Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Samsung W139 Dual On GSM-CDMA : Merek Terkenal Bukan Jaminan
rss You are here: All : Review : Samsung W139 Dual On GSM-CDMA : Merek Terkenal Bukan Jaminan
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Penantian panjang pengidam ponsel dual on GSM-CDMA bermerek global seolah berakhir ketika Samsung SCH-W139 mulai memasuki pasar Indonesia. Namun, setelah menguji pakainya, menurut penulis, ponsel itu berpotensi gagal memuaskan dahaga. Sisi minus ponsel itu lebih dominan daripada sisi positifnya.

Kali pertama melihat bentuk nyata ponsel itu, penulis spontan terpana. Tampilan fisiknya lebih cenderung ala ponsel merek lokal buatan Tiongkok. Meski tidak persis sama, W139 mengingatkan penulis dengan, misalnya, Maxtron MG-298 dan HT Mobile A25.

Umpama penulis belum pernah melihat W139 dan tulisan Samsung di sisi muka ditutup, lalu penulis diminta menebak mereknya, pasti penulis takkan menyebutkan Samsung. Penulis amat mungkin bakal mengucapkan kata Nexian, Nexcom, Nexgen, HT Mobile, CSL, Extreme, DGtel, atau sederet ponsel merek lokal lain.

Layar W139 memanfaatkan LCD TFT dua inci beresolusi 128 x 160 piksel. Tampilan layar terlihat kurang halus. Keypad ponsel yang diproduksi di Tiongkok itu secara umum pantas disebut empuk dan nyaman. Bahkan, bagi pengguna berjari tangan besar seperti penulis.

Sayang, desain tombol navigasi lima arah W139 kurang optimal. Ketika hendak mengarahkan kursor ke kiri-kanan atau atas-bawah, berkali-kali jari penulis terpeleset dan dianggap memberikan instruksi enter. Tombol right soft key yang berada ujung kanan atas juga terlalu sensitif. Sangat sering terjadi, penulis yang berniat menekan satu kali saja dianggap telah memencet tombol itu dua kali.

Ada satu hal unik yang penulis alami. Ketika kartu RUIM Mobile-8 (sekarang Smartfren) penulis selipkan ke W139, ponsel itu mengenalinya sebagai Komselindo. Padahal, Komselindo telah bertahun-tahun tidak eksis. Operator seluler berbasis AMPS lalu CDMA itu telah diakusisi Mobile-8 pada Februari 2003.

Di sisi kanan bodi W139, terdapat konektor charger sekaligus handsfree berkabel. Entah mengapa, Samsung masih membenamkan konektor proprietary. Padahal, kini para produsen ponsel, termasuk Samsung, biasanya cenderung mengadopsi konektor charger yang lebih universal. Misalnya, berwujud micro USB dan mini USB.

Pemakaian konektor proprietary di W139 sungguh pantas disayangkan. Sebab, pengguna bakal kesulitan bertukar charger maupun aksesori lain dengan aneka gadget yang mereka miliki.

Tanpa kamera dan tak dapat dipakai untuk ber-mobile banking karena tidak mendukung SIM tool kit merupakan sisi minus lain W139. Untuk nada SMS, hanya tersedia empat pilihan nada. Pengguna mustahil menambahkan nada baru.

Ponsel berdimensi fisik 114,9 x 47,8 x 14,1 mm dan berat 86,7 gram itu dibekali bluetooth. Namun, koneksi “gigi biru” itu hanya bisa digunakan untuk melakukan transfer data. Pengguna dijamin gagal kala hendak memadukannya dengan handsfree bluetooth. Keterbatasan bluetooth seperti itu sebelumnya pernah penulis jumpai pada Nokia 7650 yang beredar sembilan tahun silam.

Buku telepon seribu nama multiple entry, penyaring panggilan telepon dan SMS masuk, fake call, serta perekam suara merupakan sebagian spesifikasi lain W139. Ada pula fitur untuk mengingatkan pengguna dengan jadwal beribadah.

Memori internal yang dapat dioptimalkan pengguna berkapasitas 7,41 MB. Kurang besar? Selipkan kartu microSD berdaya tampung sampai 4 GB ke slot yang tersedia. Sedikit sisi menarik ponsel itu, pengguna bisa merekam siaran radio FM yang sedang didengarkan.

Kemarin gerai-gerai ponsel menawarkan W139 di rentang harga Rp 600 ribu hingga Rp 625 ribu. Paket penjualan termasuk charger dan handsfree berkabel. Andaikan harus memilih, ketimbang membeli W139, penulis lebih cenderung membawa pulang satu unit HT Mobile GC30 yang dijual Rp 440 ribu atau CSL Blueberry i8200 yang dibanderol Rp 499 ribu. Selain lebih murah dan justru lebih andal, dua ponsel itu lebih fleksibel. Bisa difungsikan sebagai ponsel dual on GSM-GSM maupun GSM-CDMA, bergantung kartu yang diselipkan.

Betapa pun, dengan segala kekurangannya, W139 patut mendapatkan apresiasi. Minimal ia pantas menjadi “duta edukasi” untuk menyadarkan pencinta ponsel bahwa merek terkenal tak selalu menjadi jaminan layak beli.


Sumber : ponselmu.com

 

ILCapitano
   Reg: 1 decade ago
   Specialist 7044 reps My Blog
Samsung GSM-CDMA Dual-on Dual-Sim

Posted 3 years ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.


icukpwt

Newbie 2 reps
Reg: 3 years ago
3 years ago (Oct 21, 2011 09:34 am)     comment Comment Permalink   Print

hape merk ternama namun sayang sangat minim fitur. kita bisa mendapatkan hape dengan fitur yang lebih baik dengan kisaran harga yang sama. contohnya:
CROSS X CB39
MAXTRON MG 298
VITELL V810
IMO T389
HT-MOBILE G76MITO 9100
TIPHONE T68
TAXCO W4
SKYBEE 83ST
NEXIAN G 255 D
CSL I8200
TOM 300
ZTE H520
VENERA VOYAGER V1 DAN LAIN2NYA

buat nambah info bisa mengunjungi www.dasar-dasar-lmu.blogspot.com

 


erlinthea

Newbie 2 reps
Reg: 3 years ago
3 years ago (Nov 14, 2011 07:25 am)     comment Comment Permalink   Print

hp samsung w139 sebnrnya bs untuk internet ga sih? Settingnya gimana untuk flexi? Tks

 


kasuyimaru

Newbie 2 reps
Reg: 2 years ago
2 years ago (Dec 23, 2011 04:58 pm)     comment Comment Permalink   Print

bagus desain modelnya elegan minimalis slim

 


4khxxhjt

Newbie 2 reps
Reg: 2 years ago
2 years ago (Dec 25, 2011 01:23 am)     comment Comment Permalink   Print

untuk saya :
- gsm cdma on penting karena praktis
- kamera, bluetooth gak seberapa perlu
- tombol navigasi nyaman hampir gak pernah meleset
mungkin oleh samsung dah diperbaiki
- kalau memang harus beli merk lokal sebaiknya
sesuaikan dgn kebutuhan aja karena
harga murah tapi fitur lengkap pasti bermasalah
alias cepat rusak
- dst

 


Ughi  snsp

Full Member 168 reps
Reg: 1 decade ago
2 years ago (Jan 3, 2012 04:36 pm)     comment Comment Permalink   Print

minus :
- antara tombol fungsi dan tombol telephone sering salah pencet (kurang bisa membedakan pencet atas dan bawah)
- tombol tengah tidak selalu berfungsi
- cara pindah SIM tidak praktis
- sulit membedakan posisi status mode CDMA(sim1) atau GSM(sim2)! harus benar2 perhatikan icon signal di kiri atas! atau bedakan warna theme (kalo sdg masuk menu)

plus : satu2nya HP CDMA-GSM branded dgn harga terjangkau saat ini cheese

 

user signature

Where is my dream gadget...

ais13184

Newbie 7 reps
Reg: 6 years ago
2 years ago (Jan 6, 2012 04:59 pm)     comment Comment Permalink   Print

Salam..
Mencoba sedikit review Samsung W139 nih..
Pasangan saya beli Samsung W139 warna putih 3 hari yang lalu di Tang City seharga Rp. 580.000.
Kesan pertama begitu melihat adalah.. INDAH sick & memang sangat cocok untuk seorang wanita. Bagi saya ga terkesan seperti hape Cina kok tapi ga tau yah kalo yang warna hitamnya..
Samsung W139 ini keypadnya empuk, nyaman untuk yang jempolnya besar seperti saya & keypadnya bukan bahan karet jadi kayaknya ga akan menggembung deh nantinya.. Keypadnya responsif banget & sanggup mengejar kecepatan jempol saya dalam ber-SMS tanpa ada yang ketinggalan. Hanya saja keypadnya bunyi pletak pletuk kayak qwerty BlackBerry Gemini. Tombol navigasi pun ga ada masalah termasuk tombol right & left yang di atas tombol call & off pun ga ada masalah. Untuk urusan keypad pokoknya ga ada masalah & untuk saya terasa nyaman.
Phonebook maksimal 1000 nama dengan tiap nama maksimal 3 nomor. Kalo kurang bisa disimpan di SIM & UIM kok.
CDMA saya pakai Smartfren Lokal Plus & yang timbul mobile-8 kok bukan Komselindo.
Kamera ga ada.
Bluetooth belum coba soalnya ga sempat.
Memory card juga belum coba ga sempat juga..
Sekian dulu deh reviewnya.. Semoga bisa membantu dalam memilih-milih hape.. cool smirk

 


2ylo2bfj

Newbie 2 reps
Reg: 2 years ago
2 years ago (Jan 16, 2012 06:14 pm)     comment Comment Permalink   Print

kebetulan baru beli w139, saya coba pake menelpon & menerima telpon dgn cdma flexi...saya merasakan panas di kuping...apakah memang demikian...? mohon pencerahan...
sebelumnya utk cdma saya menggunakan nokia model flip, tapi tidak pernah ada keluhan panas dikuping walaupun menelpon agak lama...

 


Davidave

Newbie 2 reps
Reg: 2 years ago
2 years ago (Jan 18, 2012 11:26 am)     comment Comment Permalink   Print

kekurangan :

1. tdk bisa transfer contact biarpun dr samsung produk lainnya mis galaxy tab ( ext. file berbeda )
2. t9 selalu aktive biarpun kita sudah nonaktive di settingannya
3. new kontak hrs setel dulu huruf besar dan kecilnya ( tdk bisa lewat tombol pintas )
4. tombol hapus di pojok kanan atas sering salah informasi dg perintah back
5. perpindahan sim card 1 n 2 yg tidak jelas
6. tidak ada kabel data
7. tidak bisa menganti profile suara SMS
8. salah mendetesi simcard CDMA dengan nomer GSM ( di pengaturan jaringan menunjukan CDMA tapi no yg tertera adalah no GSM )
9. tidak adanya kamera

 

Modified 2 years ago.  

deddywahyu

Newbie 2 reps
Reg: 1 year ago
1 year ago (Feb 7, 2013 11:04 pm)     comment Comment Permalink   Print

Aku memakai HP Samsung W-139 dan mohon petunjuk para penikmat dan pengguna Samsung, bagaimana caranya agar kartu GSM/Simpati yg disematkan di slot SIM Card 2 utk GSM dapat digunakan utk dial Up/panggilan keluar? karena masalahku adalah HP Samsung type W-139 yang kupsksi tidak bisa digunakan utk dial up/panggilan keluar apabila memilih kartu GSM yang ada di slot SIM Card ke 2, tapi hanya bisa digunakan utk dial Up/panggilan keluar apabila memilih slot SIM Card ke 1/CDMA-Flexi? padahal aku sdh berusaha maksimal mencobanya, tapi tetap tidak bisa? HP Samsung W-139 ini baru sekitar 2 bulan kubeli dalam kondisi baru/Gress! terima kasih atas nasehat dan bantuan pemikiran dari kawan-2 semua/ di Medan

 


nuh21

Journeyman 50 reps
Reg: 5 months ago
2 months ago (Oct 21, 2014 11:28 am)     comment Comment Permalink   Print

sekarang kalo mau cari hp yang dual sim, mendingan pake android cdma gsm aja, jadi bisa lebih flexibel murah kalo nelpon rumah dan hp wink

 

user signature



Termotivasi untuk mereview suatu produk? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.