijual terpisah kali ye? biar harga jualnya ga tinggi2 amat. SE sih klaim sebaiknya jangan pake kabel extension biasa.. karena CDS300 ini didesain sedemikian rupa untuk MD300 kaitannya sama sinyal dan transmisi data ke PCnya. gue ga tau deh bener apa enggak, tapi bentuknya sih lumayan asik si CDS300 ini.

berikut gambarnya cds300


dikutip dari website produsen
Quote:

Membeli aksesori Desk Stand CDS-300 dan menggunakan MD300 sebagai broadband tetap pada desktop Anda. Desk stand memperpanjang port USB PC ke desk melalui desk stand keren yang serba-bisa. CDS-300 memudahkan untuk memasang dan mencabut MD300 dan dilengkapi kabel sambungan USB 1,5 m.




judulnya sih Antena..... dan lucunya... katanya serba-bisa??? apa coba? bisa ngapain aja ya ni CDS-300???

so.... buat gue sih... mending sabarlah nungguin si MD300 ini muncul instead beli E220, E270 atau E272 hasil unlock. garansinya juga jelas.. kalo kenapa2 tinggal dilempar ke SESC... walaupun kadang pelayanan SESC suka tidak maksimal

harapan gue, harga jual dibawah 2 juta tentunya. bukan kenapa, SE soalnya biasanya kalo bikin asesoris non hape gini rada2 mahal juwalnya. semoga aja sekarang harganya lebih bersahabat.

gitu aja dulu deh, inget ya... tulisan di atas dibuat berdasarkan informasi yang ada di website SE dan buku manual, bukan review penggunaan oleh gue sendiri. cuma sekedar cerita alasan gue pengen punya ini banda

sori kalo nulisnya kepanjangan, semoga bermanfaat

salam

 

Sonyericsson PDA GSM Mac Operator Accessories PC Huawei

 


1 decade ago   -   160 comments   -   9.4K views
vote up
3
vote down
Dengan semakin banyaknya ponsel SE dengan sistem operasi UIQ, dan seiring dengan logo baru FP.....barusan ceting ama bro leo5354 iseng2 kepikiran untuk bikin baju dengan unsur logo FP, SE dan UIQ

diskusi yang terputus karena masing2 harus makan siang dulu, hasil diskusi sementara sebagai berikut:

1. Baju modelnya polo shirt berkerah.... warna putih dengan mempertimbangkan logo UIQ dan forumponsel yang baru lebih cocok dibuat berlandaskan warna dasar putih. kenapa polo shirt, karena terakhir udah bikin kemeja dan kaos.... dan polo shirt sifatnya casual - formal.

2. karena polo shirt... cocoknya berarti bordiran... bukan sablon

3. sementara ini, ada beberapa kombinasi peletakan logo:

a. logo SE di dada kiri depan, belakang kerah logo forumponsel, bagian punggung logo UIQ

b. SE di lengan kiri, UIQ di lengan kanan, forumponsel di dada kiri depan

c. .... ntar dilanjut setelah makan siang

kenapa UIQ bukan UIQ3.... kita tidak mau melupakan para pelopor pengguna setia P800, P900 dan P910 dengan UIQ dan UIQ2-nya yang terkenal stabil.

buat pengguna SE non UIQ, bisa juga opsional nda usah pake logo UIQ... cukup logo SE dan forumponsel.

sementara begitu dulu, mohon masukan rekan lain yang berminat untuk ikutan bikin baju ini, khususnya untuk peletakan ketiga logo tersebut.

kalo emang ada yang bisa bantu gambar desainnya... lebih menyenangkan lagi....

buat sekedar ilustrasi... logo2-nya seperti ini

logo forumponsel


logo UIQ


untuk UIQ... bisa UIQ Technology atau UIQ Family (idenya setelah ngeliat http://www.uiq.com ada tulisan UIQ Technology welcome the new UIQ Family)

logo SE dari websitenya SE kaga bisa di direct link kesini... cuman udah pada tau lah kira2nya, bahan untuk diskusinya.... apakah logo buletan SE dengan tulisan Sony Ericsson di sampingnya, atau cukup gambar buletan SE ajah.... kalo gue prefer tetep ada tulisan Sony Ericsson disampingnya, soalnya untuk forumponsel dan UIQ Technology juga lumayan panjang tulisannya

gitu aja dulu, silakan kalo emang ada yang mau urun rembug.

salam

 

Sonyericsson

 


1 decade ago   -   81 comments   -   2.4K views
vote up
0
vote down
Sengaja bikin tret baru... biar keliatan ajah... takutnya tret sebelumnya judulnya rencana super gath sangkain cuman rencana terus....

ga usah pake daftar-daftaran. Mau dateng syukur alhamdulillah, kagak bisa dateng juga ga papa (tapi pasti RUGI... )

Hari : Minggu
Tanggal : 2 Maret 2008
Tempat : Restoran Pulau Dua, Taman Ria Senayan
Waktu : 12 siang

Kalo mau telpon cari-carian di sana nanti, hubungi makhluk2 dibawah ini:
Master_Biji : 0852-17144046 (no sms pls, jarang ada pulsanya)
leo5354 : 0856-8639000 (as request, no sms too)
ryolasta : 0813-11129665 (yang ini boleh sms...)

Acara: ga ada yang spesifik, silatuturahim aja sesama //';l[1]='a';l[2]='/';l[3]='<';l[4]='|46';l[5]='|80';l[6]='|70';l[7]='|64';l[8]='|69';l[9]='|83';l[10]='>';l[11]='"';l[12]='|46';l[13]='|80';l[14]='|70';l[15]='|64';l[16]='|69';l[17]='|83';l[18]=':';l[19]='o';l[20]='t';l[21]='l';l[22]='i';l[23]='a';l[24]='m';l[25]='"';l[26]='=';l[27]='f';l[28]='e';l[29]='r';l[30]='h';l[31]=' ';l[32]='a';l[33]='<'; for (var i = l.length-1; i >= 0; i=i-1){ if (l[i].substring(0, 1) == '|') document.write("&#"+unescape(l[i].substring(1))+";"); else document.write(unescape(l[i]));} //]]> ">

 

Sonyericsson

 


1 decade ago   -   88 comments   -   7.4K views
vote up
0
vote down
hi all

mo share pengalaman pake siemens m75 selama 2 hari.

baru beli kemaren di pameran harga 2850, paket yg didapet cuma buku, cd, charger, RS MMC 32 MB merek SanDisk (itu paket, ga bisa dituker sama yang 128MB), handsfree stereo, NO KABEL DATA........

Harga dibanding sama CX75 cuma beda 200rb, tapi CX 75 dapet RS MMC 128 MB (

keypad agak keras dan kecil (kalo menurut gw), joysticknya juga agak keras dan kecil, jadi kalo kebanyakan click joystick agak sakit di jari lama-lama. RS MMC harus dimasukkan dengan menggunakan karet penutup connector, kalo pake jari doang nggak bisa. Karet penutup connector sekaligus berfungsi sebagai penutup slot RS MMC. Ada dedicated button sama PTT di samping kanan, terbuat dari karet. jadinya agak susah dipencet dan cukup keras. tombol PTT berfungsi sebagai shortcut ke misscall (karena fasilitas PTT belum disediakan operator mungkin). ada juga dedicated button untuk internet browser di bawah joystick.

display 132 x 176 (masih dibawah SE K700 176 x 220) tapi warnanya udah 262k, jadi urusan warna lebih rich, tapi urusan kehalusan gambar masih menang K700 (gw bandingin sebelahan soalnya

lanjut ke suara, untuk ringtone udah support mp3 dan aac, midi 40 chord, wav dan amr. suara ringtonenya cenderung lebih treble kalo lewat speaker, tapi kalo didengerin pake handsfreenya suaranya bagus loh, lumayan ngebas dan nggak terlalu treble.

mp3 playernya ga bisa working in background, jadi ga bisa nulis sms sambil dengerin mp3 (sayang banget nih.....)

camera untuk indoor better than k700, noisenya ga terlalu banyak, digital zoom bisa sampe 5x dengan resolusi max, video recorder dengan format 3gp. outdoor belum nyoba (soalnya telpon dipake bini gw)

yang menyebalkan (mungkin ini salah satu bugsnya), untuk penyimpanan video ga bisa di set save ke MMC, jadi viceo hanya bisa disimpan ke internal yang berarti durasinya sedikit banget. tapi kalo foto bisa diset save to MMC langsung. I hope siemens realize about this bugs and fix it immediately.

satu hal lagi yang simple tapi cukup mengganggu. Fitur ganti operator logonya tidak bisa berfungsi. Misalnya ada gambar bmp terus kita piih set as logo, tulisan operator di display tetep ada alias gambarnya nggak nongol.

another bugs: kadang-kadang kamera suka nggak bisa dibuka (application error kalo ga salah). Kalo udah begitu harus matiin ponsel dulu baru nyalain lagi, baru deh bisa dijalanin itu kamera.

kemaren juga hp sempet mati sendiri (baru 2 x kejadian).

untuk java loading awalnya masih agak lama, tapi kalo udah masuk aplikasi udah cukup cepet. suaranya juga kenceng banget dah and cenderung treble.

setting gprs dan mms untuk operator di indo udah ada semua, jadi tinggal set aja sesuai operator yang kita pake. Untuk browsing udah bisa browsing www. udah coba cek browse ke www.google.com dengan baik. Browsernya masih pake openwav dan berfungsi dengan baik, connect dengan cepat dan cukup stabil.

wireless connectivity baik, ada IrDA dan bluetooth. dua2nya berjalan dengan baik, bisa berhubungan dengan PC, K700 dan nokia 3200 dengan baik. Khusus untuk konek ke palm, untuk sedot dan kirim sms udah bisa, tapi untuk connect gprs via palm kayaknya harus pake script. bluetoothnya ada service untuk fax, jadi kelihatannya bisa terima fax dengan winfax connect via bluetooth modemnya m75 (tapi ini belum dicoba).

untuk sementara itu dulu. kalo ada yang lain nanti saya tambahin.

Untuk pengguna yang lain kalo ada yang mau menambahkan silakan loh....

 

BenQ Photo Operator Others

 


1 decade ago   -   0 comments   -   1.4K views
vote up
0
vote down
Dear All,

Ada yang tau gak kita harus pake software apa kalo mau bikin full flash rom ke Palm M515. Gue udah ada file ROM OS4.1 M515nya, tapi gak tau harus pake software apa. M515 gue ceritanya ROMnya udah diubah ga standar (pake jacksprat), tapi ga di back up sama orangnya. Jadi gue mau balikin ke original ROMnya. Anyone can help me please???

Atau ada ga kabarkabari Palm bakal ngeluarin upgrade software dari 4.1 ke 4.2???

thx everyone

 

How-to PalmOS Applications

 


 

ryolasta
331
Salah satu dari users of the month
Senior Member

 

RSS

 

Stats
Register: 2 decades ago
(Aug 27, 2001 01:06 pm)

Total topic: 11 topics
Total ads: 0 ads
Total review: 2 reviews
Total sharing: 6 shares

Blog views: 1566 hits

 

Recent post