JUAL SPAREPARTS APPLE MAC BARU DAN BEKAS. AKSESORIES BORONGAN MURAH

 

Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

[Ask] Perbandingan HP dg Lensa Kamera tanpa & dengan Carl Zeiss juga Schneider Kreuznach
rss You are here: All : Questions : [Ask] Perbandingan HP dg Lensa Kamera tanpa & dengan Carl Zeiss juga Schneider Kreuznach
vote up
1
vote down

 

saya masih penasaran,
ada hp kamera dengan megapixel tinggi dilengkapi dg lensa Carl Zeiss (CZ) atau kadang ada pula yg Schneider Kreuznach (SK). sebenarnya apa sih yang membedakan hp yg tanpa atau dg lensa tsb diatas.

Jangan menjawab “tentu yg memakai lensa tsb (CZ atau SK) hasilnya lbh bagus. Kalo jwbnya itu tentu anak SD juga sudah tahu. Mungkin ada penjelasan teknisnya?? Ada yg hoby fotography tidak? biasanya lensa itu dipakai pada kamera digital yg tentu/biasanya hasil fotonya lbh bagus daripada hasil jepretan hp.

Nokia biasanya memakai CZ, sedangkan merk lain ada yg CZ ada pula yg SK. Perbedaab CZ n SK apa ya?

4 thumps up utk yg bisa jawab ini.

 

supercat
supercat RSS
   Reg: 6 years ago
   Full Member 205 reps My Blog
Nokia Camera

Asked 6 years ago

 

 

Komentar untuk pertanyaan Post a comment

 

 answer Click disini jika punya solusinya
Solusi terbaru/terbaik berada paling atas.


6 years ago
vote up
2
vote answer down

Ikutan nimbrung nih, sekedar berbagi sedikit pengetahuan yang saya punya

Terus terang saya belum pernah punya hp nokiyem atau soner yg kameranya CZ/SK. Hobby saya selama ini adalah photography, memang tidak salah apa yg teman2 sebutkan diatas, walaupun juga tidak sepenuhnya benar.
Di dunia photography secara umum lensa2 buatan Germany diyakini "lebih baik" daripada buatan Japan. Di sisi lain lensa2 Japan juga punya kelebihan (karakter) yang berbeda dibandingkan lensa2 buatan Germany (apalagi lensa jadoel).
Dari beberapa lensa yang saya miliki, pernah pinjam dan mencoba, ini adalah hasil yang saya peroleh :

Lensa2 Germany : warna bagus, natural, cocok buat portrait, ada juga lensa cenderung soft, walaupun untuk beberapa seri lensa Carl Zeiss sangat tajam (planar). Khusus CZ punya banyak seri lensa : planar, tessar, flektogon, biotar, dll yang menunjukkan struktur lensa. Saya punya satu buah SK lawas, warna bagus buat skin tone ciamik tapi cenderung soft (ketajaman kalah dgn lensa jepang), ada juga Rollei dan Voigtlander, yang juga tajam dan warna yang dihasilkan bagus banget. Oh ya ada yang ketinggalan, mbah-nya optik : Leica (waduh kalo yg satu ini udah nggak ngasih komentar deh).

Bagaimana dengan lensa2 Japan? saya punya Nikon, Canon, pernah juga ngetes Takumar (Pentax) banyak yang tajam, bahkan beberapa seri sangat tajam. Tapi kecenderungan warna tidak sebagus lensa Germany (menurut pendapat pribadi lho). Ada yang saturasi tinggi, dll.

Yang perlu diingat bahwa saat ini lensa2 Zeiss maupun Voigtlander sudah tidak dibuat di jerman lagi tapi oleh pabrik Cosina di jepang (lisensi dan QC dari Zeiss Germany). Tentunya ada perbedaan antara lensa lawas (asli Germany) dgn lensa2 modern. Apa saja? yang utama adalah bahan optik (glass sebagai bahan baku utama lensa) walaupun beberapa lensa modern memiliki kelebihan dari sisi teknologi coating yang lebih bagus.

Yang jadi pertanyaan bagi saya adalah : apa iya Nokia/Soner menggunakan material high class/first grade dari CZ untuk lensa mereka? asal tahu saja harga baru "prime lens" Carl Zeiss Planar 50mm f/1.4 tidak ada yang dibawah Rp.5 juta. Silahkan cek di toko2 online yang jualan lensa. Tentu harga optik lensa kamera tidak semahal itu tapi bisa dibuat sebagai perbandingan kan? Nah, apakah nama besar CZ/SK sudah bisa menjadi jaminan hasil foto bagus? tidak juga. Karena komponen kamera itu banyak, ada lensa, sensor, processor, dll. Percuma saja lensa bagus kalau sensor atau processor-nya tidak mendukung. Ibaratnya mesin F1 Ferrari dipasang ke body Honda City. Memang lensa memegang peranan penting karena sifatnya meneruskan "penangkapan cahaya" ke sensor, bila lensanya buruk maka sensor secanggih apapun tidak akan menerima "cahaya" sesuai yang kita inginkan.

Kira2 itu yang bisa saya share disini, the point is : merk tidak menjamin segala sesuatu pasti lebih bagus.

niceguy
niceguy
   Reg: 1 decade ago
   Full Member 198 reps
Modified 6 years ago.  

 

 

Engkong Voigt bukannya emang udah ditelen sama mbak Cosina ? ^^; -- kiryuu   6 years ago

 

3 years ago
vote up
0
vote answer down

Kalau kita membeli kamera DSLR (kamera yang lensanya bisa diganti-ganti), faktor lensa sangat berpengaruh terhadap kualitas gambar. Lensa yang bagus akan beda sekali hasil dan performanya dengan lensa yang pas-pasan. Tapi kalau Anda membeli kamera yang bukan DSLR (Digital Single Lens Reflector), baik kamera pocket ataupun kamera prosumer, faktor lensa ini boleh kita abaikan dan tidak perlu jadi bahan pertimbangan kita. Meskipun kamera tersebut menggunakan lensa Carl Zeiss, Leica, Schneider Kreuznach, dan lain sebagainya toh percuma saja karena produsen-produsen tersebut tetap harus menyesuaikan produknya dengan harga yang diminta.

Bila dilihat dari harga kamera yang berkisar antara 2-3 jutaan, maka besar untuk dipastikan produsen tadi hanya menggunakan lensa-lensa carl zeiss standar kebutuhan saja jadi bukan lensa dengan kualitas yang betul-betul top.

Lain halnya bila Anda menggunakan kamera DSLR. Saat Anda menggunakan lensa-lensa Leica atau Carl Zeiss, maka hasilnya akan meningkat secara significant, tapi tentu saja Anda harus merogoh kocek yang jauh lebih besar. Sebagai contoh, kalau menggunakan kamera Canon, bisa diketahui harga lensa jenis Canon 50 mm F1.4 kurang lebih 3 jutaan, sedangkan harga lensa Leica 50 mm F1.4 kurang lebih 30 juta.

ruslanefendie
   Reg: 3 years ago
   Newbie 5 reps

 

 

 

5 years ago
vote up
0
vote answer down

hmmmz. . . Klo mnurut aQ pribadi sih label2 or fasilitas yg sprti punx pngaruh pd produk. . . Smisal antara hp yg brlensa bla..bla..bla dg hp yg biasa tnpa lnsa bla..bla..bla.. Dpat d'lihat dr ktajaman hsil ft0 nx. . . Dan mnurutku lnsa smacam itu gk slalu mnghasil gmbr yg baik cz pngaruh fktor lain sprti ada nx fitur auto f0kus,maupun lmpu flash.. Dan tk lupa jg kmampuan prs0nal nx/org yg mm0tret dlm mmilih objek dg pncahayaan yg mmadai.

inti nx,klo ngm0ng kualitas gmbar jepretan gk bs hanx mngandalkan yg nma nx lnsa brmerk,

alikholifah
   Reg: 5 years ago
   Newbie 5 reps

 

 

 

5 years ago
vote up
0
vote answer down

wah...jd tmbh pngalaman neh ttng fotografi
ini pndpat saya pribadi?
Mau pake embel2 apapun(cz/sk/cs)kalo yg ngambil gambar ga tau ttg potografi ya hasilnya kurang bagus?
Bgt jg sebaliknya?sejago apapun yg ngambil gambar tp kalo kameranya payah,hasilnya jg kurang bagus

1011  wong
1011 wong
   Reg: 7 years ago
   Journeyman 78 reps

 

 

 

5 years ago
vote up
0
vote answer down

ya ampun.. yg jawab semua udah bagus, jawaban profesional semua, jelas dan gamblang. YANG NANYA NGATRO ga paham2, percuma

carlZeis
carlZeis
   Reg: 5 years ago
   Newbie 5 reps

 

 

 

6 years ago
vote up
0
vote answer down

jawaban2 diatas blm ada yg mengena dan msh mengambang. apakah keuntungan dg menggunakan CZ/SK/cybershot dll dibanding tanpa optik itu semua?
1. apakah ada peningkatan noise reduction
2. apakah ada peningkatan kepekaan terhadap cahaya, warna dsb
3. apakah mempunyai peningkatan ASA/ISO, fokus,aperture, dll?
4. atau peningkatan yg lain
seberapa signifikan peningkatannya? kalau peningkatan 10% saja, saya pikir kurang signifikan utk beralih dari kamera biasa ke kamera dg tambahan sub brand perush optik


1. menurut saya dari jawaban "kualitas" itu udah cukup mewakili.. tapi dari sisi lensanya saja.. nah fungsi lensa sendiri apa..?? dia cuman 'sifatnya meneruskan "penangkapan cahaya" ke sensor' ~as ari_w said..
2. betul tapi harus didukung perangkat lainnya..
3. asa/iso itu ada di bagian proses dan seting.. harus didukung perangkat lain juga.. klo fokus ya sebagian besar tergantung lensa.. apertur itu bukaan lensa.. ada hardware lain sebagai "kelopak"nya.. bukan dari lensa kalo ini..
4. hmm kalo ngomongin "kamera" itu satu paket.. ngga cuman lensa.. apalagi kamera hape ngga bisa ganti2 lensa.. jadi kita ga bisa bandingin hanya dari sisi LENSA.

kecuali kalo kita ngomongin SLR yang umumnya bisa ganti2 lensa boleh deh dibanding2..

oiya betul kata yang komentar2 sebelum saya dan sesudah saya bahwa merek bukan menjadi jaminan.. juga lensa bukan jadi patokan..

tonosaur
tonosaur
   Reg: 1 decade ago
   Addicted 1814 reps
Modified 6 years ago.  

 

 

 

6 years ago
vote up
0
vote answer down

Beberapa vendor handphone menggunakan lensa dari merk-merk ternama yang memang spesialis di kamera digital untuk menunjukkan bahwa mereka tidak sembarangan menggunakan jenis lensa atau modul kamera.
Hal ini tentu saja berkaitan positioning dan untuk keperluan marketing.
Sasarannya jelas: orang2 yang mengerti atau tahu bagaimana kualitas merk2 tersebut di bidang utamanya: kamera digital.
Siapa sih (yang berkecimpung di dunia perkameraan) yg gak tahu Carl Zeiss, Vario Tessar, Schneider Kreuznach, dan lain2?
Hal ini dibuat oleh vendor handphone karena pada dasarnya mereka memang tidak membuat lensa atau modul kamera sendiri kan? Jadi mereka harus bekerja sama dengan pembuat lensa atau modul kamera, dan tentu saja jika merknya disertakan akan mengangkat pamor handphone itu sendiri.

Contoh lain adalah Sony Ericsson yang memberi sub-brand Cyber-shot untuk handphone camera-centric nya, dengan harapan nama besar Cyber-shot dari Sony akan membuat image handphone tersebut menjadi lebih terkenal dengan kameranya.

Tapi tidak selamanya hal ini berhasil dalam kualitas. Beberapa handphone Nokia dengan Carl Zeiss ada yang tidak lebih bagus dari SE Cyber-shot, tapi sebaliknya ada juga SE-Cyber-shot yang kalah dengan yang tidak pake sub-brand atau kalah dari merk lain.

TRO
T-R-O
   Reg: 1 decade ago
   Addicted 1501 reps

 

 

Tambah lagi ada yang namanya lisensi pembuatan. Pabrikan lain dikasih ijin dengan standar tertentu untuk bikin produk (ecek ecek?) yang pakai label nama si perusahaan. Harganya lebih murah daripada musti bikin di pabrik aslinya (yang mungkin juga nggak ada fasilitas bikin lensa sekecil itu). Perlu juga tau sih, lensa itu pengaruhin apa, sensor pengaruhin apa, image processor pengaruhin apa. Nggak lantas satu bagus semuanya bagus :D -- kiryuu   6 years ago
@kiryuu: lantas, optic/lensa mempengaruhi apa ya? penangkapan? -- Andrea G   6 years ago
sedikit kesimpulan yg dpt saya ambil dari jwbn bro real one : 1. rata2/dlm byk kasus CZ lbh bagus dari cybershot. benarkah? 2. rata2/dlm byk kasus dg memakai optik dari perush CZ/SK lbh baik daripada optik biasa. bisa ksh contoh bro, yg tanpa ada yg lbh bgs drpd dg CZ/SK dg resolusi yg sama 3. CZ vs SK, pilih yg mana ya agar kualitas foto bagus? -- supercat   6 years ago

 

6 years ago
vote up
0
vote answer down

Quality control mungkin dalam pembuatan, atau kualitas bahan lensa dan coating.
Bisa pengaruhin ketajaman warnanya.

Soal desain lensa sebenarnya sama aja, pakenya Tessar. Aslinya desain dari Carl Zeiss, tapi patennya udah kadaluarsa lama banget dan dipakai sama banyak merek lain. Schneider Kreuznach di LG juga pakenya Tessar harusnya (IINM, yang paling murah dan kecil untuk lensa fotografi).
Cuma di jaman sekarang yang masih pakai nama desain lensa buat merek cuma CZ itu sih.

Seika
kiryuu
   Reg: 1 decade ago
   Veteran 907 reps
Modified 6 years ago.  

 

 

IINM apaan tuh bro? pilih CZ/SK ya bagusnya? -- supercat   6 years ago
Liat review hasil foto dan coba sendiri. Buat kamera handphone tuh seperti kata Ari, lensa doang nggak cukup buat pegangan kualitas hasil. -- kiryuu   6 years ago

 

6 years ago
vote up
0
vote answer down

jawabannya adalah kualitas..
dengan lensa berkualitas maka gambar yang dihasilkan akan lebih baik..

itu 1..
yang kedua itu sensornya sendiri..

Carl Zeiss dan Schneider Kreuznach itu produsen alat optik..

tonosaur
tonosaur
   Reg: 1 decade ago
   Addicted 1814 reps
Modified 6 years ago.  

 

 

kualitas yg gmna mas? jelaskan yg namanya kualitas? apakah dg pakai CZ/SK ada noise reduction, pewarnaan yg lbh baik, ASA yg tinggi atau bgaimana? tolong buat tmn2 yg pengetahuan fotografinya lumayan, bisa membagi ilmunya. -- supercat   6 years ago

 

6 years ago
vote up
-1
vote answer down

jawaban2 diatas blm ada yg mengena dan msh mengambang. apakah keuntungan dg menggunakan CZ/SK/cybershot dll dibanding tanpa optik itu semua?
1. apakah ada peningkatan noise reduction
2. apakah ada peningkatan kepekaan terhadap cahaya, warna dsb
3. apakah mempunyai peningkatan ASA/ISO, fokus,aperture, dll?
4. atau peningkatan yg lain
seberapa signifikan peningkatannya? kalau peningkatan 10% saja, saya pikir kurang signifikan utk beralih dari kamera biasa ke kamera dg tambahan sub brand perush optik

supercat
supercat
   Reg: 6 years ago
   Full Member 205 reps

 

 

1. Noise reduction: ini murni urusannya sensor. Noise itu karena sensor panas. 2. Kepekaan cahaya & warna: urusannya sensor juga. Warna, mungkin pengaruh, tapi rendering warna itu urusan chip pengolahnya. 3. ASA/ISO, itu urusan sensor. Fokus sama aperture itu emang dari lensa, tapi biasanya gak terlalu kepengaruh merek, mungkin ibarat mobil bensin ya semua pake bensin. Lensa yang saya tau itu pengaruhnya untuk hal semacam: - Abberation: warna berbayang akibat pembiasan cahaya yang nggak seragam untuk panjang frekuensi (warna) berbeda. - Ketajaman gambar yang diproyeksikan ke film/sensor (sehabis itu cuci tangan, urusan sensor), terutama di pinggir - Distorsi: gambar yang melengkung-lengkung terutama di pinggir. - Kontras dan warna (pengaruh pelapis dan bahan lensanya kali). -- kiryuu   6 years ago

 




Tidak puas? Browse tags berikut
Nokia Camera
Ad new topic Atau postkan pertanyaan sendiri
Get daily update for this topic:

 

Hanya JAWABAN yang di postkan di form ini. KOMENTAR gunakan menu "Post a comment"
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.

Selamat datang di Forumponsel. Indonesia's gadget talk. Dapatkan fitur lengkap dengan login.


Pertanyaan terkait


Search database:
Min. 4 characters


Daftar/Login dengan
Facebook Twitter Yahoo
Google Wordpress Blogger


Username
Password