JUAL APPLE SPAREPARTS DAN ACCESSORIES ASLI KONDISI BARU DAN BEKAS. EX SERVICE CENTER RESMI

 

Blog entries oleh sundari

2 months ago   -   1 comments   -   110 views
vote up
0
vote down

Microsoft Indonesia melihat bahwa pesatnya transformasi digital menuntut dunia pendidikan untuk ikut bertransformasi. Bukan hanya teknologi, kemampuan tenaga pendidik yang mampu memanfaatkan teknologi pun tidak kalah penting untuk menyukseskan transformasi ini.

Menurut survey yang dilakukan oleh Microsoft terungkap bahwa satu dari tiga tenaga pendidik menghadapi tantangan berat dalam mengoptimalkan teknologi yang digunakan di ruang kelas karena kurangnya skillsets dari masing-masing guru. Untuk itu, pelatihan guru menjadi salah satu faktor terpenting dalam melakukan transformasi digital di dunia pendidikan.

“Kami melihat bahwa banyak sekolah di Indonesia sudah mulai mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulum pelajaran. Akan tetapi, belum banyak guru yang mendapatkan pelatihan mengenai teknologi. Padahal, teknologi berkembang dengan begitu pesat. Guru memiliki banyak pilihan teknologi yang dapat mendukung terciptanya proses belajar mengajar interaktif,” jelas Benny Kusuma, Education Lead, Microsoft Indonesia.


SUMBER

Indonesia, sebagai salah satu negara berkembang dengan tingkat penggunaan internet dan media sosial tinggi, tentunya tidak ingin ketinggalan untuk memanfaatkan teknologi yang dapat mengasah skillsets generasi muda. Dinas Provinsi Jawa Tengah pun menjadi salah satu provinsi yang tengah mempersiapkan dunia pendidikan sebagai ujung tombak dalam menghadapi transformasi digital.

Melalui penggunaan komputasi awan, Pemerintah Jawa Tengah berupaya mendorong 70% sekolah di provinsi ini agar menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berbasis teknologi, sehingga calon-calon lulusannya bisa langsung bekerja atau menjadi technopreneur berkualitas.

Setali tiga uang dengan visi dan misi Microsoft untuk memberdayakan individu dan organisasi di seluruh dunia agar bisa melakukan yang lebih baik, Pemerintah Jawa Tengah pun menjalin kerjasama dengan Microsoft Indonesia untuk memajukan dunia pendidikan berbasis teknologi di Jawa Tengah. Bentuk kerjasama ini dilakukan melalui program ‘Training on Trainers’ di mana Microsoft Indonesia bahu-membahu bersama Pemerintah Jawa Tengah untuk melatih para guru agar lebih siap dalam menghadapi era digital.


SUMBER

Jasman Indradno, Kepala Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Provinsi Jawa Tengah mengatakan, “Teknologi memainkan peranan yang krusial dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Bukan hanya mampu menjadikan proses belajar mengajar semakin menarik, teknologi juga mendorong efektivitas dan efisiensi guru serta murid.”

Program ‘Training of Trainers’ berlangsung selama 32 jam dan dilakukan dalam jangka waktu dua hari secara tatap muka serta daring di education.microsoft.com. Adapun materi yang diberikan dalam pelatihan ini meliputi pengenalan teknologi komputasi awan serta penggunaan Office 365, Office Mix, Sway, Microsoft Educator Community, dan OneNote Class Notebook yang mampu mendorong siswa untuk belajar secara kolaboratif.

“Melalui OneNote Class Notebook misalnya, para guru dapat menciptakan satu halaman OneNote untuk setiap pelajaran yang berbeda. Mulai dari Sejarah, Matematika, hingga Bahasa Inggris. Dikarenakan sifatnya yang kolaboratif, pelajaran-pelajaran tersebut sanggup menyajikan sudut pandang pembelajaran yang berbeda di setiap kelas dan semakin meningkatkan rasa ingin tahu siswa,” jelas Jasman.

 

Microsoft

 


2 months ago   -   0 comments   -   124 views
vote up
0
vote down

OK, ini adalah jamannya smartphone dimana semua aktivitas pekerjaan atau bahkan permainan Anda bisa dilakukan di dalamnya, dan tentunya semakin banyak fungsi atau fitur yang ada tersebut akan juga semakin banyak memakan daya baterainya. Dan tentunya, Anda harus juga rajin mengisi. Namun, bagaimana jika dalam proses pengisian baterai smartphone berjalan lambat?

Baterai smartphone yang ada sekarang memang bisa dipastikan memiliki kapasitas yang cukup besar, bahkan bisa dibilang cukup untuk bertahan untuk menemani aktivitas keseharian. Namun hal tersebut tak menutup bahwa Anda juga harus mengisi ulang dayanya lagi. Dan smartphone yang sekarang dibutuhkan adalah yang memiliki proses pengisian cepat, namun bila perangkat Anda sudah hilang kemampuan pengisiannya, ikut beberapa tips kami ini.

Pengisian yang cepat, tentunya memberikan penghematan waktu yang sangat baik dalam memenuhi aktivitas keseharian pengguna. Dan biasanya, smartphone yang tidak ‘bermasalah’ akan memiliki kemampuan tersebut, jadi perhatikan cara mengetahui dan mengatasi pengisian baterai smartphone Anda yang mungkin sudah mulai melemah.

Kabel Rusak

Jika baterai smartphone yang ada isi berjalan perlahan, hal yang paling pertama kami sarankan untuk memeriksanya adalah pada kabel chargernya. Cermatilah kondisi kabel tersebut, apakah dalam keadaan baik atau bahkan sebaliknya. Arus listrik akan berjalan baik jika memang kabel yang dilaluinya dalam kondisi yang baik pula, karena sebagian dari pengguna ada yang suka menyebarangkan kondisinya. Terlipat, terinjak membuat bagian dalam kabel akan mulai patah yang berakibat akan menghambat jalannya arus listrik dalam pengisian baterai.

Selain bagian dalam kabel yang mungkin memiliki banyak masalah, sisi lain yang masih satu bagian darinya juga yakni konektor pun perlu diperiksa pengguna. Biasanya, konektor yang tidak menempel dengan tepat dan kuat akan juga menjadi kendala proses pengisian. Pastikan konektor yang ada pada setiap ujung kabel dalam kondisi baik, sehingga hal itu akan memberikan pasokan listrik untuk pengisian baterai smartphone menjadi lebih cepat.

Sumber Listrik

Perhatikan dimana Anda mengisi baterai smartphone. Karena hal ini turut menyumbang seberapa cepat proses pengisian itu berlangsung. Jika Anda menggunakan PC Anda untuk mengisi baterai smartphone, maka ponsel tentu akan berjalan cukup lambat. Bahkan meski konektor PC sudah mendukung konektivitas USB 3.0, output energi standar yang dikeluarkannya hanya 9Amphere (karena untuk USB type 2.0 kekuatannya hanya sebebsar 5mA). Kekuatan tersebut pun bisa didapat dalam keadaan ideal, namun bila ada kerusakan kabel USB atau port tentunya aliran listrik akan sedikit lebih rendah.

Selain itu, jika Anda menggunakan wireless charging, tentunya hal ini juga tidak memiliki kekuatan yang cepat dalam proses pengisian baterai smartphone. Arusnya pun sama berjalan dengan lambat. Memang, meski sebenarnya pengisian baterai secara nirkabel adalah hal yang cukup bisa dibilang keren dan menjadi trendi saat ini. Namun, pengisian nirkabel hanya akan memakan waktu banyak karena selain proses mengisi, konektivitas antar perangkat pun akan berjalan dan ini yang menjadi amat sia-sia. Dilain sisi ponsel harus terkoneksi dengan perangkat charger, namun dalam satu waktu juga pengisian baterai smartphone berjalan.

Adaptor

SUMBER

Selain kabel dan juga konektor, salah satu yang patut juga menjadi sorotan adalah adaptor atau kepala charger yang harus diperhatikan. Seperti halnya kabel, adanya kerusakan fisik bisa menjadi salah satu hal yang mengakibatkan proses pengisian baterai smartphone menjadi lambat, bahkan dalam beberapa kasus menjadi masalah besar. Untuk itu, perhatikan apakah kondisi fisik dari adaptor ini dalam kondisi baik, jika memang sudah rusak atau ada sedikit lubang maupun sudah retak sebaiknya segera ganti. Pasalnya, arus listrik akan pertama kali masuk melalui adaptor, jika ada sedikit tetesan air yang masuk tentu akan bisa berdampak besar. Untuk itulah, kurangi resiko dengan mengganti adaptor yang memiliki kecacatan fisik.

 

Tips-tricks

 


1 year ago   -   1 comments   -   914 views
vote up
0
vote down

Para pengguna smartwatch rata-rata sudah memiliki smartphone yang selalu menemani aktivitas sepanjang hari. Lalu kenapa masih butuh smartwatch? Jam pintar hadir sebagai jawaban atas kebutuhan sebuah perangkat teknologi yang mengkombinasikan antara gaya hidup modern dan kebutuhan update informasi yang mudah diakses.

Tak bisa dimungkiri, kehadiran smartwatch berhasil merevolusi cara kita mengakses informasi. Kita tidak perlu merogoh kantong atau tas untuk mengambil smartphone dan mengecek pesan dari email dan media sosial. Semua notifikasi bisa dilihat pergelangan tangan. Berikut ini kami berikan 7 alasan penting kenapa kita harus segera mulai menggunakan smartwatch.

1. Mendukung Lifestyle


SUMBER

Tren fashion masa kini mulai mengarah ke smartwatch yang banyak bermunculan dengan berbagai gaya dan tampilan yang apik. Jam pintar membuat pergelangan tangan kita terlihat lebih seksi dan menarik. Ada gaya klasik tampilan mirip arloji dengan tali kulit atau stainless steel. Ada juga tampilan modern dengan tali terbuat dari silicon fleksibel. Selain itu ada juga yang tahan air dengan kaca yang dilapisi anti gores gorilla glass.

Beberapa vendor coba menghadirkan berbagai desain smartwatch dengan tipe berbeda-beda seperti bergaya sporty, bergaya klasik hingga berbentuk gelang dengan lapisan emas 18 karat. Sekarang kita bisa menemukan smartwatch keluaran Samsung. Produsen smartphone tersebut baru meluncurkan inovasi jam pintar dengan desain elegan. Penyuka gaya modern minimalis bisa memilih model Samsung Gear S2. Sementara penggemar jam tangan ‘tradisional’, bisa memilih Samsung Gear S2 Classic dengan sentuhan akhir warna hitam yang elegan dengan tali jam dari kulit asli.

Selain trendi, jam pintar ini juga cocok dipakai untuk berbagai aktivitas, termasuk kegiatan outdoor seperti berenang. Karena Samsung Gear S2 telah memiliki sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dan debu. Smartwatch memang didesain khusus untuk mendukung penampilan penggunanya sambil tetap selalu terkoneksi tanpa harus mengganggu aktifitas yang sedang dilakukan.

2. Melihat Waktu Lebih Informatif


SUMBER

Fungsi utama sebuah jam yaitu untuk melihat waktu. Jika sebelumnya kita harus repot mengeluarkan smartphone untuk melihat jadwal sambil mengecek update email, kini ‘kepintaran’ yang dimiliki ponsel bisa menempel di pergelangan tangan. Namun, smartwatch lebih dari sekadar penunjuk waktu. Dengan jam pintar, kita bisa mendapatkan berbagai fitur cerdas seperti notifikasi penting dari sosial media, chatting hingga mendengarkan musik.

3. Lebih Personal


SUMBER

Smartwatch di pergelangan tangan kita bukan hanya sekedar jam, tapi bisa berperan sebagai asisten pribadi. Sebab jam pintar akan mengingatkan kita agar bisa melakukan aktivitas. Sehingga semua kegiatan berjalan dengan lebih efektif.

Sebagai cerminan pribadi, piranti ini memungkinkan kita untuk mengganti tali jam dengan sekali klik, dan mengubah tampilan jam yang lebih personal dan canggih tergantung dengan waktu, tempat, dan aktivitas. Seperti Samsung Gear S2 yang menawarkan fitur untuk tali jam berwarna silver atau putih, juga tampilan UX yang intuitif dan dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan aktifitas kita sehari-hari. Jam ini juga memiliki bezel yang dapat diputar dan dilengkapi dengan dua tombol, yaitu Home dan Back. Sehingga kita dapat lebih cepat dan tepat dalam mengakses notifikasi dan aplikasi dengan lebih cepat.

4. Membuat Kita “Stay Connected” Dengan Smartphone


SUMBER

Kebanyakan smartwatch dirancang secara khusus sebagai perangkat pendamping smartphone yang terkoneksi melalui Bluetooth. Jam pintar mampu melakukan semua hal yang kita bisa dilakukan smartphone. Jam akan bergetar ketika ada panggilan telepon masuk, email, SMS, notifikasi sosial media, Facebook messenger, WhatsApp, Path, Twitter dan berbagai update lainnya.

Smartwatch juga memberitahukan informasi cuaca, jadwal penerbangan, informasi kemacetan, even tertentu di kalender dengan cepat dan mudah. Gadget ini juga akan notifikasi yang terlewat juga akan diingatkan kembali. Salah satu smartwatch yang memiliki kemampuan untuk melakukan pengaturan khusus adalah Samsung Gear S2. Jam pintar ini memungkinkan kita untuk memilih notifikasi tertentu saja yang kita inginkan dengan menggunakan aplikasi Gear Manager di smartphone.

5. Meningkatkan Kualitas Kesehatan


SUMBER

Hampir semua smartwatch terbaru yang beredar di pasaran diintegrasikan dengan alat pelacak kebugaran (fitness trackers) untuk memonitor aktifitas fisik dan tingkat kesehatan penggunanya. Smartwatch dapat memotivasi kita untuk terus bergerak membakar kalori dan menjaga pola hidup sehat. Seperti misalnya fitur kesehatan 24-hour Activity Log pada Samsung Gear S2 yang akan merekam dan menampilkan semua kegiatan yang dilakukan setiap hari.

Wearable device ini juga akan memberi saran untuk menjaga kesehatan kita lebih baik melalui berbagai indikator kesehatan seperti monitor denyut jantung, atau GPS. Fitur-fitur tersebut memungkinkan kita untuk melacak jumlah langkah, kecepatan lari, jarak tempuh, jumlah kalori yang terbakar, detak jantung dll, sehingga kebugaran dan kesehatan lebih terjaga.

6. Dukungan Fitur Dan Aplikasi Yang Komplit


SUMBER

Salah satu alasan penting saat memilih smartwatch yaitu kompatibel dengan smartphone yang kita punya. Selain itu, kita juga akan menimbang seberapa lengkap fitur serta aplikasi dalam satu gadget. Maka, banyak konsumen yang menyarankan agar vendor smartwatch sesuai dengan vendor smartphone-nya. Sedangkan para pengguna smartphone Android bisa lebih bergembira karena banyak pilihan smartwatch. Salah satunya Samsung Gear S2 yang menjadi smartwatch pertama keluaran Samsung, yang dirancang untuk mendukung konektivitas dengansmartphone Android 4.4 yang memiliki RAM minimal 1,5 GB. Menurut rencana, Samsung Gear S2 juga akan tersedia di platform iOS.

7. Membuat Hidup Kita Lebih Mudah


SUMBER

Waktu adalah uang. Dengan menggunakan smartwatch kita bisa mengurangi waktu yang terbuang untuk ‘memainkan’ smartphone. Kita bisa memeriksa segala hal penting yang datang ke smartphone hanya dengan menengok pergelangan tangan. Selain itu, smartwatch bisa menjadi remote untuk memotret pada smartphone. Jam pintar juga akan merespon perintah suara. Instruksi tersebut akan dijalankan oleh ponsel pintar.

Smartwatch diprediksi akan menjadi tren baru di era modern ini. Jam pintar bisa terus melekat di pergelangan tangan semua orang mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Karena kehadiran teknologi baru melaluismartwatch akan membuat hidup kita lebih mudah dan nyaman. It’s #Time2Change with Samsung Gear S2.

 

Samsung

 


1 year ago   -   7 comments   -   643 views
vote up
0
vote down

Layanan 4G LTE atau Long Term Evolution yang memungkinkan akses Internet super cepat sudah mulai digeber di Indonesia. Bayangkan, dengan layanan ini, kecepatan bisa melesat hingga 150 Mbps. Sementara layanan sebelumnya yang berbasis 3G/HSDPA atau 3G hanya bisa ngebut sampai 14 Mbps.

Pengujian yang pernah dilakukan ArenaLTE.com mencatat, jika kecepatan rata-rata 4G LTE operator bisa mencapai 5-20 Mbps. Wow! Sementara dengan 3G, idealnya mendapatkan kecepatan 1 Mbps saja sudah bagus.

Kalau biasanya akses Internet sering putus, kurang mulus, atau lemot saat memakai layanan 3G, maka dengan layanan 4G LTE kita tidak akan terganggu lagi karena Internetnya lebih gesit. Mau tahu seberapa cepat akses perbandingan layanan 4G LTE dengan kecepatan 3G?

Sekadar ilustrasi saja, untuk men-download game 30 MB dengan layanan 3G, umumnya butuh waktu 22 detik. Sementara itu, dengan layanan 4G hanya 4 detik saja. Buat loading streaming musik memakai 3G rata-rata butuh 15 detik, tapi dengan 4G cukup 1 detik.

Layanan 4G yang dihadirkan operator sudah mulai komersial sekarang. Kini, yang jadi masalah adalah keberadaan handset atau perangkatnya. Setahun lalu, memang agak sulit mencari smartphone 4G LTE dengan harga terjangkau, ditambah rata-rata banderolnya masih selangit. Tapi, sekarang tak perlu khawatir karena sudah banyak gadget 4G yang harganya terjangkau. Nah, salah satu smartphone branded dengan harga terjangkau yang bisa Anda jumpai di pasaran adalah Samsung Galaxy J2.

Bukan apa-apa sih, Galaxy J2 ini harganya terjangkau banget, gak sampai IDR 2 juta. Buat kantong anak muda cocok banget. Buat akses 4G sepertinya juga lebih asik karena sudah punya dukungan multi band. Banyak lho smartphone lain yang harganya beda-beda tipis, tapi cenderung terbatas band-nya, alias hanya bisa dipakai buat akses 4G operator tertentu saja.


SUMBER

Streaming Lancar

Meskipun harganyanya affordable, smartphone ini bisa menerima dan mengirim data 4G LTE melalui spektrum frekuensi yang disediakan semua operator telekomunikasi di Indonesia. Jarang lho, smartphone harga terjangkau punya kemampuan seperti ini.

Ini dia sedikit informasi teknisnya, Samsung Galaxy J2 mendukung 4G FDD-LTE band 1 (2.100 MHz), 3 (1.800 MHz), 5 (850 MHz), 8 (900 MHz), 20 (800 MHz), dan 4G TDD-LTE band 40 (2.300 MHz). Soal kecepatan, Galaxy J2 mengandalkan LTE Cat. 4 yang memiliki kecepatan download 150 Mbps dan upload 50 Mbps.

Informasi di atas mungkin agak rumit ya? Tapi intinya, smartphone ini sangat fleksibel karena bisa dipakai mengakses Internet menggunakan layanan 4G LTE yang disediakan semua operator. Tinggal pilih saja. Buat streaming video, Anda biasanya harus menunggu waktu buffering sampai 40 detik. Nah, dengan layanan 4G hanya 3 detik saja, video sudah nongol. Browsing multimedia dengan 3G biasanya butuh 10 detik dan kadang-kadang tidak mulus, kalau dengan 4G tak sampai 3 detik lho.

Jadi Lebih Narsis


SUMBER

Dengan koneksi 4G yang ngebut, buat Anda yang gemar upload konten video narsis di YouTube sepertinya tak perlu menunggu lama-lama lagi deh. Kalau dulu, saking bosannya nunggu upload sukses harus bikin kopi dulu, tidur siang dulu, atau main game dulu. Sekarang, baru dua-tiga kali kedip mata saja tahu-tahu video sudah nongol di YouTube.

Uploading foto di Facebook lewat gadget biasanya harus menunggu sekitar 25 detik. Sekarang, 5 detik saja, foto sudah langsung bisa dilihat temen-temen. Oh ya, Samsung Galaxy J2 juga bisa dipakai ngerekam video dengan kualitas bagus.

Smartphone ini punya kamera yang cocok buat dipakai selfie dan upload foto-foto bagus di Instagram atau Path. Kamera belakangnya punya aperture f/2.2 dengan resolusi 5 MP plus autofocus. Kamera depan yang biasa dipakai selfie punya resolusi 2 MP fixed focus, aperture/2.2. Pokoknya, kualitas foto selfie memakai Galaxy J2 oke lah. Kita pun tidak akan ketinggalan momen karena bisa akses cepat ke kamera dengan manfaatkan fitur Quick Launch. Caranya, cukup tekan dua kali tombol Home. Jadi, sekarang saatnya Anda menciptakan foto-foto kreatif!

Enaknya lagi, semua foto dan video kelihatan lebih natural, realistis, dan jernih di layar seluas 4,7 inci. Layar Super AMOLED yang ditanamkan di Galaxy J2 merupakan salah satu teknologi display dengan kualitas terbaik di dunia. Ngehits banget!
Baca di sini untuk pelajari detail menarik lain dari Samsung Galaxy J2!

Hiburan dan Komunikasi Makin Nyaman


SUMBER

Sesibuk apa pun, Anda tetap butuh hiburan kan? Nah, Samsung Galaxy J2 bisa mengakomodasi kebutuhan ini. Soal game, musik, dan video offline atau yang sudah terinstal dan ada dalam smartphone sudah biasa dong. Tapi, dengan dukungan jaringan 4G LTE dalam Galaxy J2 ini, fasilitas seperti game, musik, dan video makin asik dan seru lho.

Penggemar game online seperti Clash of Clans? Jangan khawatir permainan terhenti tiba-tiba atau loading lama gara-gara Internet seret. Atau Anda doyan mendengar musik online dan nonton video streaming? Semuanya wuss, wuss, wuss, lancar tanpa gangguan berkat jaringan 4G LTE.

Semua jalur komunikasi yang tersedia juga jadi benar-benar optimal cukup memakai Samsung Galaxy J2. Selain telepon, SMS, dan chatting yang sudah umum kita pakai sebagai sarana komunikasi, kini kita juga bisa menikmati video chat tanpa gangguan lho. Mau ngobrol lewat Whatsapp, video chat di Line atau Skype semuanya aman. Kok bisa? Dengan kecepatan 5-20 Mbps dijamin tidak akan putus-putus.

Kesimpulannya Apa Dong?

Ternyata, sekarang tidak perlu lagi handset mahal untuk bisa menikmati Internet super ngebut. Banyak smartphone affordable yang sudah tersedia di pasaran, salah satunya Samsung Galaxy J2. Bahkan, nyaris semua aktivitas bisa dilakukan dengan perangkat yang satu ini.

Samsung Galaxy J2 bisa mewakili kebutuhan anak muda yang gemar bereksperimen dengan meng-upload konten video kreatif di YouTube. Juga cocok buat Anda yang lebih suka beraktivitas di sosial media seperti Facebook, atau bagi yang gemar upload foto berkualitas di Path dan Instagram. Bahkan, bisa dipakai buat hal yang lebih produktif seperti menjalankan bisnis via e-mail atau toko online.
Nah, pastikan Anda masuk ke sini untuk tahu berbagai hal menarik dari Galaxy J2.


 

Android

 


1 year ago   -   5 comments   -   458 views
vote up
0
vote down

Lenovo sepertinya percaya pasar Indonesia menyambut positif kehadiran Phab Plus. Tak heran, dalam hitungan bulan sejak diperkenalkan di Tiongkok, Lenovo Phab Plus masuk Indonesia. Bahkan Lenovo optimistis desain ‘bongsor’ Lenovo Phab Plus serta spesifikasi memadai bisa menjaring kaum milenial. Apalagi harga jualnya pun cukup menggiurkan.

Lenovo Phab Plus berusaha memutus gap antara tablet berlayar besar dan smartphone berlayar kecil. Perusahaan boleh optimistis dan percaya diri, tapi ujung-ujungnya yang memutuskan adalah kalian. Nah, review Lenovo Phab Plus mungkin bisa membantu kalian memutuskan apakah kombinasi smartphone dan phablet ini memang layak dibeli.

Desain

Pihak Lenovo menegaskan jika Phab Plus memiliki ukuran pas untuk orang Indonesia, yaitu 6,8 inci. Review Lenovo Phab Plus diklaim optimal untuk penggunaan satu tangan. Tapi nyatanya, buat saya cukup sulit untuk memegang phablet ini dengan satu tangan karena bodinya terlalu lebar. Terpaksa saya harus memegangnya dengan dua tangan, tak beda jauh seperti saat mengoperasikan tablet.

Bodi di sektor belakang yang terbuat dari material logam terasa agak licin, jadi supaya tidak tergelincir saya harus berhati-hati saat menimangnya. Oh ya, produk yang saya uji memiliki warna belakang honey gold alias keemasan. Pihak Lenovo sendiri menyediakan dua warna lain yakni Gunmetal Grey dan Titanium Silver.


SUMBER

Tampangnya sih cukup premium terbuat dari aluminium dengan sentuhan akhir solid dan coating berkualitas baik. Lekukannya terinspirasi dari aviation dibalut dalam rancangan unibodi, sekilas terlihat seperti iPhone 6 versi raksasanya. Buat yang gemar narsis atau kamu yang ingin sedikit show off, ukuran Lenovo Phab Plus yang bongsor ini cukup menarik perhatian.

Display

Lenovo sepertinya sengaja menawarkan phablet ini dalam ukuran ‘tanggung’ sebagai diferensiasi. Berdasarkan review Lenovo Phab Plus kami, secara tampilan sulit menyebutnya sebagai tablet tapi juga kurang pas memasukkannya dalam kategori smartphone. Lenovo sendiri sudah membocorkan strateginya jika produk ini membidik kalangan millennial yang ingin beda dari yang lain.

Coba tengok layarnya yang jumbo dengan bentangan 8 inci. Untung saja Lenovo Phab Plus ini disuntik display berbasis IPS ditandem resolusi full HD 1080×1020 piksel.  Kita akan mendapat densitas piksel 326 ppi sehingga gambar pada layarnya yang besar tetap terlihat tajam dan detil. Alhasil, ukurannya yang besar ini benar-benar bisa dimaksimalkan buat bermain game dan menonton film.

Reproduksi warna serta gambar terlihat natural dan tetap nyaman dilihat dari viewing angle berbeda. Tapi dalam kondisi outdoor, kamu harus memaksimalkan tingkat kecerahan gambar atau kontrol brightness-nya. Kalau tidak, gambar yang tertampil kurang begitu terlihat. Sayang, layar sentuhnya hanya bisa menerima 5 sentuhan jari secara bersamaan dan tak didukung panel anti gores. Tapi sensitivitas layar terhadap sentuhan jari cukup baik.

OS dan Antarmuka

Android 5.0.2 Lollipop menjadi andalan Lenovo Phab Plus. Secara garis besar, phablet ini menyuguhkan pengalaman Android Lollipop standar dengan suguhan sedikit peningkatan visual serta menyisipkan satu dua fitur berbeda. Review Lenovo Phab Plus untuk user experience-nya sih cukup memuaskan, transisi antar menu terasa cepat, efisien dan ringan.

Untuk mempermudah navigasi, khususnya karena layar Lenovo Phab Plus cukup lega, perusahaan menyediakan mode satu tangan. Lenovo menambahkan single-handed micro-screen dan wide touch sehingga kita bisa dengan mudah mengoperasikannya dan melakukan beberapa hal sekaligus dengan cara lebih praktis.

Pada mode single handed micro-screen, kita bisa membuat tampilan layar menjadi lebih kecil sehingga formatnya berubah menjadi jendela baru di dalam layar. Nah, mode ini membuat kita bisa mengoperasikan Phab Plus dengan satu tangan saja. Jika fitur ini aktif, gambarkan huruf ‘C’ di layar maka layar akan mengecil otomatis. Posisinya pun bisa disesuaikan mau ditaruh di kiri atau kanan layar.

Sementara di mode wide touch, kita bisa memunculkan floating button dengan setup yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Di floating button ini kamu bisa menyisipkan shortcut aplikasi hingga beberapa atribut navigasi seperti misalnya tombol ‘back’.

Kita juga bisa mengetuk layar dual kali untuk menyalakan layar, menekan dalam waktu lama di mana saja di layar untuk memotret foto, mengguncang untuk mengunci perangkat, menciptakan keyboard satu tangan yang bisa menyesuaikan dengan posisi tangan.

Kamera

Lenovo Phab Plus menanamkan kamera utama 13MP di bagian belakang ditunjang dual LED flash dan fitur auto fokus. Sementara kamera depan mengandalkan resolusi 5MP dengan lensa wide angle. Bicara kemampuan, menurut saya resolusi yang ditawarkan smartphone ini sudah cukup baik.

Jepretan kamera utama dan kamera depan terasa stabil dengan shutter speed yang cukup cepat. Hasil foto dalam kondisi outdoor terlihat jernih dan bening meski terlihat kurang tajam dan agak gelap. Sementara di dalam ruangan atau dalam kondisi minim cahaya, hasil foto menggunakan flash terlihat terang, tapi cahaya kadang hanya terfokus di satu titik saja.

Buat kebutuhan video, kamera Phab Plus sudah menyajikan beberapa format rekam video 1080p, 720p dan resolusi standar 480p. Baik kedua kamera baik yang depan maupun belakang sama-sama memiliki kemampuan tersebut di atas. Saat tengah merekam video, kamu tetap bisa mengabadikan gambar alias memotret.

Multimedia

Dolby Atmos adalah andalan Lenovo Phab Plus di sektor audio yang erat korelasinya dengan sektor multimedia. Sayangnya, kualitas suara yang terpancar dari speaker bawaannya masih kurang begitu memuaskan tidak sesuai ekspektasi kami. Suara kurang begitu menggigit tak ada dentuman bass dan tak terlalu nyaring.

Berbeda lagi saat kami tancapkan headset. Fitur yang tersedia di Dolby Atmos jadi terasa sangat optimal keluarannya pun sangat ‘nendang’. Apalagi kita bisa mengutak-atik keluaran sesuai selera kita. Selain itu ada setting preset jika kita malas mengutak-atik output audionya. Satu hal yang jadi perhatian saya adalah antarmuka pemutar musiknya yang tak terlalu atraktif. Selebihnya, kita bisa menemukan radio FM dan pemutar video untuk melengkapi sektor hiburan berbasis audio dan visual.

Performa

Chipset octa core Qualcomm Snapdragon 615 berclockspeed 1.5 GHz dengan GPU Adreno 405 menawarkan performa yang cukup memuaskan. Review Lenovo Phab Plus dengan dukungan dapur pacu kelas menengah, kita harus maklum jika smartphone ini cukup gesit untuk menjalankan aktivitas yang tak terlalu berat. Tapi begitu sudah berhadapan dengan grafis berat serta aplikasi yang bobotnya tinggi maka bakal ada gangguan seperti lagging.

Oh ya, untuk memperkuat kinerjanya, Lenovo menyisipkan RAM 2GB ke dalam Phab Plus. Sementara buat penyimpanan file, musik atau video, vendor menyediakan memori internal berkapasitas 32GB. Tapi yang bisa dipakai penyimpanan hanya sekitar 22,94 GB. Untung saja ada slot memori microSD jika kamu ingin mendongkrak kapasitasnya.

Lenovo Phab Plus mengusung baterai 3.500 mAh yang di atas kertas bisa menghasilkan talk time hingga 24 jam dan waktu standby 20 hari. Namun, dalam pengujian kami, phablet ini hanya bisa beroperasi sekitar satu setengah hari dalam pemakaian standar.

Konektivitas

Lenovo Phab Plus sudah disuntik dengan dua slot SIM card ini serta disuplai jalur data sekelas 3G (900/2100 MHz) dan mengakomodasi jaringan 4G LTE dengan variasi band yang cocok untuk pasar Indonesia.

Selain itu, konektivitas seperti Bluetooth 4.0,aGPS, and 802.11 b/g/n/a Wi-Fi pun sudah terintegrasi dalam ponsel ini. Lenovo Phab Plus juga menyediakan port micro USB yang mendukung kemampuan membaca flashdisk (USB On The Go) tapi belum didukung NFC.

Value for Money

Phab Plus merupakan merupakan perpaduan tablet dan smartphone yang sangat cocok dipakai untuk menonton video dan dipakai bermain game. Apalagi phablet ini didukung dengan Dolby Atmos sehingga kualitas audio khususnya saat menggunakan headset sangat optimal. Tak ketinggalan dukungan fitur dual SIM card dan konektivitas 4G LTE, membuatnya sangat fleksibel dan leluasa dipakai.

Tapi sayang, phablet ini tak terlalu handal di sektor dapur pacu dan beberapa aspek seperti kamera masih belum begitu memuaskan. Lantaran di pasaran banyak produk dengan harga lebih murah menawarkan kualitas kamera lebih mumpuni.

SUMBER

 

Android

 


1 year ago   -   6 comments   -   386 views
vote up
0
vote down

HTC One Series semakin bertambah jumlahnya. Kali ini adalah HTC One M9s yang meluncur di Taiwan dengan tampilan yang mirip dengan One M9 dengan beberapa perubahan di sektor hardware. Tapi agak disayangkan karena HTC One Series menjadi tambah melimpah jumlahnya dan sedikit membingungkan konsumen.

HTC One M9s mengantongi layar LCD 5 inci dengan resolusi full HD 1080p, tak jauh berbeda dengan saudaranya. Aspek yang sedikit membedakan adalah keberadaan chipset Mediatek Helio X10 yang dibenamkan dalam smartphone baru ini. Sebenarnya chipset ini juga dibenamkan pada beberapa seri One lain yang meluncur tahun ini.

Pemangkasan biaya bisa terlihat dengan jelas saat kita mencermati spesifikasi smartphone ini lebih jauh lagi. Serupa dengan yang ditemukan pada HTC One E9 dan One E9s, HTC One M9s mengadopsi RAM 2GB dan memori internal 16GB. Smartphone ini menyertakan slot microSD yang kapasitasnya bisa diperbesar hingga 2TB.



SUMBER

Kamera utama dari HTC One M9s merupakan kombinasi dari model yang sudah beredar di pasaran. Di sisi lain, smartphone ini menggunakan sensor 13MP seperti dua seri E yang kami sebut di atas. Tapi vendor menyisipkan sedikit fitur tambahan yakni optical image stabilization. Fitur ini sendiri sebenarnya baru bisa ditemukan di HTC One M9+.

Selain itu, kamera belakangnya memiliki lensa 27.8mm dengan aperture f/2.0 aperture dan elemen depan berbahan kristal safir. Kamera depannya ditanami dengan Ultra Pixel yang mengusung resolusi 4MP, lensa 26.8 mm dengan aperture f/2.0.

Smartphone ini ditunjang dengan pilihan konektivitas melimpah mulai dari quad-band 2G/3G dan 4G LTE dengan ragam band. Selain itu, Bluetooth v4.1, dual-band Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, NFC dan GPS with A-GPS, GLONASS dan Beidou.

HTC One M9s hadir dengan desain unibodi berbahan logam seperti HTC One M9 dan memiliki dimensi 144.6 x 69.7 x 9.6mm serta berat 158 gram. Baterainya mengandalkan kapasitas 2.840mAh. Handset ini bisa dibeli secara pre order di Taiwan dengan harga 390 dolar AS dan mulai dikapalkan 12 November.

sumber

 

Android

 


1 year ago   -   8 comments   -   593 views
vote up
0
vote down

Mungkin belum banyak yang familiar dengan lini produk ‘J’ besutan Samsung. Smartphone yang masuk keluarga ‘J’ lebih ramah budget, ringan di kantong namun menawarkan fitur cukup menarik. ‘J Series’ memiliki beberapa model yang menyusup di berbagai segmen. Kebetulan kali ini kami berkesempatan mengulas review Samsung Galaxy J7, satu dari beberapa seri ‘J’ yang sudah resmi masuk pasar Indonesia.

Jika menilik dari harga dan spesifikasi yang disuguhkan, smartphone ini mengisi kategori menengah dengan fitur semi-premium. Ukuran layarnya relatif lega dengan bentangan sekitar 5,5 inci sehingga berpengaruh ke bentuknya yang terlihat bongsor. Tapi jika ingin mengintip lebih dalam soal spesifikasi dan fitur sepertinya kamu harus mengikuti review Samsung Galaxy J7 saya berikut ini.

Desain


SUMBER

Secara penampakan, Samsung Galaxy J7 cukup mirip dengan J5. Dengan kata lain, Galaxy J7 adalah versi lebih besar dari Galaxy J5. Karena menyasar segmen menengah, sudah bisa diduga material bodi dari smartphone terbuat dari plastik. Untuk kualitas dan finishingnya, saya rasa masih lebih baik dari ponsel Tiongkok sehingga terasa sedikit kesan premium saat memegangnya.

Ada hal kecil di aspek desain smartphone ini khususnya dibandingkan seri lama. Secara fisik, rangkaian seri baru Samsung harusnya memiliki bentuk lebih tegas dan ultra modern. Tapi Samsung Galaxy J7 masih membawa desain versi lama dengan sudut atas dan bawah yang sedikit menekuk ke dalam dan cenderung membulat.

Desainnya ergonomis dan terasa enak digenggam karena konturnya yang membulat. Tapi material bodinya khususnya bagian belakang yang terbuat dari plastik dengan coating matte ternyata licin dan membuat Galaxy J7 gampang tergelincir saat dalam pegangan. Untung frame di sekeliling bodi yang dibalut bahan krom dibuat sedikit kesat sehingga bisa membantu ponsel tetap stabil di tangan.

Oh ya, casing belakangnya bisa dibuka dimana di dalamnya kamu akan mendapati baterai removable yang bisa dibongkar pasang. Selain baterai, di area belakang tertanam tiga slot kartu. Kartu SIM 1 dan microSD posisinya tumpang tindih. Sementara slot SIM 2 terpisah di sisi sebelahnya. Kita bisa menancapkan kartu bertipe micro SIM di smartphone ini.

Display

Sektor fisik yang terlihat paling menonjol dari smartphone kelas menengah ini adalah layar. Bentang layarnya 5,5 inci lho, lebih luas dari rata-rata phablet yang beredar di pasar saat ini. Saat aktif, saya mendapati display yang pancaran cahayanya cukup terang. Warna yang tertampil dari antarmukanya akurat dan tampak natural berkat dukungan teknologi Super AMOLED.

Gambar di layar pun cukup fokus dan tajam, meski dalam soal detil jika dilihat dengan teliti masih ada sedikit grid. Mungkin efek dari kerapatan pikselnya yang hanya 267 ppi. Walaupun sudah ditunjang resolusi HD (720p) tapi ukuran layarnya terlampau lebar jadi resolusinya gambar pun merosot karena densitasnya mengecil.

Perbedaan resolusi layar sebenarnya tak terlalu mengganggu. Buat kamu yang suka layar besar tanpa memperdulikan soal resolusi, Galaxy J7 pilihan yang rasional. Hanya saja sebagai gambaran, saya akan sedikit membandingkan resolusi layar Samsung Galaxy J7 dengan Samsung Galaxy A7.

Dengan resolusi lebih tinggi (1080 x 1920 piksel), space atau ruang yang tersedia di layar Galaxy A7 lebih luas sekitar 20 persen dari Galaxy J7.Artinya, ikon, gambar atau tampilan halaman web yang termuat di layar bisa lebih banyak dan lebih leluasa. Lebih dari itu, foto, video dan fontasi pun jadi terlihat lebih detil, tajam dan halus.

OS & Antarmuka

Tampilan antarmuka Galaxy J7 akan sangat akrab buat kalangan yang sudah pernah atau masih menggunakan seri keluaran Samsung. Masih tetap konsisten dengan sentuhan ala TouchWiz UI. Tapi karena merupakan versi yang dikembangkan untuk kelas menengah, beberapa fitur premium sengaja ditiadakan.

Dengan antarmuka yang lebih modern ini, Samsung Galaxy J7 memiliki koleksi baru di theme store. Theme bawaannya biasa saja tak terlalu menarik, tapi di theme store kamu bisa menikmati variasi yang lebih atraktif . Theme bisa mengganti ikon dan wallpapaer, termasuk beberapa aplikasi Samsung (dialer, kontak, pesan) dan area notifikasi.

Area halaman utama tetap seperti biasa, ada panel Briefing saat kamu sapukan layar ke kiri berisi. Tersedia pilihan untuk mengganti grid layar mulai dari 4×4, 4×5 dan 5×5. Selain area halaman utama, ciri khas TouchWiz adalah ditanamkannya halaman khusus aplikasi atau apps drawer. Samsung kini memisahkan aplikasi bawaan Google dalam folder khusus.

Oh ya, smartphone ini didukung sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop dengan antarmuka TouzhWiz UI terbaru.  Bedanya antarmuka Galaxy J7 dengan versi high end, smartphone ini tidak memiliki split screen untuk multi tasking. Kita hanya bisa mengakses app switcher biasa tanpa dukungan split screen. Selebihnya, selain perbedaan secara kosmetik dan penambahan beberapa fungsi, sebagian fitur dan pengaturan tak jauh berbeda dengan seri Android 5.1.1 Lollipop umumnya.

Kamera Samsung Galaxy J7

Kamera utama Samsung Galaxy J7 mengandalkan resolusi 13MP, pilihan standar untuk kelas menengah. Untuk mendongkrak performanya, kamera ini disuntik dengan f/1.9 aperture yang membuatnya bisa tampil lebih baik dalam kondisi low light atau minim cahaya. Smartphone ini juga mengantongi kamera depan 5MP yang ditunjang lampu kilat LED flash. Jadi selfie kamu bisa lebih maksimal.

Antarmuka kameranya sudah cukup menjanjikan lho, didukung dengan Pro mode. Beberapa pilihan yang disediakan adalah slider untuk ISO, exposure compensation dan white balance. Di bagian Mode tertanam beberapa fitur seperti Panorama, Continuous shot, HDR, Sound & shot dan beberapa yang lain. Pada viewfinder kameranya ada beberapa opsi tambahan seperti color effect dan metering.

Hasil jepretan kamera utamanya biasa saja, ada sedikit over eksposure. Tapi saturasi warna sudah cukup bagus.Ketajaman foto dan detil yang diperoleh termasuk baik meski masih belum memuaskan. Kamera depan lebih layak mendapat sorotan, dukungan LED flash membuat jepretan selife menjadi lebih bagus. Dalam kondisi minim cahaya noise bisa direduksi dengan optimal.

Kedua kamera pada Samsung Galaxy J7 bisa dipakai merekam video 1080p pada 30fps. Kualitasnya boleh mendapat acungan jempol dimana video terlihat tajam dan saat diputar cukup smooth dan lancar dengan kualitas suara baik.

Multimedia

Corong loudspeaker Samsung Galaxy J7 kecil dan hanya memiliki satu output. Tapi suara yang menyembur masih cukup solid dengan keluaran yang jernih dan lantang. Secara kualitas masih bisa bersaing dengan speaker ponsel sekelasnya.

Sayangnya, Samsung Galaxy J7 ternyata memangkas fitur pemutar musik khas TouchWiz. Smartphone ini hanya menyediakan Google Play Music yang merupakan bawaan Android. Tapi masih ada fitur Sound Alive, yang bisa diakses dari opsi equalizer dalam Galaxy J7. Standar pemutar musik bawaan Google ini bisa dipakai memainkan lagu secara offline maupun streaming.

Selain pemutar musik, saya juga menemukan radio FM dalam ponsel ini. Bisa dipakai merekam siaera radio dan menyediakan layanan internet radio. Ada juga video player yang sudah mendukung berbagai codec dan file.

Fitur Samsung Galaxy J7

Ultra Power Saving mode secara dramatis mengurangi konsumsi baterai dengan menutup fungsi yang tidak dibutuhkan. Ada juga Smart Manager yang memungkinkan kita memeriksa dan mengelola berbagai informasi penting pada Galaxy J Anda, termasuk status baterai, ruang penyimpanan, statistik memori dan lainnya. Dengan navigasi mudah.

Samsung Galaxy J7 membenamkan juga OneDrive untuk menangani cloud-syncing (termasuk backup foto) sekaligus pengguna mendapat 100GB gratis. Untuk pencatatan yang lebiih mutakhir sekaligus dukungan sinkronisasi penuh tersedia OneNote. Tak ketinggalan aplikasi Skype buat yang ingin menikmati fasilitas instant messaging khusus serta layanan telepon dan video via internet.

Performa

Sebagai informasi saja, Samsung Galaxy J7 dipasarkan secara global dengan dua versi. Yakni berbasis chipset octa core 64-bit Snapdragon 615 (empat Cortex-A53 1.5 GHz dan empat Cortex-A53 1GHz) ditandem GPU Adreno 405. Atau versi yang mengandalkan chipset octa core 64-bit Exynos 7580 (delapan Cortex-A53 1.5 GHz) diduetkan dengan GPU Mali-T720MP2. Keduanya sama-sama disokong RAM 1.5 GB.

Nah, Samsung Galaxy J7 yang masuk Indonesia sepertinya mengandalkan chipset Exynos 7580, termasuk versi yang kami uji kali ini. Chipset kelas menengah besutan Samsung ini, memiliki performa yang tak terlalu mengecewakan. Termasuk cekatan dan mampu merespon perintah dengan cepat dan baik.

Dalam menangani aktivitas multi tasking, smartphone ini masih bisa melesat dan tak terganggu lag. Meski terdapat beberapa aplikasi berjalan di background, kinerja masih optimal. Menonton video HD dan game kasual bisa dimainkan dengan lancar. Soal kapasitas penyimpanan, Galaxy J7 menyediakan memori internal 16GB yang bisa diekspansi via slot microSD.

Baterainya berkapasitas 3000 mAh yang setara milik Samsung Galaxy Note 5. Dengan kapasitas sebesar ini, kita bisa sedikit bernafas lega. Dukungan prosesor yang tak terlalu menyedot baterai serta resolusi layar yang hanya setara HD membuatnya cukup efisien saat berakselerasi. Baterainya bisa bertahan sekitar 12-13 jam untuk pemakaian normal.

Konektivitas

Samsung Galaxy J7 mengandalkan dual SIM card yang sudah dual standby.  Dua SIM card pada smartphone ini juga sudah mendukung jaringan 4G LTE Cat. 4 yang cukup komprehensif. Galaxy J7 mendukung 4G FDD LTE pada band B1(2100), B3(1800), B5(850), B7(2600), B8(900), B20(800). Smartphone ini juga ternyata bisa berjalan di jaringan 4G TDD LTE band B40(2300).

Konektivitas standar lainnya yang dibenamkan antara lain Wi-Fi b/g/n (2.4GHz only) dan Bluetooth 4.1 serta slot micro USB 2.0 standar untuk transfer data dan charging. Keuntungan lain di s’ektor transfer data, Galaxy J7 mendukung fitur USB OTG, dimana kamu bisa mentransfer data dari flash disk atau hard disk langsung ke smartphone ini menggunakan kabel OTG.

Value for Money

Buat penggemar smartphone dengan layar lebar, Samsung Galaxy J7 adalah salah satu pilihan yang cukup menarik. Beberapa kriteria yang dibutuhkan seperti kapabilitas dual SIM, jaringan 4G LTE hingga kamera dan sarana multimedia standar sudah dipenuhi Galaxy J7.

Hanya saja, kalian hanya akan mendapatkan produk dengan performa kelas menengah. Antara lain dengan material casing standar, kemampuan layar yang baru setara resolusi HD tanpa ditunjang panel anti gores sekelas Gorilla Glass hingga prosesor dengan kinerja yang relatif standar.

 

Android

 


1 year ago   -   4 comments   -   263 views
vote up
0
vote down

Desain modular kini menjadi tren. Dengan desain modular memungkinkan dilakukannya upgrade hardware pada suatu perangkat. Keunggulan modular pun telah dicomot Google sejak beberapa tahun lalu. Tapi apa yang dilakukan Google masih dalam tatanan prototipe. Nah, belum lama ini muncul di Jerman smartphone modular Shift5+.

Shift5+ ini merupakan smartphone yang dapat berjalan di dua OS, yakni Android dan Windows 10 Mobile. Meski punya kemampuan dual boot sistem operasi, namun antar sistem operasi tidak dapat dijalankan bersamaan, melainkan harus bergantian.

Dalam sisi modul, proyek Ara dari Google masih terlihat lebih sederhana. Proyek Ara adalah hasil ide pertama kali dari Motorola Mobility dan Phonebloks. Namun setelah Motorola diakuisisi oleh Google, maka perkembangan proyek ini menjadi tanggung jawab penuh Google. Dan sekarang, Motorola telah menjadi milik Lenovo.

Sebagai rincian, smartphone modular Shift5+ mengusung komponen swappable. Termasuk pada baterai, layar, memori internal, prosesor, dan komponen penting lainnya. Konsep modular pastinya akan memudahkan proses perbaikan ponsel, bahklan pengguna dapat mengganti komponen yang rusak tanpa harus mendatangi service center.


SUMBER

Ditelusuri dari situs resmi ShiftPhones, spesifikasi smartphone modular Shift5+ mengusung prosesor berkecepatan ekstrim dari Qualcomm, memori 3 GB DDR RAM, memori internal 32GB, layar 5 inchi Full HD (1920*1080p) IPS display, kamera utama 13 megapixels + kamera depan 5 megapixels, sensor kompas, dan sistem operasi Android 5.1 + Windows 10. Untuk konektivitas, smartphone modular Shift5+ ini telah mendukung jaringan 4G LTE. Menurut rencana, smartphone yang bisa berganti-ganti komponen ini mulai ditawarkan pada bulan Desember tahun 2016. Masih lama ya?

 

Smartphone

 


1 year ago   -   6 comments   -   425 views
vote up
0
vote down

Huawei baru-baru ini mengungkap seri terbaru berjuluk Honor 5X untuk pasar Tiongkok. Dari spesifikasi yang ada, sudah tergambar bahwa smartphone baru ini membidik pasar kelas menengah. Namun, Huawei Honor 5X ini mencoba menyuguhkan kualitas desain yang mumpuni dengan desain metal nan stylish.

Belakangan, smartphone murah dengan rancangan material berbahan logam didukung fitur mutakhir (pemindai sidik jari) mulai menjadi tren baru. Huawei Honor 5X adalah salah satunya mengusung layar 5,5 inci dengan tampilan premium dan pemindai sidik jari di belakang bodinya.

Huawei menawarkan dua variasi model yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumennya. Versi pertama mengandalkan 2GB RAM dan 16GB memori internal. Harga Huawei Honor 5X versi ini dipatok sekitar 157 dolar AS. Sementara versi yang lebih mahal mengandalkan 3GB RAM dan memori internal 32GB. Model ini akan dihargai sekitar 220 dolar AS.

Spesifikasi Huawei Honor 5X cukup menggiurkan. Dengan display seluas 5,5 inci, smartphone ini dibenami resolusi 1080×1920 piksel (full HD). Artinya, kerapatan piksel yang bisa dicapai Huawei Honor 5X adalah 400 ppi.

Untuk dapur pacu, smartphone ini membenamkan chipset Snapdragon 808/615 dikombinasikan GPU Adreno. Untuk kategori smartphone menengah, apa yang ditawarkan Huawei Honor 5X sudah cukup menjanjikan. Tapi harap dicatat jika informasi dapur pacu ini masih sedikit simpang siur.

Di area fotografi, Huawei Honor 5X mematri kamera 13MP dengan aperture f/2.0 dan OIS. Sementara k v amera depan mengandalkan resolusi 5MP. Kamu bisa menyimpan hasil foto dan video yang direkam di memori internal atau di slot microSD yang bisa diperluas hingga 128GB.

Smartphone berbasis Android 5.1 ini menawarkan baterai berkapasitas 3000 mAh dengan dukungan Quick Charge 3.0 yang memungkinkan pengecasan sampai 50 persen dalam waktu 30 menit saja. Huawei Honor 5X akan dilengkapi dual SIM dual standby dengan support 4G LTE di kedua slotnya. Harga Huawei Honor 5X untuk varian 2GB ditawarkan sekitar 157 dolar AS dan versi 3GB seharga 220 dolar AS.

Spesifikasi Huawei Honor 5X:

Platform: Android 5.1 dengan EMUI
Dimensi: 151.3 x 76.3 x 7.9mm
Berat: 158g
Display: 5.5-inch resolusi 1080 x 1920 pixels
Prosesor : Snapdragon 818/615, RAM: 3GB/2GB
Kamera: 13-megapixel dengan f/2.0 lens, 5MP selfie
Memori Internal: 16GB
Baterai: 3000mAh

SUMBER

 

Android

 


1 year ago   -   6 comments   -   391 views
vote up
0
vote down

Lenovo punya serial unggulan di segmen smartphone. Namanya serial Vibe. Sudah banyak anggota lini produk ini yang dirilis ke pasar. Pada umumnya bertengger di kelas premium. Serial Vibe memang punya ciri khas desain yang stylish, yang mencirikannya sebagai smartphone premium yang punya kemampuan mutakhir. Kini Lenovo merilis satu anggota baru keluarga Vibe ini. Namanya smartphone Lenovo Vibe Shot.
Dari namanya saja sudah jelas bahwa seri baru ini menitik beratkan pada fungsi kamera. Tak salah bila Lenovo merilis smartphone yang mengunggulkan kekuatan kamera ini. Sebab, saat ini memang lagi hangat-hangatnya tren penggunaan smartphone sebagai kamera saku. Nah, ini hasil bedah kami pada smartphone yang memiliki fitur kamera profesional.


SUMBER

Berbeda dengan seri Vibe lain yang umumnya memiliki form factor segi empat dengan sudut-sudut yang luwes, Vibe Shot memiliki form factor segi empat konvensional. Sudut-sudutnya agak kaku, meskipun ada sedikit lengkungan di sana. Form factor-nya kelihatan mirip dengan iPhone. Yang membuatnya tampak beda adalah warna.

Smartphone Lenovo Vibe Shot didominasi warna hitam, dengan lis metal di sisinya berwarna merah. Lantas ada lis kelabu metalik di cover belakang. Tapi itu bukan metal, melainkan material plastik yang didesain mirip metal. Sebenarnya form factor dan pengerjaan detail finishing-nya mampu membuat smartphone ini kelihatan stylish. Namun bagi kami, warna merah di bagian pinggir mencemarkan kesan stylish-nya. Dalam bahasa sederhana, membuatnya agak norak.Tapi ini soal selera, bisa saja orang lain suka dengan kombinasi warna seperti itu. Tapi ada pilihan warna lain, abu-abu granit, yang lebih mature.

Menerapkan konsep unibodi, yang membuat baterai tertanam paten tanpa bisa dilepas, rancang bangun smartphone ini cukup kokoh. Dimensinya juga pas dengan genggaman tangan. Hanya saja permukaan bodi yang glossy, seperti diberi lapisan kaca, membuatnya gampang tergelincir saat dalam genggaman. Terutama ketika tangan kita berkeringat. Dan ketika selip dan jatuh, permukaan layarnya yang 2.5D, beresiko pecah karena menonjol dan tak terlindungi lis metal di bagian pinggirnya itu.

Display

Ketika ponsel dalam keadaan standby, seluruh permukaan bagian depan seperti sekeping kaca hitam. Bagian layar seperti tenggelam dalam permukaan hitam itu. Ini yang menurut kami, ikut mendongkrak kesan stylish-nya. Begitu ponsel diaktifkan, langsung terlihat kualitas layarnya. Tampilan layar yang tajam dan terang, langsung terlihat.

Komposisi bentang layar dengan luas keseluruhan penampang depan cukup berimbang dan efisien, sekaligus membantu keindahan penampilan. Ukuran penampang layar sebesar 5 inchi, dengan teknologi multi sentuh full HD dan panel jenis IPS. Mestinya dengan spesifikasi itu, kualitas tampilan layar akan di atas rata-rata.

Di dalam ruangan, layar smartphone Lenovo Vibe Shot menampilkan kualitas terbaiknya, kejernihan gambar, ketajaman obyek dan keseimbangan warna berada pada level terbaik. Namun ketika dibawa ke luar ruang dengan kondisi matahari cerah, tampilan layar agak mati kutu, kalah dengan sinar matahari yang menerpa. Untuk itu, kita harus menyetel redup-terang nya layar ke posisi maksimal.

Menelusuri menu yang ada, serta menggeser-geser tampilan layar menjadi pengalaman yang menyenangkan. Sebab, layar merespon perintah –lewat sentuhan jari—dengan amat baik. Pergerakan layar ketika bergeser teramat halus. Dan satu sentuhan lembut pada menu sudah bisa direspon layar dengan baik. Lapisan kaca pada permukaan layar ikut membantu kenyamanan jari saat menjelajahi layar.

OS & Antarmuka

Sistem operasi ada kalanya mendapat perhatian penting dari pengguna. Nah, meski fokus sebagai camera phone, smartphone Lenovo Vibe Shot tetap memperhatikan perlunya memakai sistem operasi mutakhir. Android 5.1 Lollipop menjadi platform pilihan yang dipakai dalam Lenovo Vibe Shot. Guna memberikan pengalaman berbeda, antarmuka khas Lenovo dipasang guna memberikan tampilan kosmetik lebih atraktif.

Sebenarnya secara konsep tak jauh berbeda dari Android pada umumnya, Lenovo memilih menghilangkan app drawer atau menu aplikasi. Jadi, kita akan disodori homescreen yang berfungsi menampung aplikasi dan widget. Jika jumlah aplikasi dan widget sudah tidak muat lagi dalam satu homescreen, kita bisa menambah homescreen baru.

Cara akses ke homescreen berbeda cukup dengan menyapukan layar ke samping, kiri atau kanan. Antarmukanya cenderung mengedepankan simplisitas, tak ribet dan mudah diakrabi. Tersedia Theme Center untuk mengoprek Wallpaper, Lock Screen atau tampilan Recent Task List.


SUMBER

Nah, bagian ini yang menjadi andalan utama smartphone Lenovo Vibe Shot. Besaran kapasitas kamera utama termasuk tertinggi dari smartphone-smartphone lain yang ada, yakni 16 MP. Dilengkapi lampu flash dengan inovasi terbaru, yang mereka sebut Tricolour Flash. Menurut pabrikannya, teknologi lampu flash baru itu secara otomatis akan menyesuaikan kondisi pencahayaan sehingga didapat warna alami pada hasil foto.

Coba kita lihat, apa betul begitu. Ketika dipakai memotret di luar ruang, memang hasil foto yang didapat menakjubkan. Warna-warna yang terekam dan ditampilkan di layar, nyaris mendekati warna aslinya. Begitu pula dengan ketajaman gambar. Hasil foto yang diperbesar pun masih tetap terjaga ketajamannya. Memotret dengan menggunakan tricolour flash juga membuktikan kehandalan kameranya. Hasil foto tampak alami dan mendekati warna aslinya.

Ada pengaturan shutter speed secara manual. Ini memungkinkan kita merekam gambar dalam kondisi cahaya sangat minim. Syaratnya, ponsel harus dalam keadaan benar-benar diam. Bergerak sedikit akan mempengaruhi ketajaman gambar. Sayangnya, pengaturan speed secara manual ini hanya sampai 1 detik. Ada timer yang membantu agar ponsel tak goyang ketika tombol shutter di tekan. Selain di layar, ada pula tombol fisik di bagian sisi untuk memberikan pengalaman layaknya memotret dengan kamera DSLR.

Beberapa fasilitas pengaturan disematkan pada fitur kameranya. Seperti pilihan komposisi gambar, mulai dari rasio 1:1 untuk menghasilkan foto ukuran bujur sangkar, hingga ke rasio 16:9 untuk foto wide. Mode HDR bisa diaktifkan untuk mempertajam hasil foto.

Di dalam salah satu piliha moda, ada moda panorama super. Ini gunanya bila kita ingin mengambil gambar landscape. Cukup menyenangkan. Tapi pergerakan kamera tak sampai 360 derajat. Itupun ketika kita mengambil foto panorama, kamera (ponsel) harus diposisikan vertikal (tegak). Untuk fitur panorama ini, masih kalah kelas dengan kompetitor Hisense Pureshot, yang mampu menghasilkan foto panorama dengan sudut maksimal (360 derajat).

Dalam hal keunggulan kamera ini, Lenovo merasa perlu bekerjasama dengan fotografer National Geographic, Hannah Reyes, fotografer muda asal Filipina, untuk mengabadikan keindahan alam dan budaya negara-negara ASEAN. Termasuk Indonesia. Hasilnya memang luar biasa, seakan-akan diambil dengan menggunakan kamera DSLR profesional.

Multimedia

Bila kamera adalah fitur andalan utama smartphone Lenovo Vibe Shot, maka audio tampaknya tidak terlalu digenjot maksimal. Kualitas suara yang dikeluarkan speaker tidak terlalu nyaring, meskipun volume sudah disetel maksimal. Padahal, untuk urusan audio, smartphone ini dilengkapi dengan teknologi yang mereka sebut multidimensional atmos audio.

Memang suara yang terdengar cukup jernih dengan keseimbangan nada yang baik. Speakernya sendiri diletakkan di sisi bagian bawah.Untuk mendengarkan musik secara maksimal, disarankan menggunakan earphone/headset dengan kualitas bagus. Barulah audio yang terdengar sangat memuaskan.

Perekam suara yang disematkan sebagai salah satu fungsi di smartphone ini sebenarnya berfungsi dengan baik pula. Sensor perekam suaranya cukup sensitif untuk merekam suara dari luar. Hasil rekamannya jernih dan bisa tertangkap dengan jelas di telinga. Persoalannya Cuma pada kualitas keluaran suara dari speaker yang tak cukup nyaring. Jadi sekali lagi, sebaiknya mendengarkan hasil rekaman suara melalui headset.

Dalam informasi mengenai perangkat, disebutkan bahwa Vibe Shot memiliki RAM 3 GB. Ini besaran memori yang sangat memadai untuk melakukan fungsi-fungsi berat. Sementara dapur pacunya menggunakan prosesor Snapdragon 615 1,7 GHz octacore 64 bit dari Qualcomm. Spek tinggi untuk dapur pacu ini pada akhirnya memberikan kehandalan kerja prosesing. Ini dibuktikan dengan fungsi-fungsi yang berlari mulus ketika diaktifkan. Memang terasa sedikit ada overheat ketika ponsel menjalankan aplikasi dalam waktu agak lama. Tapi itu masih dalam tingkatan wajar.

Untuk gudang penyimpanan data, smartphone Lenovo Vibe Shot memiliki ruang penyimpan sebesar 32 GB. Kapasitas yang sudah cukup besar. Itu masih ditambah dengan slot memori eksternal jenis micro SD. Pilihan lainnya adalah, menyimpan data di Cloud Storage. Karena smartphone ini menggunakan desain unibody yang cover belakangnya tak bisa dibuka tutup, slot memori eksternal diletakkan di bagian sisi –begitu pula dengan slot dual sim card-nya. Untuk membuka penutup slot memang agak ribet, karena harus menggunakan pin pencukil –yang disediakan dalam boksnya.

Baterai

Kabar baik dari Lenovo adalah, Vibe Shot dilengkapi bateria lithium polymer berkapasitas 3000 mAh. Ini kapasitas yang besar dan sanggup menunjang penggunaan seharian. Baterainya sendiri tertanam paten di body ponsel, tak bisa dilepas pasang. Catatannya adalah, kapasitas besar baterainya tidak didukung teknologi fast charging. Sehingga, mengisi ulang baterai memerlukan waktu yang cukup lama.

Konektivitas

konektivitasVibe Shot disiapkan sebagai salah satu andalan Lenovo dalam menghadapi gelombang 4G LTE. Trasnmitternya sudah disiapkan untuk menerima frekuensi 4G LTE dari operator yang ada di Indonesia. Tak disebutkan dengan jelas, frekuensi 4G LTE mana saja yang bisa diterima smartphone ini. Pastinya, sudah disiapkan untuk jaringan operator 4G LTE di Indonesia. Tapi ingat, meski menyuguhkan fasilitas dual micro SIM card, hanya satu slot yang bisa dipakai untuk menjelajah jalur 4G LTE.

Dari penelusuran kami ke situs resminya, Lenovo Vibe Shot sudah mengantongi jaringan FDD-LTE Band: 2100(1)/1800(3)/2600(7)/900(8)/800(20) Mhz, dan TDD LTE Band: 2500 (41). Soal kecepatan, jaringan 4G LTE pada Lenovo Vibes Shot sudah masuk Cat 4, dimana mendukung kemampuan download dengan kecepatan 150 Mbps dan upload hingga 50 Mbps. Konektivitas lain seperti WiFi 802.11 b/g/n, WiFi hotspot, Bluetooth 4.1 LE, GPS, A-GPS sudah dibenamkan dalam smartphone ini.

Value for Money

Smartphone Lenovo Vibe Shot bisa disebut sebagai salah satu ponsel kamera 4G LTE yang cukup unggul. Prosesor Snapdragon 615 yang dikombinasi dengan 3GB RAM sudah cukup membantu kinerja kamera, termasuk mendongkrak performa smartphone secara keseluruhan. Memori internal sebesar 32GB pun cukup besar dipakai menyimpan hasil foto dan beberapa koleksi video.

Smartphone ini bukan tanpa minus. Mulai dari tak tersedianya fitur fast charging hingga kualitas sound yang kurang bisa mendukung performa di sektor multimedia. Tapi bisa dimaklumi karena Lenovo Vibe Shot lebih fokus ke sektor kamera.
SUMBER

 

Android

 


 

sundari
239
Full Member

 

RSS

 

Stats
Register: 1 year ago
(Sep 23, 2015 02:06 pm)

Total topic: 17 topics
Total ads: 0 ads
Total review: 13 reviews
Total sharing: 4 shares

Blog views: 557 hits

 

Recent post