JUAL SPAREPARTS APPLE MAC BARU DAN BEKAS. AKSESORIES BORONGAN MURAH

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Lenovo Vibe Shot: Hadir dengan Fitur Kamera Profesional
rss You are here: All : Review : Lenovo Vibe Shot: Hadir dengan Fitur Kamera Profesional
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 

Lenovo punya serial unggulan di segmen smartphone. Namanya serial Vibe. Sudah banyak anggota lini produk ini yang dirilis ke pasar. Pada umumnya bertengger di kelas premium. Serial Vibe memang punya ciri khas desain yang stylish, yang mencirikannya sebagai smartphone premium yang punya kemampuan mutakhir. Kini Lenovo merilis satu anggota baru keluarga Vibe ini. Namanya smartphone Lenovo Vibe Shot.
Dari namanya saja sudah jelas bahwa seri baru ini menitik beratkan pada fungsi kamera. Tak salah bila Lenovo merilis smartphone yang mengunggulkan kekuatan kamera ini. Sebab, saat ini memang lagi hangat-hangatnya tren penggunaan smartphone sebagai kamera saku. Nah, ini hasil bedah kami pada smartphone yang memiliki fitur kamera profesional.


SUMBER

Berbeda dengan seri Vibe lain yang umumnya memiliki form factor segi empat dengan sudut-sudut yang luwes, Vibe Shot memiliki form factor segi empat konvensional. Sudut-sudutnya agak kaku, meskipun ada sedikit lengkungan di sana. Form factor-nya kelihatan mirip dengan iPhone. Yang membuatnya tampak beda adalah warna.

Smartphone Lenovo Vibe Shot didominasi warna hitam, dengan lis metal di sisinya berwarna merah. Lantas ada lis kelabu metalik di cover belakang. Tapi itu bukan metal, melainkan material plastik yang didesain mirip metal. Sebenarnya form factor dan pengerjaan detail finishing-nya mampu membuat smartphone ini kelihatan stylish. Namun bagi kami, warna merah di bagian pinggir mencemarkan kesan stylish-nya. Dalam bahasa sederhana, membuatnya agak norak.Tapi ini soal selera, bisa saja orang lain suka dengan kombinasi warna seperti itu. Tapi ada pilihan warna lain, abu-abu granit, yang lebih mature.

Menerapkan konsep unibodi, yang membuat baterai tertanam paten tanpa bisa dilepas, rancang bangun smartphone ini cukup kokoh. Dimensinya juga pas dengan genggaman tangan. Hanya saja permukaan bodi yang glossy, seperti diberi lapisan kaca, membuatnya gampang tergelincir saat dalam genggaman. Terutama ketika tangan kita berkeringat. Dan ketika selip dan jatuh, permukaan layarnya yang 2.5D, beresiko pecah karena menonjol dan tak terlindungi lis metal di bagian pinggirnya itu.

Display

Ketika ponsel dalam keadaan standby, seluruh permukaan bagian depan seperti sekeping kaca hitam. Bagian layar seperti tenggelam dalam permukaan hitam itu. Ini yang menurut kami, ikut mendongkrak kesan stylish-nya. Begitu ponsel diaktifkan, langsung terlihat kualitas layarnya. Tampilan layar yang tajam dan terang, langsung terlihat.

Komposisi bentang layar dengan luas keseluruhan penampang depan cukup berimbang dan efisien, sekaligus membantu keindahan penampilan. Ukuran penampang layar sebesar 5 inchi, dengan teknologi multi sentuh full HD dan panel jenis IPS. Mestinya dengan spesifikasi itu, kualitas tampilan layar akan di atas rata-rata.

Di dalam ruangan, layar smartphone Lenovo Vibe Shot menampilkan kualitas terbaiknya, kejernihan gambar, ketajaman obyek dan keseimbangan warna berada pada level terbaik. Namun ketika dibawa ke luar ruang dengan kondisi matahari cerah, tampilan layar agak mati kutu, kalah dengan sinar matahari yang menerpa. Untuk itu, kita harus menyetel redup-terang nya layar ke posisi maksimal.

Menelusuri menu yang ada, serta menggeser-geser tampilan layar menjadi pengalaman yang menyenangkan. Sebab, layar merespon perintah –lewat sentuhan jari—dengan amat baik. Pergerakan layar ketika bergeser teramat halus. Dan satu sentuhan lembut pada menu sudah bisa direspon layar dengan baik. Lapisan kaca pada permukaan layar ikut membantu kenyamanan jari saat menjelajahi layar.

OS & Antarmuka

Sistem operasi ada kalanya mendapat perhatian penting dari pengguna. Nah, meski fokus sebagai camera phone, smartphone Lenovo Vibe Shot tetap memperhatikan perlunya memakai sistem operasi mutakhir. Android 5.1 Lollipop menjadi platform pilihan yang dipakai dalam Lenovo Vibe Shot. Guna memberikan pengalaman berbeda, antarmuka khas Lenovo dipasang guna memberikan tampilan kosmetik lebih atraktif.

Sebenarnya secara konsep tak jauh berbeda dari Android pada umumnya, Lenovo memilih menghilangkan app drawer atau menu aplikasi. Jadi, kita akan disodori homescreen yang berfungsi menampung aplikasi dan widget. Jika jumlah aplikasi dan widget sudah tidak muat lagi dalam satu homescreen, kita bisa menambah homescreen baru.

Cara akses ke homescreen berbeda cukup dengan menyapukan layar ke samping, kiri atau kanan. Antarmukanya cenderung mengedepankan simplisitas, tak ribet dan mudah diakrabi. Tersedia Theme Center untuk mengoprek Wallpaper, Lock Screen atau tampilan Recent Task List.


SUMBER

Nah, bagian ini yang menjadi andalan utama smartphone Lenovo Vibe Shot. Besaran kapasitas kamera utama termasuk tertinggi dari smartphone-smartphone lain yang ada, yakni 16 MP. Dilengkapi lampu flash dengan inovasi terbaru, yang mereka sebut Tricolour Flash. Menurut pabrikannya, teknologi lampu flash baru itu secara otomatis akan menyesuaikan kondisi pencahayaan sehingga didapat warna alami pada hasil foto.

Coba kita lihat, apa betul begitu. Ketika dipakai memotret di luar ruang, memang hasil foto yang didapat menakjubkan. Warna-warna yang terekam dan ditampilkan di layar, nyaris mendekati warna aslinya. Begitu pula dengan ketajaman gambar. Hasil foto yang diperbesar pun masih tetap terjaga ketajamannya. Memotret dengan menggunakan tricolour flash juga membuktikan kehandalan kameranya. Hasil foto tampak alami dan mendekati warna aslinya.

Ada pengaturan shutter speed secara manual. Ini memungkinkan kita merekam gambar dalam kondisi cahaya sangat minim. Syaratnya, ponsel harus dalam keadaan benar-benar diam. Bergerak sedikit akan mempengaruhi ketajaman gambar. Sayangnya, pengaturan speed secara manual ini hanya sampai 1 detik. Ada timer yang membantu agar ponsel tak goyang ketika tombol shutter di tekan. Selain di layar, ada pula tombol fisik di bagian sisi untuk memberikan pengalaman layaknya memotret dengan kamera DSLR.

Beberapa fasilitas pengaturan disematkan pada fitur kameranya. Seperti pilihan komposisi gambar, mulai dari rasio 1:1 untuk menghasilkan foto ukuran bujur sangkar, hingga ke rasio 16:9 untuk foto wide. Mode HDR bisa diaktifkan untuk mempertajam hasil foto.

Di dalam salah satu piliha moda, ada moda panorama super. Ini gunanya bila kita ingin mengambil gambar landscape. Cukup menyenangkan. Tapi pergerakan kamera tak sampai 360 derajat. Itupun ketika kita mengambil foto panorama, kamera (ponsel) harus diposisikan vertikal (tegak). Untuk fitur panorama ini, masih kalah kelas dengan kompetitor Hisense Pureshot, yang mampu menghasilkan foto panorama dengan sudut maksimal (360 derajat).

Dalam hal keunggulan kamera ini, Lenovo merasa perlu bekerjasama dengan fotografer National Geographic, Hannah Reyes, fotografer muda asal Filipina, untuk mengabadikan keindahan alam dan budaya negara-negara ASEAN. Termasuk Indonesia. Hasilnya memang luar biasa, seakan-akan diambil dengan menggunakan kamera DSLR profesional.

Multimedia

Bila kamera adalah fitur andalan utama smartphone Lenovo Vibe Shot, maka audio tampaknya tidak terlalu digenjot maksimal. Kualitas suara yang dikeluarkan speaker tidak terlalu nyaring, meskipun volume sudah disetel maksimal. Padahal, untuk urusan audio, smartphone ini dilengkapi dengan teknologi yang mereka sebut multidimensional atmos audio.

Memang suara yang terdengar cukup jernih dengan keseimbangan nada yang baik. Speakernya sendiri diletakkan di sisi bagian bawah.Untuk mendengarkan musik secara maksimal, disarankan menggunakan earphone/headset dengan kualitas bagus. Barulah audio yang terdengar sangat memuaskan.

Perekam suara yang disematkan sebagai salah satu fungsi di smartphone ini sebenarnya berfungsi dengan baik pula. Sensor perekam suaranya cukup sensitif untuk merekam suara dari luar. Hasil rekamannya jernih dan bisa tertangkap dengan jelas di telinga. Persoalannya Cuma pada kualitas keluaran suara dari speaker yang tak cukup nyaring. Jadi sekali lagi, sebaiknya mendengarkan hasil rekaman suara melalui headset.

Dalam informasi mengenai perangkat, disebutkan bahwa Vibe Shot memiliki RAM 3 GB. Ini besaran memori yang sangat memadai untuk melakukan fungsi-fungsi berat. Sementara dapur pacunya menggunakan prosesor Snapdragon 615 1,7 GHz octacore 64 bit dari Qualcomm. Spek tinggi untuk dapur pacu ini pada akhirnya memberikan kehandalan kerja prosesing. Ini dibuktikan dengan fungsi-fungsi yang berlari mulus ketika diaktifkan. Memang terasa sedikit ada overheat ketika ponsel menjalankan aplikasi dalam waktu agak lama. Tapi itu masih dalam tingkatan wajar.

Untuk gudang penyimpanan data, smartphone Lenovo Vibe Shot memiliki ruang penyimpan sebesar 32 GB. Kapasitas yang sudah cukup besar. Itu masih ditambah dengan slot memori eksternal jenis micro SD. Pilihan lainnya adalah, menyimpan data di Cloud Storage. Karena smartphone ini menggunakan desain unibody yang cover belakangnya tak bisa dibuka tutup, slot memori eksternal diletakkan di bagian sisi –begitu pula dengan slot dual sim card-nya. Untuk membuka penutup slot memang agak ribet, karena harus menggunakan pin pencukil –yang disediakan dalam boksnya.

Baterai

Kabar baik dari Lenovo adalah, Vibe Shot dilengkapi bateria lithium polymer berkapasitas 3000 mAh. Ini kapasitas yang besar dan sanggup menunjang penggunaan seharian. Baterainya sendiri tertanam paten di body ponsel, tak bisa dilepas pasang. Catatannya adalah, kapasitas besar baterainya tidak didukung teknologi fast charging. Sehingga, mengisi ulang baterai memerlukan waktu yang cukup lama.

Konektivitas

konektivitasVibe Shot disiapkan sebagai salah satu andalan Lenovo dalam menghadapi gelombang 4G LTE. Trasnmitternya sudah disiapkan untuk menerima frekuensi 4G LTE dari operator yang ada di Indonesia. Tak disebutkan dengan jelas, frekuensi 4G LTE mana saja yang bisa diterima smartphone ini. Pastinya, sudah disiapkan untuk jaringan operator 4G LTE di Indonesia. Tapi ingat, meski menyuguhkan fasilitas dual micro SIM card, hanya satu slot yang bisa dipakai untuk menjelajah jalur 4G LTE.

Dari penelusuran kami ke situs resminya, Lenovo Vibe Shot sudah mengantongi jaringan FDD-LTE Band: 2100(1)/1800(3)/2600(7)/900(8)/800(20) Mhz, dan TDD LTE Band: 2500 (41). Soal kecepatan, jaringan 4G LTE pada Lenovo Vibes Shot sudah masuk Cat 4, dimana mendukung kemampuan download dengan kecepatan 150 Mbps dan upload hingga 50 Mbps. Konektivitas lain seperti WiFi 802.11 b/g/n, WiFi hotspot, Bluetooth 4.1 LE, GPS, A-GPS sudah dibenamkan dalam smartphone ini.

Value for Money

Smartphone Lenovo Vibe Shot bisa disebut sebagai salah satu ponsel kamera 4G LTE yang cukup unggul. Prosesor Snapdragon 615 yang dikombinasi dengan 3GB RAM sudah cukup membantu kinerja kamera, termasuk mendongkrak performa smartphone secara keseluruhan. Memori internal sebesar 32GB pun cukup besar dipakai menyimpan hasil foto dan beberapa koleksi video.

Smartphone ini bukan tanpa minus. Mulai dari tak tersedianya fitur fast charging hingga kualitas sound yang kurang bisa mendukung performa di sektor multimedia. Tapi bisa dimaklumi karena Lenovo Vibe Shot lebih fokus ke sektor kamera.
SUMBER

 

sundari
sundari RSS
   Reg: 1 year ago
   Full Member 239 reps My Blog
Android

Posted 1 year ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.


riska44

Newbie 10 reps
Reg: 10 months ago
10 months ago (May 4, 2016 12:00 pm)     comment Comment Permalink   Print

tapi sayang banget masih pakai OS windows

 

user signature

microbakteri

Newbie 23 reps
Reg: 10 months ago
10 months ago (May 7, 2016 09:00 pm)     comment Comment Permalink   Print

!!WARNING!! AWAS BERBAHAYA!!

HANYA DENGAN UANG 50.000 ANDA BISA DAPAT RATUSAN DAN JUTAAN

VISIT LINK DIBAWAH INI:
[link URL]


TETAP SEMANGAT DAN BERUSAHA LOL

 


kiswinar  teguh

Newbie 10 reps
Reg: 5 months ago
5 months ago (Oct 12, 2016 11:14 am)     comment Comment Permalink   Print

Kalau misal HP ini sudah pakai OS android, langsung aku sikat deh setelah pulang dari sekolah nanti

 

user signature

ekllpoksjet

Newbie 2 reps
Reg: 5 months ago
5 months ago (Oct 13, 2016 02:16 pm)     comment Comment Permalink   Print

spesifikasinya kamera utamanya 16MP sudah hampir menyamai resolusi kamera dslr kereen.

 

user signature

androidcusto

Newbie 4 reps
Reg: 5 months ago
5 months ago (Oct 17, 2016 05:18 pm)     comment Comment Permalink   Print

Lenovo camera is the best while comparing from micromax and intex. I have lenovo vibe x2 phone

 

user signature

erplopew

Newbie 2 reps
Reg: 5 months ago
5 months ago (Oct 19, 2016 12:51 pm)     comment Comment Permalink   Print

lenovo sangan mengerti pasaran kebutuhan masyarakat saat ini dan memanfaatkannya.

 

user signature



Termotivasi untuk mereview suatu produk? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.