Search di seluruh kategori All Tags Lihat seluruh tags Lihat popular tags di bawah halaman

 

Asal Usul Berdirinya Kota Surabaya, Jawa Timur-Indonesia
rss You are here: All : Share : Asal Usul Berdirinya Kota Surabaya, Jawa Timur-Indonesia
vote up
0
vote down

Print     answer Comment  

 


Kota Surabaya merupakan ibukota Jawa Timur, Indonesia dan menjadi kota terbesar yang ke-2 setelah Jakarta. Bahkan kota ini juga menjadi pusat perdagangan, bisnis, pendidikan dan industri. Kota ini mempunyai luas kurang lebihnya 350.54 km² dengan jumlah penduduk 2.767.537 jiwa. Sementara untuk kawasan metropolitan kota ini yakni Gerbang Kertosusilo yang memiliki penduduk 10 jt jiwa dan sekaligus menjadi kawasan metropolitan dengan tingkat terbesar ke-2 setelah Jabodetabek. Selain itu, kota yang disebut sebagai Kota Pahlawan ini dilayani oleh dua pelabuhan yaitu Pelabuhan Ujung dan Pelabuhan Tanjung-Perak serta bandar udara yaitu Bandara International Juanda. Lantas bagaimana asal mulanya Kota Pahlawan ini? Menurut IDT Phillipine dalam bukti sejarah telah menunjukkan bahwa Kota Pahlawan ini sudah ada pada zaman kolonial, seperti adanya prasasti Trowulan I dengan angka 1358 Masehi.
Isi prasasti tersebut mengungkapkan bahwa Surabaya zaman kolonial masih berupa perdesaan yang berada di pinggir sungai brantas dan menjadi tempat penyeberangan terpenting sepanjang aliran air sungai Brantas tersebut. Bahkan kota ini juga tercantum didalam pujasastra karya Kakawin Nagarakretagama yang menceritakan tentang perjalanan Hayam Wuruk tahun 1365 Masehi. Meskipun dalam bukti tertulis mencamtumkan nama Kota Pahlawan ini di angka 1358 Masehi dalam (Prasasti Trowulan) dan 1365 Masehi dalam (Nagarakretagama), tetapi para ahli bidang geologi berpendapat bahwa wilayah Kota Pahlawan ini sudah ada sebelum munculnya tahun 1358 M dan 1365 Masehi. Menurut pendapat dari Von Faber selaku budayawan Kota Pahlawan tersebut bahwa wilayah kota ini sebenarnya didirikan mulai tahun 1275 Masehi oleh Kertanegara sebagai salah satu tempat prajuritnya yang sukses menuntaskan pemberontakan tahun 1270 Masehi.
Pendapat lainnya menyatakan bahwa Kota Pahlawan ini dulu sebuah wilayah yang dinamakan Ujung Galuh. Bahkan ada yang menyebut, asal mulanya Kota Pahlawan ini berasal dari adanya cerita mengenai perkelahian antara Sawunggaling dan Adipati Jayengrono. Adu kesaktian antara Sawungggaling dengan Adipati Jayengrono dilakukan di daerah Peneleh, tepi Kali Mas. Perkelahian tersebut berlajalan 7 hari 7 malam dan peperangan berakhir tragis karena keduanya sama-sama meninggal karena kehabisan tenaga. Jadi, akhirnya Nama Surabaya dikukuhkan oleh Arya Lembu sebagai penguasa wilayah Ujung Galuh abad 14.

 

celestyn123di
   Reg: 2 months ago
   Newbie 5 reps My Blog
Surabaya

Posted 1 month ago

 

 

 answer Punya pendapat? Jangan disimpan. Click disini
Komentar terbaru paling bawah.




Punya informasi bagus apa hari ini? Ad new topic Post-kan di sini

 

Be nice. Respect member lain jika ingin di berikan respect yang sama. Be funny dan useful!
Logged in as Guest

18 + 1 =
Untuk melihat Preview, click: diatas form.

 

Topic-topic yang mirip dengan diatas, browse tags berikut
Surabaya
Atau Search Forumponsel database:
Related topics
Get daily update for this topic: