JUAL APPLE SPAREPARTS DAN ACCESSORIES ASLI KONDISI BARU DAN BEKAS. EX SERVICE CENTER RESMI

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Review SE Xperia Arc
rss You are here: All : Review : Review SE Xperia Arc
vote up
3
vote down

Print     answer Comment  

 

Review SE Xperia Arc

Warna : Misty Silver (abu-abu)
Spesifikasi : cek GSM Arena

Paket penjualan : handset, headset, charger (beserta kabel data), pouch, 8 GB MicroSD, screen guard

Fisik
Ponsel berbentuk candybar, dengan balutan plastik berwarna abu-abu yang kualitasnya cukup bagus dan tidak menimbulkan bekas bercak jari. Mungkin balutannya tidak terlalu premium seperti beberapa ponsel HTC, namun yang jelas tidak bisa dianggap murahan pula. Konstruksinya termasuk cukup kokoh, karena tidak menimbulkan suara derik yang mengganggu di penutup baterenya seperti di beberapa ponsel. Ukurannya yang termasuk cukup besar, mungkin akan sedikit mengganggu genggaman. Bagian belakang ponsel agak melengkung (cekung), dan dari situ lah nama Arc berasal.

Pada bagian atas terdapat tombol power dan port HDMI. Pada bagian kiri terdapat jack 3,5mm. Sementara pada bagian kanan terdapat port charger, tombol volume, dan tombol kamera.

Menu, navigasi dan kecepatan akses
Navigasi pada Xperia Arc tergolong cukup lancar. Ini disebabkan penggunaan layar capacitive yang mungkin tidak perlu dijelaskan lagi. Akses antar menu tergolong cukup cepat dan hampir tidak ada gangguan berarti karena pemakaian processor 1 Ghz serta optimisasi yang baik tentunya

Xperia Arc memiliki 5 home screen yang bisa ditambahkan Shortcuts, Widgets, Folder dan Wallpapers.

Pada bagian kecil di atas layar, berisikan icon-icon indikator batere, sinyal, dan jam yang sebenarnya merupakan area notifikasi dari sistem Android. Area ini bisa digeser turun ke bawah, dan akan menampilkan semua notifikasi yang ada.

Layar
Layar 16 juta warna Xperia Arc menggunakan teknologi Bravia Engine milik Sony yang diklaim mampu membuat gambar dan video tampil lebih baik, namun kalau boleh jujur, agak sulit menemukan perbedaan baik ketika fungsi tersebut dinyalakan atau dimatikan.

Ponsel dilengkapi accelerometer yang akan secara otomatis memutar layar supaya tegak lurus dengan pandangan apabila ponsel dimiringkan. Fungsi ini berjalan di banyak hal seperti pada saat melihat foto, video, SMS dan bahkan di menu Android.

Telpon, SMS, dan Phonebook
Kualitas dan volume penerimaan suara pada Xperia Arc tergolong baik, tidak seperti yang dijumpai pada Xperia X10.

SMS yang diterima akan masuk ke dalam area notifikasi Android, sejajar dengan icon sinyal dan batere. Pada sisi sebelah kanan, didekat charger, ada lampu indikator berwarna hijau yang menandakan masuknya SMS. Hanya saja disayangkan, dengan posisi seperti itu, membuatnya berpotensi terlewatkan karena tidak terlihat dari sisi atas.

Bagian SMS tidak dibagi berdasarkan inbox, outbox, ataupun sent messages seperti ponsel SE pada umumnya, melainkan dicampur menjadi satu dengan sistem threaded view, dengan tampilan ala forum diskusi. Threaded view tersebut dibedakan berdasarkan siapa lawan SMS kita (1 threaded view untuk 1 nomor contact).

Isi Phonebook akan mencakup contact kita pada Gmail dan Facebook. Kita bisa melakukan sinkronisasi untuk menyesuaikan data.

Pencarian pada Phonebook bisa menggunakan lebih dari satu huruf, dan cukup pintar karena pencarian mencari kata dari nama pertama atau nama akhir.

Tidak ada pilihan untuk menambahkan tanggal lahir pada contact, dan mengeset remindernya pada Calendar. Tidak ada pilihan untuk membuat grup, untuk mengirim SMS masal ataupun mengeset ringtone bersama.

Timescape
Timescape adalah semacam fungsi tampilan “history” dari sekian banyak hal yang ada, seperti Calls, Facebook, Messages, dan Twitter. Pada layanan social networking seperti Facebook, Timescape bisa secara otomatis maupun manual dalam menampilkan update status dari teman-teman Facebook kita.

Sayangnya, fungsi Timescape tampaknya tidak benar-benar dimaksudkan untuk mengganti aplikasi Facebook yang ada, karena untuk melihat lebih lanjut status beserta komentar yang masuk, maka aplikasi tersebut akan membuka website touch.facebook.com. Walaupun begitu, kita masih bisa mengupdate status kita sendiri langsung melalui Timescape.

Music
Tampilan musik dibagi dalam beberapa tab yakni : Artists, Albums, Tracks, dan Playlists. Dalam Playlists, kita bisa membuat sendiri daftar lagu yang ingin didengarkan, atau bisa juga menggunakan Smart playlists yang tersedia seperti Newly added, Most played, dan Never played.

Tidak seperti pada Xperia X10, pada Xperia Arc terdapat banyak Equalizer yang bisa dipilih seperti Normal, Classical, Dance, Flat, Folk, Heavy metal, Hip hop, Jazz, Pop dan Rock.

Kualitas musik melalui headset termasuk di atas rata-rata. Alunan lagu terdengar jernih, namun semburan bass-nya memang sedikit kurang terasa.

Keluaran suara dari speaker termasuk baik, baik dari segi kualitas maupun volume.

Camera dan Video Recorder
Mode capture ada 3, yakni Normal, Scene recognition, dan Smile detection.

Apabila kita memilih Scene recognition, maka secara otomatis kombinasi dengan setting Scenes, Focus mode, dan Exposure value dihilangkan. Pada mode Smile detection, kamera akan langsung melakukan shoot sewaktu obyek terdeteksi tersenyum.

Ada 4 resolusi yang bisa dipilih yakni 8MP (4:3), 6MP (16:9), 2MP (4:3), dan 2MP (16:9).

Pada Scenes, kita bisa memilih Off, Portrait, Landscape, Night scene, Night portrait, Beach and snow, Sports, Party dan Document.

Pada Focus mode, kita bisa memilih Single Autofocus, Multi autofocus, Macro, Face detection, Infinity dan Touch focus.

Kamera Xperia Arc mampu menghasilkan foto dengan detil yang cukup bagus, serta semburan warna yang berani. Tombol shutter kamera seperti mengulangi kesalahan Xperia X10, dengan bentuknya yang kecil dan terlebih terletak di sudut kanan ponsel, sehingga membuatnya agak susah ditekan dengan stabil. Tapi hal itu bisa digantikan dengan menggunakan touch capture (menekan layar).

Berikut adalah hasil foto2 dari Xperia Arc :









[VIDEO BELUM DICOBA]

Organiser Tools
Jumlah alarm dapat ditambahkan sampai lebih dari 5, yang kemungkinan besar akan mencukupi untuk setiap orang. Alarm tone dapat diganti dengan yang telah disediakan, dapat diset berulang pada hari yang diinginkan, serta diberi label.

Calendar hanya dapat dipakai apabila terkoneksi secara online. Event dapat dibuat sesuai dengan waktu yang kita tentukan. Pengulangan dapat diset secara : One-time event (bukan pengulangan), Daily, Every weekday (Mon-Fri), Weekly (every nama-hari-aktif*), Monthly (every minggu-keberapa-aktif*), Monthly (on day tanggal-aktif*), Yearly (on tanggal-aktif*). Reminder dari event dapat diset mulai dari 10 menit sampai 1 minggu sebelumnya.

*sesuai tanggal yang dipilih

Android Market
Ini adalah tempat dimana segala macam aplikasi dan game disediakan secara online untuk melengkapi ponsel Android kita. Pada Android Market di Xperia Arc, sudah merupakan yang terbaru dan juga tersedia channel khusus Sony Ericsson.

Pada bagian Apps (aplikasi) maupun Games (game), telah dibagi ke dalam beberapa sub kategori untuk memudahkan penelusuran. Tombol search juga tersedia di sebelah kanan atas apabila kita sudah tau nama aplikasi atau game yang diinginkan.

Baterai
Android pada dasarnya adalah OS ponsel yang memang cukup banyak membuat baterai boros dengan segala macam aktifitasnya. Hal tersebut harus diingat dalam menilai baterai. Namun apabila aktifitas Android tersebut dihilangkan, dan ponsel hanya dibiarkan standby, maka sebenarnya daya tahan baterai termasuk cukup baik, yakni bisa sekitar 3 hari untuk standby saja. Apabila penggunaan termasuk sering, dan aktifitas online dibiarkan berjalan, maka daya tahan bisa menyusut sampai kurang dari 1 hari.

Kesimpulan
Seperti Xperia X10, Xperia Arc adalah ponsel yang memadukan keindahan desain dan kemampuan multimedia yang cukup powerfull. Terlebih, ini merupakan penyempurnaan dari Xperia X10 yang cukup mengecewakan. Contohnya begini : Ketika saya menggunakan Xperia X10 dulu, saya benar2 hanya menggunakannya untuk foto2, online, dan sejenisnya tanpa menelpon (karena kecil dan jeleknya suara earpiece-nya), tapi dengan Xperia Arc, saya tahu kalo saya juga bisa mengandalkannya untuk menelpon. Memang, dengan begitu Xperia Arc tidak sepenuhnya bisa dibilang merupakan ponsel yang benar-benar baru atau berbeda (yang mungkinkah akan menimbulkan kekecewaan lagi bagi sebagian pengguna ?).

Yang menjadi kendala, spesifikasi seperti ini bagi sebagian orang terlihat ‘tanggung’. Beberapa vendor ponsel lain sudah mengumumkan ponsel dual-core dengan beberapa tambahan teknologi terbaru, yang akan membuat Xperia Arc terlihat ‘biasa’. Tapi coba pikirkan secara realistis. Ponsel2 seperti itu tentunya harganya akan lebih mahal lagi. Dan kalaupun harga bukan sebuah masalah, rata-rata penyuka gadget canggih juga pastinya akan tetap berganti ponsel sebelum 1 tahun apapun alasannya, karena yang namanya fitur tentu akan selalu bertambah.

Bagi saya, Xperia Arc bukan ponsel paling powerfull saat ini, melainkan hanya ‘sekedar’ ponsel paling serba bisa dengan kualitas fitur2 yang baik untuk setiap fitur yang paling digunakan oleh mayoritas pengguna pada umumnya. Tapi itu tentu tidak menghalangi saya untuk menikmati menggunakan Xperia Arc.

 

Erdyon
Erdyon RSS
   Reg: 1 decade ago
   Addicted 2418 reps My Blog
Sonyericsson Android Camera Touch-screen Xperia

Modified 5 years ago.  

 

Posted 5 years ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.


huerix
top user
Veteran 930 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Apr 15, 2011 08:40 am)     comment Comment Permalink   Print

mantab om.. ditunggu versi lengkapnya smile

 

user signature

Android  Non-Motorola

Full Member 120 reps
Reg: 6 years ago
5 years ago (Apr 15, 2011 09:42 am)     comment Comment Permalink   Print

Keren ya kameranya. Bagus banget hasil fotonya yang di atas.
Tolong dong foto2 Arc yg pas nampilin menu2nya gan.
Jadi ngiler nih ane...

Sekarang udah dijual bebas belum ya di toko2?

 

user signature
user android berbagai merek kecuali motorola.

Xcube

Journeyman 81 reps
Reg: 5 years ago
5 years ago (Apr 15, 2011 10:04 am)     comment Comment Permalink   Print

Android non motorola@ arc udah bisa dibeli. Malah kalo belinya antara tgl 15-30 april di SE Sency, Roxy, Taman Anggrek, Emporium,Ambassador, Botani Square n Cibubur Junction, dapet free Notebook (buku saku) exclusive.
Btw, arc gak ada face recognition nya ya.

 


Shadow  God

Addicted 1374 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Apr 15, 2011 11:47 am)     comment Comment Permalink   Print

Akhirnya ada juga review Arc disini... Wokokokokok!!

 

user signature

Andrea  G

Addicted 1435 reps
Reg: 7 years ago
5 years ago (Apr 15, 2011 11:16 pm)     comment Comment Permalink   Print

@Xcube : ada koq.. ganti lah fokusnya jadi face detection..

bro Erdyon memacu saya untuk membuat review juga nihh... hahahahaha... grin

 

user signature
笑ろとけ

Quality

Addicted 1104 reps
Reg: 6 years ago
5 years ago (Apr 16, 2011 01:47 pm)     comment Comment Permalink   Print

Nice post *thumbs up*

 


Giovan
top user
Addicted 2418 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Apr 16, 2011 04:24 pm)     comment Comment Permalink   Print

Ditunggu aja ya lanjutan review-nya (walaupun sebenernya beberapa hal paling menariknya, kayak kamera, udah dikeluarin sih). Mudah2an bisa selesai malam ini atau besok pagi. smile

@Android non Motorola :
Oke, nanti gue foto... hehehe...

@Shadow God :
Better late than nothing ? raspberry

@Andrea :
Bikin aja bro. Biar tambah lengkap. smile

@Qualt :
Thanks. smile

 

user signature

Andiego

Journeyman 73 reps
Reg: 6 years ago
5 years ago (Apr 16, 2011 09:10 pm)     comment Comment Permalink   Print

nanya dong bro, "dengan balutan plastik berwarna abu-abu yang kualitasnya cukup bagus dan tidak menimbulkan bekas bercak jari." maksudnya gimana ya?

 

user signature

Andiego

Journeyman 73 reps
Reg: 6 years ago
5 years ago (Apr 16, 2011 09:52 pm)     comment Comment Permalink   Print
Like it 1 members like this

Android Non-Motorola said:
Keren ya kameranya. Bagus banget hasil fotonya yang di atas.
Tolong dong foto2 Arc yg pas nampilin menu2nya gan.
Jadi ngiler nih ane...

Sekarang udah dijual bebas belum ya di toko2?


ikutan bantu ya grin

kamera:
Spoiler: show


SMS:
Spoiler: show


Galery
Spoiler: show


Menu:
Spoiler: show


Music:
Spoiler: show

 

user signature

Giovan
top user
Addicted 2418 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Apr 17, 2011 12:34 am)     comment Comment Permalink   Print

andiegokil said:
nanya dong bro, "dengan balutan plastik berwarna abu-abu yang kualitasnya cukup bagus dan tidak menimbulkan bekas bercak jari." maksudnya gimana ya?


kualitas cukup bagus : terasa cukup solid di tangan, ga terkesan murahan (at least ga kayak ponsel china), dan ngga menimbulkan bunyi derik
tidak menimbulkan bercak jari : self explanatory deh kayaknya... hehehe...

 

user signature

Android  Non-Motorola

Full Member 120 reps
Reg: 6 years ago
5 years ago (Apr 17, 2011 09:35 am)     comment Comment Permalink   Print

@andiegokil
Trims yach. Bro udah punya ternyata.

 

user signature
user android berbagai merek kecuali motorola.

Giovan
top user
Addicted 2418 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Apr 17, 2011 02:57 pm)     comment Comment Permalink   Print
Like it 1 members like this

Review-nya udah diupdate. Anggap aja final. Bingung juga mau mengulas apa, soalnya kadang2 fokus tiap orang beda-beda sih. Palingan nanti kalo ada request, akan dicoba. smile

 

user signature

Quality

Addicted 1104 reps
Reg: 6 years ago
5 years ago (Apr 17, 2011 03:28 pm)     comment Comment Permalink   Print

@erdyon : sama2 gan.oh ya gan pen liat foto yg ngeblur bacgroundnya itu tu...wah sumpah ...itu tu yg bikin terpikat ni...

 


Giovan
top user
Addicted 2418 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Apr 17, 2011 03:35 pm)     comment Comment Permalink   Print

qualt said:
@erdyon : sama2 gan.oh ya gan pen liat foto yg ngeblur bacgroundnya itu tu...wah sumpah ...itu tu yg bikin terpikat ni...


Maksudnya foto yang mana ya bro ?

 

user signature

Quality

Addicted 1104 reps
Reg: 6 years ago
5 years ago (Apr 17, 2011 03:45 pm)     comment Comment Permalink   Print

Itu tu yg di gsm arena... smile

 


Giovan
top user
Addicted 2418 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Apr 18, 2011 02:51 pm)     comment Comment Permalink   Print

Foto yang ngeblur background-nya itu maksudnya gallery Android-nya ya bro ? Yang depannya ada picture frame beberapa, dan belakangnya nge-blur ?

Udah nyari2 perasaan cuma ketemu itu doang...

 

user signature

x_dewa_x

Senior Member 365 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Apr 18, 2011 05:39 pm)     comment Comment Permalink   Print

@bro erdyon: masalah batt jika dipake online push email, apa ketahanan batt nya lebih baik dari X10 atau beda tipis? Oh ya push email nya bener2 berfungsi dgn baik ga bro? Coz sbg perbandingan X10 ama gtab,lebih mantepan Gtab. 1 Lagi sm penerimaan sinyal bagus ga ini dalam hal penerimaan sinyal 3g apakah stabil jika kita bikin mode dual mode? Dan lagi2 saya pernah bandingin X10 ama produk samsung galaxy mini ditempat yg sama sinyal lebih stabil punya mini untuk memperoleh sinyal 3g untuk koneksi inet dgn kartu yg sama. Maap bro kebanyakan hehehe coz penasaran ama arc apa layak pengganti X10. Thanks before

 

user signature
-Samsung Galaxy Tab custom rom gingerjuce 1.2

-X10 black eclair 2.1

Giovan
top user
Addicted 2418 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Apr 18, 2011 05:51 pm)     comment Comment Permalink   Print

x_dewa_x said:
@bro erdyon: masalah batt jika dipake online push email, apa ketahanan batt nya lebih baik dari X10 atau beda tipis? Oh ya push email nya bener2 berfungsi dgn baik ga bro? Coz sbg perbandingan X10 ama gtab,lebih mantepan Gtab. 1 Lagi sm penerimaan sinyal bagus ga ini dalam hal penerimaan sinyal 3g apakah stabil jika kita bikin mode dual mode? Dan lagi2 saya pernah bandingin X10 ama produk samsung galaxy mini ditempat yg sama sinyal lebih stabil punya mini untuk memperoleh sinyal 3g untuk koneksi inet dgn kartu yg sama. Maap bro kebanyakan hehehe coz penasaran ama arc apa layak pengganti X10. Thanks before


Sebelumnya bisa dijelaskan langkah2nya pake push email, bro ? Gue ga pernah pake soalnya... hehehe...

Untuk penerimaan sinyal 3G nanti bisa gue coba. smile

 

user signature

x_dewa_x

Senior Member 365 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Apr 18, 2011 06:17 pm)     comment Comment Permalink   Print

Masuk ke setting pilih account &sync;-background data dan auto sync nya dicentang. Nah account gmail nya dicentang semua auto syncnya. Ntar dicoba dgn kirim email ke account gmail bro dia langsung masuk dgn estimasi cm terpaut beberapa detik setelah dikirim.

 

user signature
-Samsung Galaxy Tab custom rom gingerjuce 1.2

-X10 black eclair 2.1

Andiego

Journeyman 73 reps
Reg: 6 years ago
5 years ago (Apr 18, 2011 10:39 pm)     comment Comment Permalink   Print

Erdyon said:


kualitas cukup bagus : terasa cukup solid di tangan, ga terkesan murahan (at least ga kayak ponsel china), dan ngga menimbulkan bunyi derik
tidak menimbulkan bercak jari : self explanatory deh kayaknya... hehehe...


bukannya casing belakangnya itu kayak plastik yang gampang bikin bercak jari ya?

minta review web yang pake flash player dong bro grin

Android Non-Motorola said:
@andiegokil
Trims yach. Bro udah punya ternyata.


punya kawan nih bro. kemarin minjem buat di review grin

 

user signature

Andrea  G

Addicted 1435 reps
Reg: 7 years ago
5 years ago (Apr 19, 2011 12:03 am)     comment Comment Permalink   Print
Like it 1 members like this

@andiegokil : karena warna Misty Silver, gak akan keliatan kalo ada bercak sidik jadi di bagian belakang (back cover) ponsel. (saya liat bro andiegokil nyoba yg Midnight Blue kan ya? )
itu salah satu alasan saya gak mau ambil midnight blue, walau dari depan dan samping keliatan keren grin

 

user signature
笑ろとけ

Quality

Addicted 1104 reps
Reg: 6 years ago
5 years ago (Apr 19, 2011 01:02 am)     comment Comment Permalink   Print

@erdyon : biar lbih gmpang ni picnya bro...gomen/maaf klo salah ngomong jd ngrepotin ^^v....

 


Quality

Addicted 1104 reps
Reg: 6 years ago
5 years ago (Apr 19, 2011 01:05 am)     comment Comment Permalink   Print

Lho kok ga nongol pic ny ya *wall*

 


Cain

Addicted 1826 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Apr 19, 2011 01:08 am)     comment Comment Permalink   Print

Di gsmarena, tidak disebutkan kalau itu multi touch, layarnya multi touch ga yah ? harga berapa ?

 

user signature
Blacklisted Computer Distributors:
1. WPG
2. Prince Compusoft
3. Virajaya

Giovan
top user
Addicted 2418 reps
Reg: 1 decade ago
5 years ago (Apr 19, 2011 07:40 am)     comment Comment Permalink   Print
Like it 2 members like this

@x_dewa_x : Oke bro. Nanti kalo udah dicoba, gue laporan di sini... hehehe...

@andiegokil : Yup, seperti yang dibilang bro Andrea. Dan bahkan kalo boleh sedikit hiperbola, memang ga ada bercak jari sama sekali (karena bahannya, dan hanya berlaku untuk Misty Silver).

@fp_cain : Layarnya support multitouch kok bro. Normal aja kayak ponsel lain yang support multitouch. Harganya 5,5 juta.

 

user signature



Termotivasi untuk mereview suatu produk? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.