Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

REVIEW Nokia 5220 Xpress Music
rss You are here: All : Review : REVIEW Nokia 5220 Xpress Music
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Tombol shortcut menuju fitur musik yang menempel di sekujur badan ponsel menancapkan identitasnya sebagai sebuah ponsel seri musik

Tak mau kalah meramaikan pasar ponsel berjenis musik, Nokia unjuk gigi dengan merilis dua ponsel baru di kuartal tiga tahun ini. Salah satu yang diperkenalkan adalah Nokia 5220 Xpress Music. Seri ini berpatron candy bar, namun yang menjadikannya tidak biasa saat melihat bentuknya yang asimetris. Di sekujur badan terdapat identitas ponsel musik yang terdiri dari shortcut button music player dan volume. Tiap tombol langsung memiliki lampu ritmik yang akan ikut menyala seakan mengikuti irama ketika musik dimainkan.

Meski berjuluk Xpress Music namun ponsel tipis ini tak melulu fitur musik. Dukungan fitur lain menjadikannya lebih komplit. Kamera sebesar 2 megapixel beresolusi maksimal 1200x1600 pixel dapat difungsikan untuk mengambil gambar atau merekam video. Untuk berselancar ke dunia maya, ada fasilitas browser yang didukung teknologi GPRS. Jika ingin melihat penilaian fitur secara keseluruhan, berikut hasil pengujiannya :

DESAIN

Ponsel ini berdesain candybar tipis ini memiliki dimensi 107,4 x 40 x 7 mm. Menjadikannya pas dalam genggaman dan terlihat fashionable berkat kombinasi warna yang membalutnya. Logo Nokia dan Xpress Music menekankan identitas di kala banyak ponsel baru bermunculan dengan desain serupa. Cover depan dan belakang tidak memakai material yang sama. Bahan karet hitam bergaris memantapkan pegangan agar tidak terselip dan tidak licin.
Pengujian : Menguji desain berdasar pada sisi ergonomis dan fungsi yang mengikutinya.
Nilai : 4
Catatan : Hati-hati melepas cover belakang ketika hendak memasang atau mengganti Sim Card.

MUSIK

Kurang pas jika fitur musik tidak dibahas khusus. Fitur musik mendukung format MP3, eAAC+, dan WMA. Menu-menu seperti playlist, equalizer, stereo widening terdapat didalam fitur tersebut. Sedangkan fasilitas radio masih tetap membutuhkan headset tercolok sebagai antena luar. Port 3,5 mm tersedia untuk menyambungkan alat bantu dengar musik di ponsel.
Pengujian : Menguji sebuah lagu berformat MP3 dengan volume maksimal.
Nilai : 3
Catatan : Sesuaikan volume ketika mengaktifkan musik dengan loudspeaker karena volume maksimal tidak terlalu enak didengar.

PHONE MEMORY

Memori internal yang tersedia didalam ponsel tidak terlalu besar untuk menampung file musik ataupun foto. Oleh karena itu diperlukan dukungan tambahan memori eksternal berupa Micro SD sebesar 2 GB. Bisa digunakan juga untuk menampung nama dan nomor telepon rekan bisnis dan keluarga. Meski bodinya tipis, namun di sisi kanan masih cukup menampung kartu memori yang hotswap.
Pengujian : Mengecek penggunaan memori internal dan eksternal.
Nilai : 3
Catatan : Hapus data file yang sudah tidak terpakai agar memori tidak kepenuhan.

KAMERA

Tak berbeda dengan ponsel lainnya, Nokia 5220 memiliki kamera sebesar 2 MP yang berfungsi sebagai pemotret dan perekam video. Sayangnya lampu flash dan fasilitas auto focus tidak dibekali didalam menu kamera. Jadi saat memotret dalam keadaan kurang cahaya akan terlihat buram atau gelap.
Pengujian : Mengambil gambar dalam keadaan bergerak didalam ruangan dengan kondisi cahaya yang cukup.
Nilai : 3,1
Catatan : Tidak tersedia self-mirror untuk memfoto sendiri bagi yang suka narsis.

INTERNET

Meski tanpa dukungan 3G atau HSDPA, namun browsing pakai ponsel ini lumayan mumpuni, tergantung dari sinyal GPRS yang mengekorinya. Apalagi sudah tersedia setting otomatis, sehingga tak perlu repot mengulik pengaturan internet. Ketika membuka situs Selular, tak sampai semenit layar sudah menunjukkan halaman muka www.selular.co.id.
Pengujian : Terdapat fasilitas bookmarks jika ingin cepat kembali ke halaman yang dituju.
Nilai : 3
Catatan : Perhatikan Web Setting untuk mengatur ukuran font dan tampilan gambar.

KONEKTIVITAS

Ponsel ini membekali urusan konektivitas dengan bantuan kabel Paket Data, USB dan bluetooth. Teknologi A2DP sudah diadopsi bluetooth pada ponsel ini sehingga memungkinkan untuk mendengar musik dari ponsle via bluetooth headset.
Pengujian : Menerima dan mengirimkan file musik berformat MP3 pairing dengan PC tak sampai setengah menit.
Nilai : 3
Catatan : Kemampuan bluetooth cukup baik dan responsif.

MESSAGING

Berkirim pesan singkat tak terasa singkat karena ada ketersediaan 1000 karakter didalamnya. Selain pesan teks, ada fasilitas pengiriman pesan dalam bentuk lain seperti MMS, Email dan Flash. Ada juga pilihan langsung menuju Yahoo!Go jika hendak mengecek account email pribadi via ponsel.
Pengujian : Mengirim pesan teks dengan menyertakan emoticon dan menggunakan templates agar hemat waktu.
Nilai : 3,1
Catatan : Bisa mengaktifkan voice mail jika kesibukan sedang melanda atau tak sempat menjawab panggilan.

KINERJA

Fitur yang ditawarkan memang tak berteknologi tinggi, namun sepadan dengan harga yang ditawarkan dan kelas yang disasar. Kinerja keseluruhan ponsel ini bisa dibilang dapat berjalan dengan baik.

Skor Akhir : 3

KINERJA BATERAI

Data Vendor
Vendor asal Finlandia ini menyebutkan baterai yang diberikan pada paket penjualan memiliki spesifikasi Nokia BL-5CT yang berkekuatan 1020 mAh. Cukup mumpuni untuk memainkan lagu-lagu favorit dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Hasil Pengujian

Baterai diisi penuh kemudian digunakan seharian untuk memainkan fitur-fitur yang ada didalamnya. Hasilnya tidak berbeda jauh dengan keterangan vendor. Jika ingin hemat, atur tampilan layar agar tidak boros baterai.

Hasil Pengukuran Audio :

Ringtone90,1 db
Human Voice72,5 db
Music99,0 db

-Selular.co.id-

 

erwin101010
   Reg: 9 years ago
   Addicted 1840 reps My Blog
Nokia Photo Business Xpressmusic

Posted 8 years ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.




Termotivasi untuk mereview suatu produk? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.